Seiko Sumo, Dive Watch Dengan Kearifan Budaya Jepang

seiko sumo
seiko sumo

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Seiko adalah salah satu merek terkemuka di industri jam tangan dengan produk dive watch yang dikenal andal dan digemari. Raksasa global ini terkenal karena menciptakan dive watch tangguh dengan desain yang luar biasa, sehingga menjadikannya pilihan populer di kalangan petualang, profesional, kolektor dan penggemar. Salah satu jam tangan penyelam terbaik dibuat Seiko adalah Seiko Sumo

seiko sumo

Seiko Sumo, Dive Watch Dengan Kearifan Budaya Jepang

Model ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2007 dan saat ini berada di dalam series Prospex. Minwatch akan membahas sejarah Seiko Sumo sejak 2007 sampai saat ini.

Baca juga : Perhatian! Simak Review Jam Tangan Seiko “King Sumo” Terbaru Di Sini

Di Balik Julukan Sumo

Julukan Sumo awalnya diberikan oleh penggemar Seiko Diver dari seluruh dunia, namun pada akhirnya Seiko menggunakan julukan tersebut secara official. Pertama, julukan Sumo lahir karena jam tangan ini mempunyai desain round yang lebar dengan diameter 45 mm dan menyerupai pegulat Sumo yang berbadan besar dan lebar. 

Julukan Sumo diberikan Karena Menyerupai Pegulat Sumo

Julukan Sumo diberikan Karena Menyerupai Pegulat Sumo

Hal ini dibenarkan oleh 2 desainer Seiko yaitu Takumi Kishino and Junpei Matsue yang setuju dengan julukan tersebut, karena beberapa elemen desain pada jam tangan ini memang menyerupai hal-hal yang berhubungan dengan Sumo.


Kedua, menurut Kishino, jam tangan ini dilihat dari dari samping menyerupai postur pegulat Sumo bertipe Soppu yang lebih ramping. Karena Seiko Sumo mempunyai lekukan yang terlihat slim namun berisi jika dilihat dari samping.

postur pegulat Sumo

Postur Pegulat Sumo

Ketiga, menurut Matsue, posisi segitiga pada bezel di atas angka 12 menyerupai oichou yaitu ikatan rambut pegulat Sumo, yang jika dilihat sekilas hampir membentuk seperti segitiga terbalik. Sedangkan menurut para penggemar, segitiga di indeks pukul 12 dan segitiga pada bezel menyerupai celana pegulat Sumo.

Oichou, ikatan rambut pegulat Sumo

Oichou, ikatan Rambut Pegulat Sumo

Terakhir, Matsue menambahkan jika bentuk rotating bezel dengan bingkai lingkaran dan angka yang bold jika dilihat dari samping terlihat seperti arena pertandingan gulat Sumo, yakni dohyou.

arena pertandingan gulat Sumo, dohyou

Arena Pertandingan Gulat Sumo, yakni Dohyou

Seiko Sumo Generasi Pertama

Seiko Sumo Gen 1 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007 dengan tiga model. Tiga model tersebut ialah: SBDC001 (Seiko Sumo Black), SBDC003 (Seiko Sumo Blue, juga dikenal sebagai “Blumo”) dan SBDC005 (Seiko Sumo Orange)

Ketiga model ini merupakan jam tangan penyelam Seiko pertama yang menggunakan automatic movement calibre 6R15. Movement 6R15 saat itu merupakan automatic movement kelas menengah terbaru dari Seiko yang memiliki fitur tanggal dan memberhentikan jarum detik serta mempunyai fitur mengisi daya dengan cara manual winding melalui crown. Movement ini berdetak dengan 21.600 beat per jam dan memiliki cadangan daya 50 jam.

Baca juga : Seiko Sumo SBDC001, Review Dan Ulasan

Tiga model pertama ini juga diikuti oleh beberapa edisi limited edition dengan berbagai warna berbeda seperti SBDC017 (Yellow Sumo), SBDC019 (Green Sumo),  SPB029 (Gray Sumo) Generasi pertama ini merupakan jam tangan penyelam 200 m standar ISO yang diproduksi di Jepang dan hanya untuk pasar Jepang (JDM) Ciri yang menonjol dari Sumo generasi pertama ini ialah pada dial terdapat tulisan “Automatic” yang ditulis latin dan miring serta terdapat tulisan “SCUBA 200m”. 

Seiko Sumo Black generasi pertama SBDC001

Seiko Sumo Black generasi pertama SBDC001

Selain itu, jam tangan ini memakai material stainless steel pada case & bracelet, menggunakan kaca Hardlex crystal serta aluminum bezel. Lekukan yang smooth dan polished finish pada banyak bagian di case, menjadikan jam tangan ini salah satu dive watch Seiko yang terlihat elegan dan mewah. Seiko juga tetap mempertahankan ciri khasnya dengan penempatan crown di posisi pukul 4, tak lupa terdapat grafir huruf “S” yang indah pada crown.

Seiko Sumo Generasi Kedua

Sumo generasi kedua diperkenalkan pada 2015. Pada generasi kedua ini, jam tangan ini telah menjadi bagian seri Prospex, ditandai dengan logo “X” pada dial. Desainnya tetap dipertahankan hanya, tulisan pada dial berubah. Tulisan “SCUBA 200m” dihilangkan, diganti tulisan “Diver’s 200m”, sedangkan tulisan “Automatic” tidak lagi ditulis latin dan miring namun ditulis dengan huruf besar semua. Movement 6R15 tetap tidak berubah, masih dipertahankan sama dengan generasi pertama.

Seiko Sumo Blue generasi kedua SBDC033 “Blumo”

Seiko Sumo Blue generasi kedua SBDC033 “Blumo”

Ada banyak model pada generasi kedua ini, beberapa di antaranya ialah: SBDC031 (Seiko Sumo Black), SBDC033 (Seiko Sumo Blue/Blumo), SBDC049 (Seiko Sumo PADI), SBDC057(Seiko Sumo Pepsi), SBDC069 (Sumo Blue Coral), SZSC004 (Seiko Sumo Green), SPB031 (50th Anniversary Sumo), serta SPB055 (Thanos Zimbe Sumo)

Baca juga : Pecinta Seiko Harus Tahu! Rupa-Rupa Seri Seiko Di Tahun 2023

Seiko SBDC027 “Sumas”

Seiko SBDC027 “Sumas”

Selain itu terdapat juga Seiko Sumo limited edition dengan model yang sedikit berbeda yaitu SBDC027 (Sumas), yang memiliki indeks dan jarum seperti Seiko 62MAS, sehingga dijuluki “Sumas”. Material Seiko Sumas ini juga lebih premium dengan kaca safir anti gores dan ceramic insert bezel dan hanya dibuat 2000 pcs di dunia.

Seiko Sumo Generasi Ketiga

Seiko Sumo Hulk SPB103

Seiko Sumo Hulk SPB103

Seiko Sumo generasi ketiga diperkenalkan pada Baselworld 2019, terdapat banyak perubahan pada desain, mesin dan material. Mesin jam ini menggunakan caliber 6R35 dengan cadangan daya yang meningkat menjadi 70 jam, pada bagian kaca, kristal Hardlex diganti dengan safir untuk semua model. Selain itu, ukuran font pada bezel dan dial dibuat lebih proporsional dan ramping, sehingga generasi ketiga ini terlihat lebih seimbang dalam aspek desain. 

Model generasi ketiga yang terkenal diantaranya: SPB101 (Seiko Sumo Black), SPB103 (Seiko Sumo Hulk), SPB125 (Seiko Sumo Black Ninja), SPB181 (Seiko Sumo Pepsi PADI) dan banyak lagi model lainnya.

Seiko Sumo Solar Chronograph Pepsi PADI SSC795 & Seiko Sumo Pepsi PADI SPB181

Seiko Sumo Solar Chronograph Pepsi PADI SSC795 & Seiko Sumo Pepsi PADI SPB181

Terdapat juga model Seiko Sumo chronograph yang memakai solar quartz movement, seperti: SSC757 (Seiko Sumo Solar Black), SSC759 (Seiko Sumo Solar Blue), SSC795 (Seiko Sumo Solar Pepsi PADI), SSC807 (Seiko Sumo Solar 40th Anniversary Limited Edition) serta SSC761 (Seiko Sumo Solar Black Limited Edition) 

Baca juga : 12 Jam Tangan Seiko Yang Mencetak Sejarah

Seiko Sumo Ice Diver eksklusif untuk pasar domestik Amerika Serikat

Seiko Sumo Ice Diver eksklusif untuk pasar domestik Amerika Serikat

Pada generasi ketiga ini juga terdapat 3 model yang dikhususkan untuk pasar Amerika Serikat. Koleksi ini terinspirasi dari peran jam tangan Seiko dalam Japanese Arctic Research Expedition (JARE) di tahun 60-an. Ketiga koleksi in ialah Seiko Prospex Sumo Ice Diver SPB175 (abu-abu), SPB177 (hijau) dan SPB179 (biru) Ketiganya mempunyai spesifikasi sama dengan Sumo gen 3 lainnya, namun perbedaannya ada pada motif kotak-kotak tapisserie pada dial dan penggunaan cyclop di atas jendela tanggal.

Seiko Sumo Generasi Keempat

Generasi keempat diperkenalkan pada 2022 lalu. Sumo generasi keempat ini masih menggunakan caliber 6R35, pada bagian kaca masih menggunakan kristal safir anti gores dan seluruh case dan bracelet stainless steel diberi lapisan super hard coating yang meminimalisir goresan.

Seiko King Sumo SPB323, SPB325 dan SPB321

Seiko King Sumo SPB323, SPB325 dan SPB321

Namun perbedaan yang paling signifikan ialah pada material insert bezel yang sudah menggunakan material ceramic sehingga lebih premium dibanding versi sebelumnya. Karena penggunaan material ceramic ini, jam tangan ini diberi julukan “King Sumo” karena superioritas material yang disematkan.

Sementara itu, pada bagian dial, juga diberi tekstur dan efek gradasi sehingga tampak lebih menarik. 3 model pertama yang dijuluki “King Sumo” ialah: SPB321 (dial biru dengan gradasi gelap), SPB323 (dial abu-abu) dan SPB325 (edisi PADI)

Seiko Sumo GMT SFK001 (biru) dan SFK003 (hijau)

Seiko Sumo GMT SFK001 (biru) dan SFK003 (hijau)

Selain “King Sumo”, Seiko juga memperkenalkan keluarga Sumo terbaru yang dibekali solar powered quartz GMT movement, yaitu Seiko Sumo GMT SFK001 (biru) dan SFK003 (hijau). Keduanya dibekali solar GMT movement terbaru dari Seiko, yaitu calibre 5K65 Solar yang mempunyai 3 jewels, akurasi +/- 15 detik per bulan, fitur GMT dan date. Untuk fitur GMT, jarum jam utama bisa diatur secara independen, sehingga mekanisme seperti ini disebut Travel GMT. 

Baca juga : Jadi Favorit Para Penyelam Profesional! Ini Dia Jam Tangan Seiko Diver’s

Mana Seiko Sumo Favorit Kamu?

Mantap kan penjelasan Minwatch di atas tentang Seiko Sumo? Mau pilih Seiko Sumo generasi berapa pun, tidak akan pernah salah, karena jam tangan ini tetap memberikan kesan mewah, elegan dan tangguh di pergelangan tanganmu. Beberapa model limited edition diprediksi akan meningkat value-nya seiring berjalannya waktu. Udah gak sabar mau koleksi Seiko Sumo? Langsung aja cek aplikasi/website Jamtangan.com atau toko offline Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko 5 Sports Style SKX Series

Akhirnya Mendarat di Jamtangan.com, Mari Sapa Seiko 5 Sports Style SKX Series 38 mm!

Next Article
Seiko 5 Sports x Peanuts Limited Edition

Kolaborasi Tergemas Tahun Ini, Seiko 5 Sports x Peanuts Limited Edition

Related Posts
Total
0
Share