Nyawa Crown Chronograph Lahir Kembali Lewat Koleksi Seiko Presage

Nyawa Crown Chronograph Lahir Kembali Lewat Koleksi Seiko Presage

Dunia masih ingat betul bagaimana Seiko berkontribusi pada perkembangan industri jam tangan. Puncaknya adalah pada 1960-an. Seiko menciptakan jam quartz pertama di dunia pada 1969. Sebelumnya, brand itu juga merilis jam tangan dengan fungsi stopwatch pertama di Jepang pada 1964.

Jam tangan itu kemudian dikenal dengan sebutan Crown Chronograph. Movement-nya menggunakan Caliber 5719. Crown Chronograph dibuat untuk event olahraga internasional pertama yang digelar di Negeri Sakura pada 1964 silam. 

1964 Crown Chronograpgh. Dok: Seiko

Untuk memberi penghormatan pada jam milestone tersebut, lini Seiko Presage akan merilis model yang mengingatkan kita pada Crown Chronograph. Sesuai dengan tahun keluarnya Crown Chronograph, model baru ini akan dibatasi hanya 1964 pieces.

Seiko Presage 2020 Limited Edition hadir dalam tiga varian warna, yakni dial silver (SPB127J1), hitam (SPB131J1) dan forest green (SPB129J1). Semirip apa Seiko Presage ini dengan Crown Chronograph?

Seiko Presage 2020 Limited Edition SPB127J1. Dok: Seiko

Bisa dibilang sangat mirip. Seiko memang sengaja melahirkan kembali desain Crown Chronograph semirip mungkin dengan keluaran 1964. Mulai dari numeral Arab pada bezel yang sempit dan gradasi marker menit pada dial. Case-nya yang berbentuk miring ke dalam membuat jam tangan ini stabil di pergelangan tangan pengguna.

Seiko juga memastikan Presage 2020 Limited Edition ini mudah dibaca, baik pada siang maupun malam hari. Ya, terdapat Lumibrite pada indeks sehingga jam tetap bisa terbaca di tengah kegelapan. Lapisan non-reflektif pada permukaan dalam sapphire glass juga mendukung dial semakin mudah dibaca.

Pada caseback, Anda akan melihat ukiran bertuliskan Limited Edition dan serial number. Serial number ini membuktikan bahwa Seiko Presage 2020 Limited Edition memang benar terbatas dan bisa digunakan untuk mengecek orisinalitasnya.

Caseback Seiko Presage 2020 Limited Edition. Dok: Seiko

Meski desainnya sangat mirip dengan Crown Chronograph, ada yang berbeda pada Seiko Presage ini dibandingkan pendahulunya. Model ini tidak memiliki one-pusher dan tidak dilengkapi dengan fungsi stopwatch. Seiko Presage 2020 Limited Edition memang dibuat sebagai versi tiga jarum dari Seiko Chronograph SRQ031 yang rilis pada Oktober 2019 lalu. Versi Presage ini juga lebih tipis dibandingkan SRQ031.

Di dalam mesin Seiko Presage 2020 Limited Edition, terdapat Caliber 6R35 yang dikembangkan sendiri oleh Seiko. Power reserve pun telah diperbaiki dibandingkan model-model sebelumnya dengan caliber yang sejenis. Power reserve Seiko Presage ini tahan hingga 70 jam.

Seiko Presage 2020 Limited Edition. Dok: SPB129J1

Tentu Anda tak ingin melewatkan jam tangan berdesain klasik dengan movement canggih ini. Seiko Presage 2020 Limited Edition tersedia mulai Februari 2020. Tunggu kehadiarannya di Jamtangan.com ya!

Categories: Seiko