5 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan yang Aman

5 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 1:10pm oleh Contributor

Jam tangan berembun memang mengganggu keseharian. Kali ini, Minwatch akan memberikan 5 cara menghilangkan embun di jam tangan yang aman. Jika jam tangan kesayanganmu berembun, cara ini mungkin akan sangat membantu mengatasi permasalahan ini. Sebelum mengetahui cara menghilangkannya, ada baiknya kamu tau penyebab jam tangan berembun. Secara umum, ada 4 penyebab utama jam tangan berembun, yaitu:

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif

Penyebab Utama Jam Tangan Berembun

Casio AE-1000W-1AVDF
Casio AE-1000W-1AVDF. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/casio-ae1000w1avdf-10-year-battery-water-resistance-100m-black-resin-band-38301

a. Berembun Karena Seal Jam Tangan Rusak

Penyebab satu ini berasal dari komponen di jam tangan itu sendiri. Terdapat komponen seal yang rusak sehingga udara lembab maupun air dapat masuk ke dalam jam tangan. Karena udara lembab masuk, jam tangan kesayanganmu bisa berembun. Biasanya komponen seal ini ada di sela-sela crown dan backcase jam tangan dan berfungsi sebagai penghalang air.

b. Berembun Karena Perubahan Suhu

Penyebab yang paling umum adalah perubahan suhu. Kondisi ini sering terjadi apabila kamu berpindah tempat dengan suhu yang berbeda. Misalnya, kamu yang terlalu lama di ruangan AC dengan suhu dingin, kemudian kamu keluar dan terpapar sinar matahari dengan suhu yang panas. Jika kamu mengenakan jam tangan, perubahan suhu seperti ini akan mengakibatkan embun menempel pada kaca jam.

c. Berembun Karena Air Hujan

Penyebab lainnya adalah masuknya air ke dalam jam tangan kesayanganmu saat turun hujan. Ditambah, jam tanganmu tidak punya fitur water resistant sehingga memungkinkan  air masuk ke dalam jam lebih tinggi. Maka dari itu, kondisi hujan juga akan menyebabkan jam tangan yang tidak mempunyai water resistant akan berembun.

d. Berembun Karena Terkena Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang panas juga akan membuat perubahan suhu pada jam tangan. Hal tersebut akan menyebabkan jam tanganmu berembun. Penyebab ini hampir sama dengan perubahan suhu sebelumnya. Namun, hal ini juga jarang terjadi apabila perubahan suhunya tidak terlalu besar.

e. Berembun Karena Terendam Air

Jika jam tanganmu terendam, kemungkinan akan ada air yang masuk ke dalam mesin jam tangan. Air yang telah masuk tadi, akan menguap saat terkena panas sehingga menghasilkan embun pada kaca jam tangan. Maka itu, jika kamu mempunyai banyak aktivitas di luar ruangan sebaiknya kamu membeli jam tangan asli yang mempunyai fitur water resistant. Situs Jamtangan.com menawarkan beragam jam tangan asli yang berkualitas dengan harga terbaik.

Baca juga: 7 Jam Tangan Pria Anti Air Terbaru dan Banyak Dicari!

Setelah mengetahui penyebabnya, Minwatch akan memberikan beberapa cara menghilangkan embun di jam tangan. Yuk, simak tipsnya.

Pertolongan Pertama Menghilangkan Embun di Jam Tangan

1. Masukan ke Wadah Berisi Beras

Cara menghilangkan embun di jam tangan pakai beras
Cara menghilangkan embun di jam tangan pakai beras. Sumber: https://www.pexels.com/photo/brown-wooden-spoon-with-grains-on-red-table-cloth-1717821/

Beras dipercaya dapat menyerap air dengan baik sehingga jadi pertolongan pertama untuk menghilangkan embun pada jam tangan dengan aman. Cara mudahnya, kamu bisa menyiapkan beras secukupnya di wadah, dan rendam jam tanganmu disana. Tidak ada waktu pasti untuk menunggu embun hilang pada kaca jam tanganmu. Namun biasanya kamu tunggu semalaman dan lihat kaca pada jam tanganmu di esok hari, jika kaca sudah tidak berembun, maka air di mesin di jam tanganmu sudah menghilang

2. Merendam dengan Pasir Kucing

Cara menghilangkan embun di jam tangan dengan merendamnya pakai pasir kucing
Cara menghilangkan embun di jam tangan dengan merendamnya pakai pasir kucing. Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-cute-sleeping-cat-416160/

Buat para pecinta jam tangan yang mempunyai peliharaan kucing, kamu bisa memanfaatkan pasir kucing sebagai pertolongan pertama saat jam tanganmu berembun. Mekanismenya hampir sama dengan beras sebelumnya, kamu siapkan pasir kucing bersih pada wadah terbuka, kemudian rendam jam tanganmu yang berembun. Cara ini dipercaya cukup efektif dan aman.

3. Memakai Silica Gel untuk Mengeringkan Jam Tangan

Silica Gel untuk Mengeringkan Jam Tangan
Silica Gel untuk Mengeringkan Jam Tangan. Sumber: https://www.utamadaily.com/ini-4-fungsi-gel-silica-yang-ramai-tidak-tahu/

Pada dasarnya silica gel berfungsi untuk menjaga kelembaban sehingga kamu sering menemukannya di dalam kotak sepatu maupun tas. Silica gel merupakan olahan natrium silikat yang berbentuk butiran seperti manik manik. Kamu bisa menggunakan silica gel untuk menghilangkan embun pada jam tangan dengan aman.

Saat jam berembun, masukkan jam tanganmu dan silica gel secukupnya ke wadah tertutup atau dry cabinet. Pastikan juga, tingkat kelembaban pada dry cabinet sekitar 50% agar tidak merusak seal jam tangan.

4. Membungkus dengan Handuk Kering

Handuk bisa menghilangkan embun di jam tangan
Handuk bisa menghilangkan embun di jam tangan. Sumber: https://www.pexels.com/photo/white-and-maroon-rugs-45980/

Cara menghilangkan embun di jam tangan lainnya adalah bungkus jam tangan dengan handuk kering. Saat membungkusnya pastikan bagian belakang jam tangan yang berembun menghadap ke bawah. Bisa dibilang cara ini sangat aman dan tidak akan merusak jam tangan.

Cara menghilangkan embun di jam tangan selanjutnya adalah mengeringkan dengan kipas angin. Cara ini sangat aman untuk jam tangan, namun butuh waktu yang lebih lama sekitar 1 hingga 2 jam. Kamu hanya perlu kipas angin di rumah dan arahkan ke jam tangan yang berembun. Walaupun prosesnya lama, cara ini tetap ampuh untuk menghilangkan embun di jam tangan.

5. Membawa ke Toko Jam Tangan

Bawa ke toko jam tangan terdekat
Bawa ke toko jam tangan terdekat. Sumber: https://blog.jamtangan.com/pembukaan-toko-ke-3-machtwatch/

Sekarang sudah banyak toko jam tangan yang dapat membantu permasalahan ini. Dengan membawa ke ahlinya, kamu tentunya akan lebih aman tanpa harus takut jam tanganmu rusak. Namun kemungkinan, kamu akan dikenakan biaya pada toko jam tangan tertentu.  

Pada dasarnya, penyebab utama jam tangan berembun adalah air yang masuk kedalam jam tangan. Maka itu, ada baiknya kamu membeli jam tangan yang memiliki fitur water resistant yang dapat mencegah air masuk ke dalam jam. Dapatkan jam tangan dengan fitur water resistant yang berkualitas di Jamtangan.com!

Sumber:

www.cleanipedia.com/id/merawat-pakaian/jam-tangan-101-cara-menghilangkan-embun-pada-jam-tangan.html

www.orami.co.id/magazine/cara-menghilangkan-embun-di-jam-tangan

1news.my.id/2022/01/31/7-easy-ways-to-remove-dew-on-watches-before-so-damaged-immediately-secure/

Total
0
Shares
Previous Article
komunitas vespa surabaya persepsi

300 Vespa Turun Ke Jalan di Event Scooter Jam

Next Article
Warna Jam Tangan Wanita Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

4 Rekomendasi Warna Jam Tangan Wanita Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

Related Posts
Total
0
Share