Homage vs Replika, Apa Bedanya?

Homage vs Replika, Apa Bedanya?

Homage vs replika, apa bedanya? seringkali pertanyaan ini keluar dari para penghobi jam tangan. Baik jam homage maupun replika keduanya sama-sama memakai desain jam tangan tertentu yang cukup laris dipasaran. Namun jam tangan homage lebih dihormati dikalangan penghoby dibandingkan replika. Jam tangan replika dianggap hanya sebuah replika atau secara kasar merupakan bentuk palsu dari jam tangan yang ditiru, kali ini Machtawatch akan membahas perbedaan keduanya.

b_1240565403578011140

Gambar 1. Parnis Marina Militare, salah satu jam tangan homage yang cukup berkualitas.

Istilah jam tangan homage sendiri sebenarnya lebih ditujukan untuk penghormatan terhadap desain jam tertentu yang populer. Jadi jam tangan homage sebenarnya merupakan tributte untuk jam tangan lain. Homage tidak hanya dibuat secara mikro, brand-brand besar pun kadang membuat jam tangan homage yang memakai desain jam tangan yang sudah populer. Kalangan penghoby jam tangan homage biasanya merakit sendiri jamnya, membeli part secara terpisah kemudian merakitnya menjadi jam tangan yang diinginkan.

Sedangkan jam replika merupakan jam tiruan dari versi aslinya. Jam replika biasanya dibuat oleh produsen yang memang spesialisasi membuat jam tangan tiruan. Jam replika biasanya juga dimiliki oleh para kolektor yang ingin jam tangan originalnya tetap aman. Jam replika juga mempunyai banyak kualitas pembuatan. Jam replika yang cukup mahal biasanya mampu meniru detail body jam aslinya dengan cukup halus. Namun tetap ada perbedaan dengan jam tangan aslinya.

swiss-eta-audemars-piguet-ap-top-quality-replica-watches-6998

Gambar 2. Salah satu replica Swiss watches, nyaris tidak ada bedanya dengan versi aslinya.

Dalam pembahasan homage vs replika ini, memang agak rancu jika kita melihat dari fisik jam tangan saja. Karena keduanya sama-sama meniru model jam lain yang populer. Tapi biasanya jam tangan homage tidak mentah-mentah meniru jam tangan aslinya, namun produsen pembuat jam homage menambahkan ciri khusus pada jam tangan homage nya agar tidak terlalu sama dengan versi aslinya.

Terdapat juga beberapa pembuat jam homage yang tidak mencantumkan merek pada jam homage nya, karena jika mencantumkan merek yang sama dengan versi aslinya, merupakan tindakan ilegal.  Sedangkan jam replika biasanya meniru mentah-mentah termasuk mencantumkan merek versi originalnya, semuanya dibuat sama. Oleh karena itu kedudukan jam tangan homage lebih terhormat daripada jam tangan replika.

Categories: Info & Tips
  • Nano Dianto

    Kalo yg tidak punya kartu kredit bayarnya gimana