Seiko King Turtle SRPK01K1 Hadirkan Dial Bermotif Lautan

seiko king turtle PADI SRPK01K1

Seiko Prospex SPRK01K1 Great Blue PADI merupakan salah satu koleksi special edition yang dirilis Seiko yang berkolaborasi dengan PADI (Professional Association of Diving Instructors).  Koleksi ini dikeluarkan dengan tujuan mendukung kampanye Ocean Cleanup dari PADI.

Pada koleksi Great Blue special edition ini, sebenarnya Seiko merilis 3 jam tangan, yaitu Samurai, dan Sumo. Kali ini Minwatch akan fokus kepada Seiko Prospex SPRK01K1 Great Blue PADI Special Edition yang menampilkan sentuhan inspirasi pemandangan bawah laut.

Sekilas Tentang Seiko King Turtle

Seiko King Turtle tentu sudah tidak asing lagi bagi para watch enthusiast. Jam tangan ini termasuk ke dalam salah satu divers watch terlaris. Ini merupakan generasi ketiga dari Seiko Turtle yang pertama kali dirilis pada tahun 1976. 

Baca juga : Sejarah Seiko Turtle, Dive Watch Terlaris Seiko

Seiko 6306/6309 (1976) merupakan jam tangan Seiko pertama yang mendapat julukan Turtle. Generasi kedua dirilis pada tahun 2015 yang masuk ke dalam jajaran Seiko Prospex. Kemudian pada tahun 2020 lalu, Seiko merilis King Turtle yang memiliki spesifikasi yang lebih superior dibanding pendahulunya. Dan untuk edisi spesial Great Blue PADI ini, Seiko memakai model dasar Seiko King Turtle.

Seiko King Turtle Ref. SPRK01K1
Seiko King Turtle Ref. SPRK01K1

Review Seiko King Turtle SPRK01K1 ‘Great Blue’ Padi Special Edition

Seiko Prospex SPRK01K1 Great Blue PADI Special Edition hadir dengan desain dial yang  mengambil inspirasi dari keindahan pada kedalaman laut. Mari kita telusuri lebih lanjut fitur menarik dari jam tangan ini!

1. Desain Ikonis Khas Turtle

Jika berbicara mengenai case, tentu tidak akan jauh berbeda dengan para pendahulunya. Seiko Prospex King Turtle SRPK01K1  Great Blue PADI Special Edition mempertahankan desain case ikonis dari model Turtle dengan cushion case yang menyerupai  cangkang kura-kura. 

Bentuk cushion case yang mirip cangkang kura-kura
Bentuk cushion case yang mirip cangkang kura-kura

Terbuat dari stainless steel yang dilapisi super hard coating, jam tangan ini memiliki diameter 45 mm, ketebalan 13,2 mm, dan jarak lug-to-lug sekitar 47,7 mm. Ukuran tersebut tampak garang di pergelangan tangan dan crown di posisi 4 menambah kenyamanan dalam pemakaian.

2. Insert Bezel Memakai Ceramic

Bezel diver’s watch satu ini terbuat dari stainless steel dengan insert bezel bermaterial ceramic, material tersebut lebih tahan goresan dan lebih premium. Hal ini juga salah satu alasan Turtle generasi ketiga dijuluki  “King Turtle”. Bezelnya dapat berputar hanya satu arah (unidirectional). Fungsinya adalah untuk menghitung waktu penyelaman.

Hadir dengan bezel unidirectional berwarna biru.
Hadir dengan bezel unidirectional berwarna biru.

Bezel-nya memiliki warna biru senada dengan tema aquatic. Pada skala 0-20 menit pada insert diberi warna biru muda, sedangkan skala lainnya berwarna abu-abu.

3. Dial yang Terinspirasi dari Pemandangan Air Bawah Laut

Dial jam tangan ini memiliki desain yang terinspirasi oleh pandangan penyelam di bawah air dan terdapat gradasi biru dari tengah ke tepi. Warna gradasinya terinspirasi sudut pandang penyelam yang sedang mendongak dari bawah laut dan melihat pantulan cahaya matahari di permukaan. Bagian atas dial memiliki warna terang yang semakin ke bawah, warna dial semakin gelap.  

Dial berwarna biru yang menjadi ciri khas Seiko Prospex SPRK01K1 Great Blue PADI Special Edition 
Dial berwarna biru yang menjadi ciri khas Seiko Prospex SPRK01K1 Great Blue PADI Special Edition 

Baca juga : Seiko Prospex ‘Arnie’ dan ‘Turtle’ Special Edition Terbaru Dengan Tampilan Makin Fresh

Indeks dan hands pada jam tangan ini dilapisi dengan LumiBrite. Hal ini meningkatkan keterbacaan pada kondisi gelap, sehingga mendukung fungsionalitas jam tangan, terutama dalam aktivitas penyelaman. Date day window pada posisi pukul 3 diberi cyclops membuatnya mudah dibaca. Di atas dial, terdapat kaca safir anti gores.

4. Movement dari Seiko King Turtle

Seiko Prospex ‘Great Blue’ Turtle PADI Special Edition dibekali automatic movement caliber 4R36. Movement ini memiliki 24 jewels dan power reserve 41 jam.

Caseback Seiko King Turtle SPRK01 Great Blue PADI Special Edition yang memuat informasi movement
Caseback Seiko King Turtle SPRK01 Great Blue PADI Special Edition yang memuat informasi movement

Movement ini berdetak sebanyak 21,600 beat per hours. Selain itu, movement ini sudah mendukung pengisian daya dengan hand winding dan hack second hand, sehingga lebih mudah dalam setting waktu.

5. Stainless Steel Bracelet

Oyster bracelet pada Seiko King Turtle SPRK01
Oyster bracelet pada Seiko King Turtle SPRK01

Seiko Prospex SRPK01K1 dilengkapi dengan 3-link bracelet yang terbuat dari stainless dan dilapisi super hard coating. Bracelet ini dilengkapi dengan folding clasp dan diving extension sehingga tidak perlu khawatir apabila digunakan di baju selam yang tebal.

6. Diver Watch Standar ISO 6425

Sebagai jam tangan diver, Seiko Prospex SRPK01K1 memiliki water resistant 200 meter. Seperti koleksi Prospex Diver lainnya, jam tangan ini juga sudah sesuai standar ISO 6425 sehingga aman digunakan untuk scuba diving.

Dapatkan Seiko King Turtle SPRK01K1 Great Blue PADI Special Edition di Jamtangan.com

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memakai Seiko King Turtle SRPK01K1 di pergelangan tangan? Jika iya, maka tidak perlu khawatir karena jam tangan ini sudah mendarat di Jamtangan.com dan siap untuk masuk ke jajaran koleksi yang kamu memiliki.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
swatchxomega

Swatch X OMEGA RIlis MoonSwatch yang Terinspirasi "Beaver Moon"

Next Article
G-Shock Sci-Fi World Series Siap Diserbu di Jamtangan.com

G-Shock Sci-Fi World Series Siap Diserbu di Jamtangan.com

Related Posts
Total
0
Share