Gunung Bersalju di Dial Seiko! Mengenang Penjelajah Legendaris Naomi Uemura dengan Seiko Prospex SLA069 Limited Edition

Seiko Prospex SLA069 Limited Edition
Seiko Prospex SLA069 Limited Edition

Naomi Uemura adalah seorang explorer yang gemar menjelajah, namanya sudah diakui berkat pencapaiannya setelah mencapai Kutub Utara, Amazon, dan puncak Denali. Nama Naomi Uemura memiliki tempat istimewa bagi brand Seiko. Namun sayangnya, Uemura hilang saat penjelajahannya di Denali, Alaska. 

Selama petualangannya untuk menaklukan alam, ia selalu ditemani oleh jam tangan dari brand asal Jepang ini. Dan untuk mengenang keberanian Naomi Uemura, Seiko pun merilis Seiko Prospex 1970 Diver’s Modern Re-interpretation: The Naomi Uemura Limited Edition SLA069.

Baca juga : 12 Jam Tangan Seiko yang Mencetak Sejarah

Seiko Prospex SLA069
Seiko Prospex SLA069. Sumber: Fratellowatches.com

Jam tangan ini didesain begitu mengesankan dengan dominasi warna cerah serta dial yang dirancang dengan tekstur seperti permukaan gunung. Penasaran kan seperti apa penampilannya? Nih, Minwatch kasih tahu bocorannya yang lebih lengkap buat kamu semua!

Baca juga : Prospex, Dari Seiko Untuk Kalangan Professional

Naomi Uemura
Naomi Uemura. Sumber: Seikowatches.com

Naomi Uemura adalah salah satu penjelajah legendaris asal Jepang. Buat para pendaki gunung, pasti sudah familiar dengan nama ini. Seorang Uemura tidak hanya memiliki hobi mendaki gunung, tetapi ia juga menjadi orang pertama yang mencapai kutub utara seorang diri, orang pertama yang mengarungi Amazon seorang diri, dan orang pertama yang menaklukan Gunung Denali di Alaska juga seorang diri. 

Namun, itu semua hanyalah sebagian kecil dari berbagai pencapaian hebat yang pernah dilakukan oleh Naomi Uemura dan ia sangat bangga bisa menaklukan alam yang sulit seorang diri. Sayangnya, ia menghilang setelah mencapai puncak Gunung Denali di Alaska, AS, pada tahun 1984 pada usia 43 tahun. Namun, Naomi Uemura telah berhasil meninggalkan legacy pada dunia eksplorasi untuk menaklukan alam.

Baca juga : Seiko Black Series 2023 Mendarat Di Jamtangan.com

Seiko “Uemura Diver” Setia Menemani sang Penjelajah

Seiko 1970’s diver 6105-8110
Seiko 1970’s diver 6105-8110. Sumber: Fratellowatches.com

Selama menjelajahi alam di berbagai dunia dengan segala rintangannya, Naomi Uemura selalu ditemani oleh jam tangan Seiko 1970’s diver 6105-8110 yang kemudian dikenal sebagai Seiko ‘Uemura diver’. Jam tangan tersebut memiliki desain menonjol di tahun 1970-an karena menggunakan case dengan ekstensi asimetris untuk melindungi crown pada posisi jam 4. Seiko juga mengadopsi desain original tersebut dengan menciptakan jam tangan dengan versi yang lebih modern ke dalam Seiko Prospex SLA069.

Baca juga : Seiko Prospex Save the Ocean SPB333 Limited Edition Dengan Tampilan Landscape Kutub

Peluncuran Seiko Prospex SLA069 Untuk Mengenang Penaklukan Mont Blanc oleh Naomi Uemura

Uemura 80th Anniversary Edition 2021
Uemura 80th Anniversary Edition 2021. Sumber: Seikowatches.com

Baca juga : Pecinta Seiko Harus Tahu! Rupa-Rupa Seri Seiko Di Tahun 2023

Sebelumnya, Seiko juga pernah meluncurkan jam tangan Uemura 80th anniversary edition yang diluncurkan pada tahun 2021 dan disambut hangat oleh pecinta jam tangan. Dan di tahun 2023 ini, Seiko meluncurkan Seiko Prospex 1970 Diver’s Modern Re-interpretation: The Naomi Uemura Limited Edition SLA069. Jam tangan ini dirilis untuk memperingati penaklukan Mont Blanc di perbatasan Prancis dan Italia yang dilakukan oleh Uemura pada tahun 1966 saat berusia 25 tahun.

Tekstur Spesial pada Dial Putih SLA069 Meniru Permukaan Gunung Berbatu dan Bersalju

Dial Prospex SLA069
Dial Prospex SLA069. Sumber: Fratellowatches.com
Seiko Prospex SLA069J1 1970 Divers Modern Re-interpretation The Naomi Uemura Limited Edition
Seiko Prospex SLA069J1 1970 Divers Modern Re-interpretation The Naomi Uemura Limited Edition. Sumber : Jamtangan.com
Seiko Prospex SLA069J1 1970 Divers Modern Re-interpretation The Naomi Uemura Limited Edition
Seiko Prospex SLA069J1 1970 Divers Modern Re-interpretation The Naomi Uemura Limited Edition. Sumber : Jamtangan.com
Seiko Prospex SLA069J1 1970 Divers Modern Re-interpretation The Naomi Uemura Limited Edition
Seiko Prospex SLA069J1 1970 Divers Modern Re-interpretation The Naomi Uemura Limited Edition. Sumber : Jamtangan.com

Desain jam tangan Seiko Prospex SLA069 merupakan reinterpretasi dari case Seiko 1970 Diver 6105-8110 dengan diameter 44mm, ketebalan 13mm, dan tahan air hingga 200 meter. Bagian case juga dilengkapi juga dengan blue stainless steel bezel yang menonjol dengan dark blue bezel inlay.

Crown ditampilkan pada posisi jam 4 dan juga dieksekusi dengan warna light blue yang membuat jam tangan ini terlihat lebih cerah dan fresh. Menurut keterangan yang disampaikan oleh Seiko, warna biru yang ditampilkan pada bezel dan crown tersebut terinspirasi dari blue shadow yang mengelilingi Mont Blanc.

Jika diperhatikan dengan lebih cermat, bagian dial yang didominasi oleh warna putih menampilkan tekstur yang tidak biasa. Ternyata, tekstur tersebut didesain untuk meniru permukaan Mont Blanc yang berbatu dan bersalju. Seiko sukses menggambarkan desain tersebut dengan menggunakan teknik pressing dan etching khusus yang secara keseluruhan memberi kesan tingkat kedalaman lebih detail pada dial

Seiko juga menggunakan penanda jam berbentuk persegi panjang dan diisi dengan bahan Seiko Lumibrite yang akan menyala dengan terang pada suasana gelap. Sementara itu, jarum dengan sword-style yang ringkas tampak serasi dengan seluruh elemen yang ditampilkan pada dial.

Baca juga : Seiko Alpinist Kini Bergabung dengan Prospex, Apa Bedanya?

Spesifikasi Seiko Prospex SLA069

Movement caliber 8L35
Movement caliber 8L35. Sumber: Fratellowatches.com

Baca juga : SEIKO SPEEDTIMER PANDA HOT REVIEW!

Seiko Prospex SLA069 menggunakan automatic movement caliber 8L35 yang  menjadi base untuk movement Grand Seiko Caliber 9S55, beroperasi pada frekuensi 28.800vph, memiliki akurasi -10 hingga +15 detik per hari, dan power reserve 50 jam. Movement caliber 8L35 juga memiliki tiga fitur yang menonjol. 

Pertama adalah fitur SPRON yaitu logam campuran asli Seiko yang digunakan untuk mainspring dan hairspring. Kedua adalah diashock yaitu struktur yang dikembangkan Seiko untuk meningkatkan ketahanan movement terhadap guncangan. Dan ketiga adalah magic lever yang memiliki peran penting pada efisiensi winding dari mainspring pada automatic movement. 

Seperti halnya movement GS, keluarga 8L juga dirakit dengan tangan di Shizukuishi Watch Studio Jepang. Seiko Prospex SLA069 juga dilengkapi dengan stainless steel bracelet dengan golding clasp, push-button release, safety lock, dan diving extension.

Bagaimana pendapatmu tentang Seiko Prospex SLA069? Cukup mengesankan, bukan? Jam tangan yang dipersembahkan untuk mengenang penjelajah legendaris Naomi Uemura ini memang ditampilkan dengan warna cerah dan colorful. Rencananya, jam tangan special edition ini akan diproduksi hanya 500 pieces dan mulai tersedia pada bulan Mei 2023. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu saja kehadirannya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko Prospex Diver Pertama

Pecah Telor Movement GMT Baru! Seiko Prospex Diver’s Pertama dengan Automatic Movement GMT

Next Article
sejarah jam tangan cartier

Maestro di Dunia Jam Tangan, Seperti Apa Perjalanan Brand Jam tangan Cartier?

Related Posts
Total
0
Share