Andalan Para Cewek! Fitur Women’s Health Tracking Garmin Untuk Pantau Siklus Menstruasi

fitur women health tracking garmin
fitur women health tracking garmin

Sejak meluncurkan koleksi Forerunner pada tahun 2000-an yang merupakan smartwatch pertama mereka, Garmin akhirnya mengikuti jejak FitBit dengan meluncurkan smartwatch yang memiliki fitur women’s health.

Kehadiran smartwatch dengan fitur women’s health dianggap penting karena dapat membantu wanita memantau kesehatan reproduksi dan kebugaran mereka dengan lebih mudah dan akurat.

Garmin Smartwatch dengan fitur women’s health
Garmin Smartwatch dengan fitur women’s health

Fitur ini memudahkan wanita untuk memantau siklus menstruasi hanya dari pergelangan tangan. Atlet wanita dapat lebih tenang karena mudah untuk mengetahui menstrual phase, pregnancy tracking hingga mengetahui perkiraan periode dan masa subur. Get ready for honest review tentang fitur terbaru Garmin yang satu ini dari jamtangan.com! 

Trivia Fitur Women’s Health dari Garmin

Garmin menambahkan fitur women health yang salah satu fungsinya adalah melacak siklus menstruasi wanita melalui aplikasi Garmin Connect™ yang dapat diakses pada smartwatch melalui menu Health Status pada bagian Menstrual Cycle/Pregnancy

Fitur Women’s Health pada Garmin Smartwatch
Fitur Women’s Health pada Garmin Smartwatch

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melacak siklus, termasuk menstruasi yang tidak teratur, menopause, atau kehamilan. 

Baca juga artikel : 10 Jam Tangan Smartwatch Wanita Terlaris Dan Stylish Dari Garmin

Tapi gimana, sih, cara kerja dari fitur ini?

1. Fitur Menstrual Tracking 

Menstrual tracking memiliki banyak informasi yang ditampilkan, salah satu yang paling penting adalah siklus menstruasi yang harus diketahui oleh wanita.

Fitur Menstrual Tracking
Fitur Menstrual Tracking

Cara kerjanya cukup sederhana: kamu menginput fase menstruasi dan gejala yang dialami secara teratur ke dalam aplikasi ini dan menjawab pertanyaan yang ada di aplikasi dengan jujur.

Garmin Connect akan menampilkan fase siklus saat ini dan memprediksi siklus yang akan datang berdasarkan data yang telah kamu input sebelumnya. Dari mulai fase menstruasi, folikel, ovulasi, hingga luteal.

Jika kamu tidak mengalami menstruasi, kamu dapat memilih No Period.

2. Weight Gain Tracking

Selain dapat memantau siklus menstruasi, fitur women’s health yang diusung oleh Garmin juga dapat melacak kenaikan berat badan, terutama pada masa kehamilan.

Weight Gain Tracking pada fitur women’s health Garmin
Weight Gain Tracking pada fitur women’s health Garmin

Modul weight tracking ini dibuat berdasarkan U.S Guidelines. Cara menggunakannya sangat sederhana. Kamu cukup menyalakan Weight Gain Goal pada Women’s Health features di aplikasi. 

Selain melacak, aplikasi ini juga akan memberi saran nutrisi terbaik berdasarkan guidelines yang ada agar kehamilan menjadi lebih sehat.

3. Fitur Mood Tracker dan Panduan Nutrisi

Dengan menggunakan fitur pada smartwatch keluaran Garmin, kamu dapat memantau menstrual cycle-mu, apakah teratur atau tidak hanya dari pergelangan tangan. 

Selain itu, pada fitur ini juga akan memiliki catatan mengenai period dan symptoms (termasuk mood, discharge, physical symptoms hingga prediksi pada periode selanjutnya).

Tapi bukan sekedar melakukan tracking, kamu juga akan menerima panduan nutrition, exercise, dan general health selama fase-fase berbeda dari siklus menstruasi. Panduan diterima berdasarkan pada data yang dimasukkan ke dalam aplikasi.

Sportwatch ini cocok untuk atlet wanita yang ingin menyeimbangkan hormon selama siklus menstruasi. Jika senang exercise, melalui fitur women’s health pada smartwatch ini, kamu dapat mengetahui jenis latihan yang paling cocok dengan tingkat energi kamu sekitar waktu ovulasi.

Statistik Siklus Menstruasi pada Fitur Garmin
Statistik Siklus Menstruasi pada Fitur Garmin

Ini akan membuat porsi olahraga yang kamu lakukan pada saat siklus menjadi lebih pas. Tidak berlebihan hingga menimbulkan cidera, tapi juga tidak kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Mungkin fitur yang ditawarkan Garmin bukan terobosan baru, tapi fitur ini cukup menjanjikan mengingat Garmin sendiri mendanai penelitian yang dilakukan oleh Medical Center di University Kansas tentang data yang dihasilkan perangkat wearable dapat membantu pelacakan siklus menstruasi dan prediksi ovulasi yang akurat.

Baca juga artikel : Mengenal 10 Series Jam Tangan Garmin

Gimana Cara Menggunakan Menstrual Tracking di Garmin Smartwatch?

That’s not a big deal.

Tidak terlalu sulit untuk menggunakan fitur menstrual tracking di Garmin, cukup mengunduh Connect IQ App. Sayangnya, kamu tidak bisa mengunduh aplikasi ini langsung dari perangkat wearable.

Smartwatch Garmin dapat terhubung dengan android,  iPhone, dan laptop, jadi kamu bisa mengunduh Connect IQ App pada perangkat ketiga atau membuka Garmin Express dari laptop. Setelah itu, silahkan mengkoneksikan aplikasinya ke Smartwatch Garmin. Proses instalasi biasanya memakan waktu more and less 15 menit.

Aplikasi Garmin Express sebelum terkoneksi ke Smartwatch
Aplikasi Garmin Express sebelum terkoneksi ke Smartwatch

Ketika proses instalasi selesai, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dari pergelangan tangan. Klik pada menu Health & Performance, scroll down hingga menemukan Menstrual Cycle.

Jika baru pertama kali menggunakannya, kamu diberi beberapa pertanyaan, dari mulai lamanya siklus, kapan tanggal terakhir menstruasi, hingga alat kontrasepsi apa yang digunakan. Data yang dimasukkan ini nantinya akan ditampilkan pada perangkat wearable sehingga kamu dapat memonitor statistiknya.

Jangan Lupa untuk Mengisi Logbook!

Secara umum, fitur women’s health pada Garmin tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa. 

Smartwatch Garmin
Smartwatch Garmin

Jadi, jangan lupa untuk rutin mengisi logbook dari aplikasi ini, seperti tanggal terakhir datang bulan, gejala pra dan pasca menstruasi, hingga kegiatan yang dilakukan selama menstruasi. Jika melakukan kesalahan dalam menginput data, kamu bisa mengeditnya juga. Usahakan untuk rutin mengisi logbook agar statistik pada aplikasinya stabil.

Jika lupa mengisi siklus, bisa jadi aplikasi akan mengindikasikan kamu tidak mengalami menstruasi selama satu bulan. Jika lebih dari itu memungkinkan aplikasi untuk berhenti melakukan tracking dan kamu akan mengulang pelacakan dari awal.

Rekomendasi Jam Tangan Garmin dengan Fitur Women’s Health

Belum semua smartwatch dari Garmin kompatibel untuk fitur women’s health ini. Beberapa koleksi dari brand watch yang sudah kompatibel adalah dari seri  Forerunner 645 Music, vívoactive 3, vívoactive 3 Music, vivosmart, vivomove, dan jam tangan Seri fēnix 5 Plus.

Baca juga artikel : Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

Berikut rekomendasi Garmin Watch yang bisa menggunakan fitur ini:

1. Garmin Vivosmart 

Garmin Vivosmart adalah smartwatch sport dengan fitur-fitur yang mendukug aktivitas olahraga. Beberapa fiturnya antara lain monitor detak jantung, pemantauan tidur, notifikasi cerdas, kontrol musik, dan pelacak aktivitas seperti langkah.

Kamu juga bisa memantau berapa banyak kalori yang telah terbakar dan jarak yang ditempuh. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan GPS terhubung, VO2 Max (untuk lari), serta pelatihan interval dan pelacakan aktivitas renang.

Tidak hanya itu, Vivosmart adalah salah satu smartwatch Garmin yang kompatibel untuk fitur women’s health.

Garmin Vivosmart 5 010-02645-24 Smartwatch Fitness Tracker Digital Dial Black Silicone Strap
Garmin Vivosmart 5 010-02645-24 Smartwatch Fitness Tracker Digital Dial Black Silicone Strap

Garmin Vivosmart 5 010-02645-24 Smartwatch Fitness Tracker Digital Dial Black Silicone Strap

2. Garmin Vivomove Sport

Satu lagi seri keluaran Garmin yang mendukung fitur women’s health, Vivomove Sport. Termasuk ke dalam jenis sportwatch membuat jam ini mendukung aktivitas kesehatan dan olahraga kamu.

Salah satunya adalah monitor detak jantung, pengukur tingkat stres, tingkat energi, serta pemantauan tidur. Sportwatch ini kompatibel terhadap android dan iOS, sehingga kamu dapat melakukan instalasi fitur women’s health dan memantau siklus menstruasi.

Garmin Vivomove Sport 010-02566-50 Smartwatch Digital Dial Black Silicone Strap
Garmin Vivomove Sport 010-02566-50 Smartwatch Digital Dial Black Silicone Strap

Garmin Vivomove Sport 010-02566-50 Smartwatch Digital Dial Black Silicone Strap

3. Garmin Lily Smartwatch

Garmin Lily juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang berguna dalam berolahraga, seperti sensor GPS, GLONASS, Galileo, monitor detak jantung Garmin Elevate, serta fitur pelacakan aktivitas seperti langkah, kalori terbakar, dan jarak tempuh.

Ada juga fitur pelacakan olahraga yang berbeda seperti latihan kardio dan latihan kekuatan, termasuk juga pelacakan kecepatan dan jarak GPS.

Memiliki tampilan yang cantik, smartwatch ini juga mendukung fitur menstrual tracking pada women’s health.

Garmin Lily 010-02384-F3 Smartwatch Light Gold Digital Dial White Leather Strap 
Garmin Lily 010-02384-F3 Smartwatch Light Gold Digital Dial White Leather Strap 

Garmin Lily 010-02384-F3 Smartwatch Light Gold Digital Dial White Leather Strap 

Sekarang, bagi para wanita yang menyukai kegiatan olahraga sudah bisa hidup tenang dengan adanya women’s health tracking pada perangkat wearable koleksi Garmin. Cantik dan fungsional, kamu bisa mendapatkan smartwatch Garmin dengan fitur ini di jamtangan.com .

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
G-SHOCK 40th Anniversary

Dibuat Dengan Teknik Deep Layer Hardening, G-Shock Luncurkan Recrystallized Series Saat Anniversary G-Shock Ke-40

Next Article
jam tangan couple ramadhan

Jam Tangan Couple untuk kumpul Keluarga Saat Ramadhan

Related Posts
Total
0
Share