Meski Harga Murah, Ini 7 Alasan Hindari Jam Tangan KW

Meski Harga Murah, Ini 7 Alasan Hindari Jam Tangan KW

Jam tangan KW, replika atau palsu memang menggoda karena dibanderol dengan harga murah. Dengan selisih harga yang lumayan besar, kamu bisa mendapatkan jam tangan dengan tampilan hampir sama persis. Alhasil, kamu merasa lebih mudah mendapatkan jam tangan incaran.

Tapi jangan mudah tergoda. Banyak alasan yang seharusnya bikin kamu berpikir puluhan kali sebelum membeli jam tangan KW. Berikut 7 alasan di antaranya:

1. Kamu Bisa Dipenjara

Ini nggak bercanda, guys. Yang kebanyakan orang tahu adalah produsen dan penjual jam tangan palsu lah yang melanggar hukum. Tapi di beberapa negara, pembeli pun bisa didenda atau dipidanakan lho. Ngeri!

Di Prancis misalnya. Turis yang ketahuan membawa barang KW bisa dikenai denda dua kali lipat harga produk aslinya atau dipenjara hingga 3 tahun. Di Austria, warga maupun turis yang ketahuan membawa produk imitasi bisa didenda hingga Rp260 juta. Kebijakan serupa juga diberlakukan di Irlandia, Belgia, dan Kroasia. 

Waduh, nggak mau kena masalah di negeri orang kan?

2. Menurunkan Gengsi, Merusak Reputasi

Brad Pitt dan Leornado DiCaprio memakai jam tangan
Brad Pitt dan Leornado DiCaprio memakai jam tangan

Sejumlah produsen memang makin lihai mengimitasi barang, termasuk jam tangan. Ada jam tangan KW super yang mirip banget dengan aslinya. Bahkan sebagian ahli juga kesulitan membedakannya. 

Tapi percaya deh, pasti akan ada celah. Entah itu kolektor atau teman kamu yang watch enthusiast banget, mereka akan tertarik memperhatikan jam tanganmu. Kalau sampai ketahuan pakai jam tangan KW, pasti gengsimu seperti dicabik-cabik. Reputasi anjlok deh.

Daripada merasa insecure suatu hari bakal ketahuan pakai KW, kenapa nggak beli yang ori aja? Hati aman tentram saat pakai jam tangan kesayangan!

3. Merugikan Industri Jam Tangan

Jam tangan KW alias palsu memang banyak banget jumlahnya. Yang paling sering dibuat versi replikanya adalah brand populer seperti Rolex, Seiko, G-Shock, dan brand asal Swiss.

Nah, kehadiran jam tangan replika ternyata merugikan industri jam tangan jutaan dolar setiap tahunnya. Menurut perhitungan Bea Cukai, jumlah pemalsuan dan pembajakan di seluruh dunia mencapai US$ 200-360 miliar per tahun atau 5-7% dari perdagangan internasional.

Jam tangan Rolex KW versus original. Dok: Highsnobiety
Jam tangan Rolex KW versus original. Dok: Highsnobiety

Federation of the Swiss Watch Industry FH memperkirakan 40 juta jam palsu Swiss dibuat setiap tahun (padahal jam tangan original yang diekspor hanya 26 juta pieces pada 2008). Produsen jam KW bisa menerima miliaran dolar tiap tahun.

Selain kerugian material, yang jadi perhatian adalah menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada brand jam tangan original. Ya, brand tersebut jadi ikut kena imbas. Masyarakat jadi kurang percaya terhadap kualitas brand tersebut, padahal yang didapat adalah jam tangan KW.

Bila brand merugi, salah satu imbasnya adalah pengurangan tenaga kerja. Sementara itu, bisnis jam tangan KW membuka peluang munculnya mafia, organisasi kriminal, dan pekerja anak karena ilegal dan tidak diawasi pemerintah. Standar kesehatan dan keselamatan pun diabaikan.

Apakah kamu termasuk yang melanggengkan bisnis jam tangan KW?

4. Fake Watches Are For Fake People

Fondation de la Haute Horlogerie adalah organisasi yang fokus mempromosikan fine watchmaking di Swiss. Untuk melawan menjamurnya jam tangan KW, Fondation de la Haute Horlogerie merilis kampanye dengan semboyan “fake watches are for fake people”  pada 2009.

Masuk akal juga, sih. Kamu mungkin bisa membohongi orang lain dengan memakai jam tangan KW. Tapi yang jelas, kamu nggak bisa membohongi diri sendiri. Memakai jam tangan KW berarti kamu ingin menjadi orang lain dan tidak bangga menjadi diri sendiri.

5. Menyulitkan Mereka yang Ingin Beli Ori

Saking banyaknya jam tangan KW berjamuran, watch enthusiast yang ingin membeli jam tangan original jadi kesulitan memilih. Sebab kebanyakan penjual jam tangan KW nggak jujur dan mengklaim produk yang mereka jual original. Alhasil banyak pembeli merasa tertipu.

6. Mudah Rusak

Tampilan mungkin bisa diimitasi, tapi kualitas nggak bisa diduplikasi. Sebagian besar jam tangan KW dibuat sekadarnya, dari material yang murah, nggak water resistance, dan mudah rusak. 

Daripada buang-buang uang membeli jam tangan KW yang berkualitas rendah, kenapa nggak menabung buat beli yang ori?

7. Kamu Bakal Menyesal

Karena semua alasan di atas, bisa disimpulkan bahwa membeli jam tangan KW itu merugikan. Bukannya bangga pakai jam tangan, tapi malah insecure setiap saat. Kamu juga bakal menyesal kalau sudah terlanjur beli jam tangan KW, ternyata jam tangan originialnya lagi diskon di Jamtangan.com.

Ya, kamu bisa menemukan berbagai pilihan jam tangan original di Machtwatch – Jamtangan.com. Machtwatch telah mengkurasi brand-brand ternama biar kamu dapat jam tangan berkualitas. Ada Seiko, G-Shock, Spinnaker, Alexandre Christie, Fossil, Tissot, Mido, dan banyak lainya.

Nggak perlu takut kemahalan, karena Machtwatch pasti kasih harga terbaik se-Indonesia buat kamu. Nggak perlu takut dapat produk kaleng-kaleng, karena semua jam tangan yang kami jual pasti bergaransi.

Masih nggak percaya? Kamu bisa langsung mengunjungi Machtwatch store terdekat buat lihat langsung jam tangan original kami. Kamu bisa coba biar dapat feeling-nya. Pasti langsung jatuh cinta!

Machtwatch juga telah bekerja sama dengan berbagai marketplace buat memudahkan kamu berbelanja. Kamu bisa mengunjungi akun official Machtwatch di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID.

Yuk belanja sekarang! Jangan mau ketipu jam tangan KW walaupun digoda harga murah 🙂

Categories: Editor's Choices