Mengintip Lebih Dalam Seiko Astron GPS Solar Dual Time

Mengintip Lebih Dalam Seiko Astron GPS Solar Dual Time

Seiko Astron GPS Solar Dual Time adalah generasi ketiga dari Astron. Produk jam tangan ini memiliki fitur sinkronisasi waktu pada zona tertentu memanfaatkan teknologi GPS. Astron Dual Time ini mempertahankan gaya case yang tipis dan kecil dari Astron Chronograph serta dilengkapi fitur-fitur untuk para traveler dan pebisnis internasional. Pemilik kode produk SSE039 ini memang bisa jadi merupakan produk Astron paling berani dari semua edisinya; karena menggunakan pearl dial dan aksen white ceramic pada strapnya.

Seiko Astron GPS Solar Dual Time memiliki detil spesifikasi dengan 8X53 solar powered calibre serta ceramic-titanium case dengan super-hard coating. Selain itu, jam tangan ini juga memiliki case diameter 48,7 mm dan water resist hingga 100 m (10 ATM).

Nama Astron sendiri berasal dari turunan ’69 Astron yang merupakan jam tangan quartz pertama. Jam tangan Astron itu sendiri merupakan produk yang disorot di abad ke-20 sebagai salah satu produk jam tangan yang memiliki pengaruh besar sepanjang sejarah industri jam tangan setelahnya (sekarang). Spesifikasi dasar Astron yang modern merupakan hal yang inovatif dalam menunjukkan waktu. Mengandalkan teknologi high-quality quartz, akurasinya dapat memenuhi keunggulannya untuk menyesuaikan dengan satelit GPS. Inilah yang menjadi tombak keunggulan Seiko Astron GPS Solar.

Dial
Dial dari SSE039 sangat berbeda dari seri-seri astron terbaru. Seiko sepertinya ingin mengembangkan dengan serius tema “inagural limited edition” dalam motif warna putih. Bagian kontroversialnya; Seiko memilih untuk menggunakan pearl dial pada seri ini. Sangat beresiko untuk mengaplikasikan pearl (terutama mother of pearl) pada jam tangan laki-laki. Namun, bila dilihat dengan teliti, pearl dial-nya seakan terlihat seperti motif awan. Fyi, pearl dial sangat efektif diaplikasikan pada jam tangan solar karena ditengarai membantu penyerapan cahaya yang menjadi komponen utama power pada jam.

poast-Astron Dual Time Limited Edition MOP (24)_0Gambar 1. Dial Seiko Astron GPS Solar Dual Time yang Berbahan “Mother of Pearl”

Terdapat juga fitur jam kedua (Dual Time) pada posisi jam 6. Di sebelahnya ada juga penunjuk (sub-dial) AM/PM yang memudahkan pengguna jam untuk mencocokkan waktunya. Pada posisi jam 9-10 terdapat mode selector. Mode selector ini ditengarai sebagai mode selector paling konsisten dibandingkan dengan seri-seri Astron sebelumnya; menunjukkan power reserve, airplane mode, dan daylight saving mode. Selain itu, pada posisi jam 2-3 terdapat penunjuk hari serta diikuti dengan penunjuk tanggal pada posisi jam 4.

post-DialGambar 2. Penampakan Dial Seiko Astron GPS Dual Time Dari Dekat

Luminus pada jarum jam juga cukup terang sehingga memudahkan pengguna untuk memperhatikan waktu di tempat dengan pencahayaan minim.

Case
Bahan dasar titanium dan ceramic pada case merupakan salah satu daya tarik SSE039. Terlebih lagi, ukurannya yang 48,7 mm adalah salah satu faktor yang diperhitungkan karena lebih besar hingga 3,7 mm dibandingkan jam tangan dual-time pada umumnya. Tentu saja, sentuhan bahan ceramic di bagian samping kanan-kiri (posisi jam 3 dan 9) juga menjadi faktor kuat yang membuat para penggila jam tangan tertarik memilikinya. Bezel-nya juga terbuat dari bahan yang sama (ultra-scratch-resistant ceramic). Finishing bahan ceramic tersebut juga sangat baik dan halus.

post-Astron Dual Time Limited Edition MOP (37) post-Astron Dual Time Limited Edition MOP (42)Gambar 3. Case Titanium-Ceramic dari Seiko Astron GPS Solar Dual Time

Bahan titaniumnya juga patut disorot. Menggunakan zaratsu blade polishing, case titanium terlihat sangat solid dan halus. Tombol-tombol fungsi chronograph-nya juga didesain dengan baik dan ergonomis sehingga grip-nya baik; mudah dioperasikan. (fbi/machtwatch)

foto: watchuseek

Beli Seiko Astron GPS Solar Dual Time SSE039J1