Review G-Shock GBA900: ‘Keluarga’ Baru Seri MOVE yang Affordable

Review G-Shock GBA900: ‘Keluarga’ Baru Seri MOVE yang Affordable

Para penggemar jam tangan G-Shock boleh berbahagia. Lini jam tangan super tangguh dari Casio ini baru saja mengeluarkan satu seri teranyar di keluarga MOVE, yakni G-Shock GBA900. Hadir sebagai fitness-watch, GBA900 dibekali banyak fitur dan teknologi mumpuni yang membuatnya ‘whole package’ untuk dijadikan teman workout dan berolahraga. Satu yang bikin jam yang baru rilis pada 13 Mei 2021 ini makin layak dilirik, adalah karena timepiece ini dipasarkan dengan harga sangat affordable untuk sebuah fitness-watchi berteknologi canggih

Sambil menunggu kehadirannya di Jamtangan.com, ada baiknya kamu menyimak dulu review G-Shock GBA900 secara lengkap yang sudah kami rangkum ini. Mulai dari desain sampai teknologi, berikut hal-hal yang bisa kamu ekspektasikan dari keluarga terbaru G-Shock ini!

Desain G-Shock GBA900: ‘Kemasan’ Lama dengan Penyempurnaan Visibility & Comfort 

Review G-Shock GBA900 Indonesia
Image: G-Shock.

Sekilas melihat, desain G-Shock GBA900 sebenarnya masih mempertahankan classic look ala G-Shock. Overall look jam ini tampak tak jauh berbeda dari tipe GBD100, yang merupakan ‘pendahulunya’ sekaligus salah satu fitness-watch paling fungsional dari G-Shock. Tapi setelah dilihat lebih seksama dan mencoba menggunakannya, kamu akan langsung tahu kalau desain GBA900 sudah banyak mengalami upgrading, khususnya dari faktor kenyamanan dan visibility. 

Salah satu upgrading yang menjadi fokus utama GBA900 adalah dihadirkannya case berukuran lebih compact 51.3 x 48.9 x 16.6 mm namun dengan LCD screen lebih lebar. Hal ini membuat G-Shock GBA900 lebih nyaman dipakai, tapi tetap punya visibility baik. LCD screen ini memiliki digital dan analog display sekaligus, yang tak hanya membuatnya lebih modern tapi juga lebih kaya fitur. Bagian digital menampilkan waktu serta day-date, sementara bagian analog menampilkan performance tracking

Improvement Sirkulasi Udara & Hadir dalam 2 Pilihan Warna

Review G-Shock GBA900 GBA900-1A dan GBA900-7A
Image: G-Shock.

Selain dari segi ukuran, G-Shock GBA900 juga semakin nyaman digunakan saat berolahraga karena bagian lugs-nya sengaja didesain memiliki ‘ventilasi’ sehingga tidak mudah lembap dan punya sirkulasi udara yang baik saat kamu berkeringat.  Begitu pun dengan bagian strap-nya, dirancang dengan banyak lubang agar pengguna bisa leluasa menyesuaikan panjang band saat sedang aktif bergerak. Comfortness at it’s finest! 

Kalau kamu termasuk orang yang sangat picky soal warna, nggak usah khawatir. Casio G-Shock GBA900 dirilis dalam dua pilihan neutral-color hitam dan putih yang mudah di-mix and match dengan berbagai variasi warna workout outfit-mu. Pilihan warna hitam hadir dalam model GBA900-1A sementara pilihan warna putih hadir dalam model GBA900-7A

Teknologi G-Shock GBA900: Pembaruan Fitness-Feature & Konektivitas

Review G-Shock GBA900 G-Shock Terbaru Rilis di Mei 2021
Image: G-Shock.

Dalam press release-nya, Casio menekankan kalau salah satu hal paling menjanjikan dari G-Shock GBA900 adalah bahwa seri ini dihadirkan dengan improvement mumpuni di faktor teknologi. Salah satunya, GBA900 dibekali automatic all-time bluetooth connectivity yang memungkinkan pengguna bisa mentransfer data & progress workout dengan cepat dengan perantara aplikasi G-Shock MOVE. 

Masih dari segi teknologi, GBA900 juga masuk dalam kategori fitness-watch-focused karena sudah dibekali built-in accelerometer. Semua aktivitas dan metrics workout-mu mulai dari langkah kaki, jarak lari, kecepatan lari, sampai workout progress bisa di-track dengan mudah. Fitness-watch ini juga dilengkapi fitur teknologi lain seperti 5 alarm-mode, shock dan water-resistance, waktu 48 kota besar di dunia, dan double LED light. 

Fungsi & Fitur G-Shock GBA900: ‘Paket Lengkap’ untuk Teman Olahragamu 

Review G-Shock GBA900 harga di Indonesia.
Image: G-Shock.

Next, saatnya kita membahas review G-Shock GBA900 dari segi fitur dan fungsi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, keluarga baru seri MOVE ini sangat layak disebut whole package fitness-focused watch karena sudah memiliki semua fungsi dasar yang dibutuhkan untuk aktivitas fitness-tracking. Ini dia beberapa fitur paling ‘menonjol’ dari jam tangan ini: 

  • Distance Measurements: Hadirnya accelerometer dan algoritma mumpuni memungkinkan GBA900 bisa mengukur jarak dengan akurasi tinggi. 
  • Running Measurements: Tidak hanya menghadirkan pengukuran stopwatch, GBA900 juga dibekali kemampuan mengukur kecepatan, pace lari, dan pembakaran kalori.  
  • Step Tracker: G-Shock GBA900 bisa langsung melakukan penghitungan langkah otomatis saat kamu mulai berjalan. Total langkah harian sampai target langkahmu bisa di-track oleh jam tangan ini.
  • Interval Timer: Fitur multi-timer yang bisa diatur sampai 5 mode pengaturan waktu yang berbeda. Smartphone akan langsung berbunyi saat waktu yang diset habis. 
  • Super Illuminator Double LED Light: Lampu LED dengan kecerahan tingkat tinggi dan high-intensity light memudahkan visibility bahkan di aktivitas olahraga malam hari.   

G-Shock GBA900 Harga: Affordable Cuma Rp1,8 Jutaan!

Di balik segala keunggulannya sebagai fitness-watch terbaru dari G-Shock, GBA900 harus diakui tetap memiliki kekurangan. Salah satu yang paling kentara, adalah jam ini belum dilengkapi blood-oxygen dan heart-rate sensor yang seharusnya menjadi salah satu fitur basic sebuah fitness-watch. Meski begitu, absennya fitur ini sangat bisa ‘dimaafkan’ mengingat G-Shock GBA900 dipasarkan dengan harga sangat terjangkau yakni sekitar $130 atau Rp1,8 jutaan aja. Harga tersebut dengan nama besar G-Shock dan ketangguhan yang dihadirkan, tentu layak menjadikan G-Shock GBA900 sebagai target buruan selanjutnya, kan? 

Yuk, cek spesifikasi lengkap G-Shock GBA900 di infografik ini! 

Review G-Shock GBA900 Indonesia terbaru 2021
Infographic: Ria Adiyati/ Machtwatch.
Categories: Casio