Sentuhan Gitar Merah Brian May di Seiko 5 Sports Terbaru

Sentuhan Gitar Merah Brian May di Seiko 5 Sports Terbaru

Demi menciptakan desain jam tangan yang fresh, Seiko punya banyak sumber inspirasi. Mulai dari model lawas yang di-remake, spektrum warna alam, hingga public figure. Kali ini Seiko terinspirasi dari gitaris legendaris band rock Queen, Brian Harold May. 

Lebih dari seorang gitaris, Brian May juga dikenal sebagai penggemar setia Seiko. Selama lebih dari 40 tahun, ia kerap terlihat memakai diver’s watch Seiko. Musisi berusia 72 tahun itu membeli jam Seiko saat pertama kali tur di Jepang pada 1970-an. Sejak saat itu, jam tangan itu selalu menemani Brian tur keliling dunia.

Selain jam tangan Seiko, Brian juga senantiasa ditemani sebuah gitar merah yang dinamai Red Special. Dengan gitar itulah ia menelurkan lagu-lagu Queen yang digemari sepanjang masa. Gitar Red Special milik Brian May menjadi inspirasi desain Seiko 5 Sports terbaru.

Seiko 5 SRPE83K1 Sports Brian May Limited Edition
Seiko 5 SRPE83K1 Sports Brian May Limited Edition. Dok: Seiko

Red Special sendiri punya sejarah yang menarik. Gitar itu dibuat oleh Brian dan ayahnya pada 1960-an. Semua dilakukan secara manual, dengan peralatan tangan. Leher gitar dibuat kayu fireplace yang saat itu sudah berusia 100 tahun. Tubuhnya terbuat dari blockboard dengan sisipan kayu ek kuno dan dilapisi dengan mahogani. Brian menambahkan sistem tremolo pada gitar istimewa itu.

Saking istimewanya, Red Special menemani Brian May di atas panggung dan di studio selama lebih dari setengah abad. Tak heran, gitar elektrik itu menjadi signature Brian. Kini sentuhan Red Special hadir dalam Seiko 5 SRPE83K1 Sports Brian May Limited Edition.

Brian Mey dengan gitar Red Special
Brian Mey dengan gitar Red Special. Dok: Shutterstock

“Saya turut senang melihat jam tangan ini terwujud dan bangga bahwa ciptaan saya dan ayah saya bertahun-tahun lalu telah menginspirasi kolaborasi ini. Saya mencintai Seiko dan ia telah menemani saya dengan baik untuk waktu yang lama. Saya akan memakai jam baru ini dengan rasa bangga,” ucap Brian, dikutip dari situs resmi Seiko.

Bagaimana penampilan jam tangan hasil kolaborasi ini?

Mengadopsi warna Red Special, tentu saja warna dominan dial Seiko 5 SRPE83K1 adalah merah dengan sedikit gradasi hitam. Aksen hitam yang membentang dari pukul 8:00 – 11:00, membentuk lengkungan badan gitar. Terdapat motif menyerupai tekstur kayu pada bagian merah dial. Red Special seperti benar-benar hadir dalam Seiko 5 SRPE83K1.

See-through case back pada Seiko 5 Sports x Brian May
See-through case back pada Seiko 5 Sports x Brian May. Dok: Seiko

Tak hanya cantik di luar, fitur jam tangan ini juga patut Anda pertimbangkan. Mesinnya menggunakan caliber 4R36 yang sudah lama diandalkan Seiko. Ketahanan air mencapai 10 bar atau kedalaman 100 meter. Case terbuat dari stainless steel dengan dial yang dilindungi hardlex crystal. Untuk strap dipilih material nylon, menyerupai strap pada gitar Red Special.

Seperti seri Seiko 5 lainnya, SRPE83K1 dilengkapi 24 permata di dalam automatic movement-nya. Anda bisa melihat kecantikan movement jam tangan ini lewat see-through case back. Jam tangan ini hadir dengan kotak yang dibuat menyerupai guitar case.

Kotak Seiko 5  SRPE83K1 Sports Brian May
Kotak Seiko 5 SRPE83K1 Sports Brian May. Dok: Seiko

Seiko 5 SRPE83K1 Sports Brian May dirilis secara terbatas sejumlah 9000 buah mulai Mei 2020. Tunggu kehadirannya di Jamtangan.com ya!

Categories: Seiko
Tags: seiko, Seiko 5