Memilih Jam Tangan Berdasarkan Karakteristik Tangan

Memilih Jam Tangan Berdasarkan Karakteristik Tangan

Sangat banyak jenis produk jam tangan yang dirilis di pasaran dengan berbagai desain, fitur, hingga merk. Namun, ternyata hal ini bisa membingungkan bagi beberapa orang. Ada beberapa faktor yang bisa menentukan jam tangan yang sesuai dengan penggunanya, salah satunya adalah karakteristik tangan. Tanpa mengesampingkan kenyamanan, berikut beberapa tips untuk bentuk dan warna kulit (pergelangan) tangan tertentu.

 Novak-Djokovic-Joins-SeikoGambar 1. Seiko Watch

Tangan Proporsional
Pemilik bentuk tangan proporsional biasanya mempunyai ciri tangan yang berukuran sedang, tidak terlalu berlemak atau memiki ketebalan kulit yang tinggi, serta tidak terlalu berotot. Pemilik bentuk tangan ini sangat beruntung karena memungkinkan untuk mengenakan segala bentuk dan jenis jam tangan.

Tangan Berotot
Tangan berotot biasanya dimiliki oleh Anda yang rajin berolahraga. Jam tangan dengan ukuran strap dan case yang sedikit besar cocok untuk pemilik karakteristik tangan berotot. Selain itu, jam tangan dengan desain sporty dan maskulin juga cocok dikenakan oleh jenis tangan ini. Namun, sebaiknya hindari penggunaan bracelet (tali berbahan stainless steel atau chrome) dan strap berbahan kain (nylon) karena akan mengurangi kemaskulinan atau tidak sebanding dengan tangan berotot yang dimiliki.

Ballast_men_BL-3101-0D_2Gambar 2. Sketsa Pergelangan Tangan oleh Ballast Watch

Tangan Lebar dan Pipih
Jam tangan dengan case berukuran kecil maupun besar cocok untuk Anda yang memiliki karakteristik tangan yang lebar dan pipih. Terlebih lagi, jam tangan dengan bracelet berbahan stainless steel atau chrome dapat mempertegas karakter pemilik bentuk tangan ini.

Tangan Berdiameter Kecil
Biasanya pemilik tangan berdiameter kecil ini bertubuh kurus. Sangat disarankan agar Anda yang memiliki diameter tangan kecil untuk menghindari jam tangan dengan strap lebar dan case berukuran besar karena akan memberi kesan membebani tangan. Sebaiknya pilihlah jam tangan dengan strap tipis/kecil dan case yang kecil juga.

Tangan Berdiameter Besar dan Berisi
Pemilik karakteristik tangan berdiameter besar dan berisi umumnya bertubuh sedikit gemuk. Disarankan untuk menghindari jam tangan dengan strap dan case berukuran kecil. Jam tangan ber-strap sedang hingga lebar serta material bahan yang tidak tipis, dan case berukuran sedang hingga besar disarankan untuk Anda yang memiliki tangan berdiameter besar dan berisi ini.

ferragamo_vivaluxury-8Gambar 3. Salvatore Ferragamo Watch

Tangan Berkulit Cerah
Tangan dengan kulit warna cerah/terang (kuning langsat atau cenderung putih) dapat bebas mengenakan jam tangan warna apapun. Kulit yang cerah cenderung cocok dengan segala warna terutama warna-warna mencolok seperti pink pekat, merah, hitam, dan coklat, yang kontras dengan warna kulit cerah Anda.

Tangan Berkulit Sedang
Pemilik kulit berwarna sedang (tidak gelap dan tidak terlalu cerah) sedikit sama dengan para pemilik warna kulit cerah. Karena Anda yang berwarna kulit sedang juga dapat mengenakan warna jam apapun. Namun, tips khusus untuk Anda pemilik karakteristik ini; usahakan mencocokan warna jam tangan dengan pakaian yang dikenakan–tidak harus sama, namun serasi lebih baik.

Tangan Berkulit Gelap
Bagi pemilik warna kulit gelap atau sawo matang pekat hendaknya berhati-hati dalam memilih warna jam tangan. Pemilihan warna mencolok seperti kuning, shocking pink, merah, dan hijau lime dapat memberikan kesan yang terlalu kontras. Namun, pada fashion kalangan Afro-Amerika biasanya warna-warna mencolok tersebut menjadi favorit, tentunya diimbangi dengan pengguna jam tangan yang percaya diri. Bagi Anda yang tidak terlalu percaya diri dan menginginkan tampilan yang lebih universal, pilihlah warna-warna seperti warna cream, merah hati dongker, serta abu-abu muda. Hindari warna gelap yang mencolok seperti hitam, coklat tua, hingga abu-abu tua yang akan membuat jam tangan tersamarkan atau tenggelam oleh warna kulit Anda. (machtwatch)

Categories: Info & Tips