Jaring Ikan Disulap Jadi Dial Oris x Bracenet Aquis Date, Dijamin Gak Ada yang Kembar!

Oris x Bracenet Aquis Date
Oris x Bracenet Aquis Date

Oris mengumumkan peluncuran jam tangan baru saat berlangsungnya Geneva Watch Days pada 29 Agustus – 2 September 2023 yaitu Oris X Bracenet Aquis Date. Jam tangan tersebut dihadirkan dalam dua ukuran case sebagai hasil kerja sama antara Oris dan Bracenet, sebuah perusahaan asal Jerman pembuat aksesori gelang dari limbah jaring ikan daur ulang. Oris X Bracenet Aquis Date merupakan diver’s watch dengan warna dial biru hijau mencolok yang dibuat dari ghost nets atau jaring ikan daur ulang. 

Oris X Bracenet Aquis Date
Oris X Bracenet Aquis Date

Baca juga : Sederet Oris Aquis Wajib Diburu Para Pecinta Jam Tangan Diver’s Swiss

Ghost nets merupakan jaring yang dibuang, terbengkalai, hilang, atau mengapung di laut selama bertahun-tahun dan keberadaannya bisa menjadi malapetaka bagi kehidupan bawah laut. Seperti apa tampilan dial unik dan spesifikasi Oris X Bracenet Aquis Date? Yuk, simak ulasan selengkapnya dari Minwatch di bawah ini!

Komitmen Oris untuk Mengurangi Emisi Karbon

Jaring yang mengganggu kehidupan bawah laut
Jaring yang mengganggu kehidupan bawah laut

Pencinta jam tangan sudah mengenal Oris sebagai watchmaker yang fokus dengan sustainability, terutama setelah meluncurkan kampanye “Change for the Better” pada tahun 2010 untuk membantu berbagai upaya konservasi. Dan di tahun 2021, Oris juga dianugerahi status netral iklim oleh organisasi independen ClimatePartner. Dan di tahun 2022 kemarin, Oris juga berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon hingga 10% per tahun selama tiga tahun. Dan di tahun 2023 ini, Oris membuktikan komitmennya dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan yang peduli lingkungan yaitu Bracenet untuk membuat jam tangan Oris X Bracenet Aquis Date.

Jam Tangan Kolaborasi Oris dan Bracenet 2023

Pendiri Bracenet Benjamin Wenke dan Madeleine von Hohenthal
Pendiri Bracenet Benjamin Wenke dan Madeleine von Hohenthal

Bracenet adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Benjamin Wenke dan Madeleine von Hohenthal pada tahun 2015. Saat diving di Tanzania pada tahun 2015, mereka menemukan banyak “ghost nets” atau jaring nelayan yang mengapung di lautan. Tragedi tersebut menginspirasi keduanya untuk melakukan daur ulang pada ghost nets dan mengubahnya menjadi aksesori yang indah yaitu gelang.

Perusahaan ini memiliki motto “Save the seas, wear a net!”. Oris yang selama ini dikenal sebagai brand yang peduli lingkungan pun tertarik untuk melakukan kerja sama. Hasil kolaborasi antara Oris dan Bracenet ini dapat dilihat dari tampilan dial Oris X Bracenet Aquis Date dengan warna biru-hijau yang terlihat menonjol. 

Dial unik pada Oris X Bracenet Aquis Date
Dial unik pada Oris X Bracenet Aquis Date

Untuk membuat dial jam tangan tersebut, Bracenet mengambil potongan jaring kecil berwarna hijau, biru, dan putih serta memanaskannya sampai meleleh menjadi pola kaleidoskopik. Setelah dingin dan menjadi lembaran yang keras, material tersebut dipotong sesuai ukuran, diratakan, dan diamplas hingga ketebalan 0,3 mm. Meskipun menggunakan material yang sama, tetapi motif dial yang dihasilkan dijamin tidak kembaran dan ini menjadi salah satu keunikan Oris X Bracenet Aquis Date

Baca juga : Tampilan Baru dengan Gradient Dial, Oris Aquis Date Calibre 400 & Aquis Small Second Date Semakin Stylish!

Organisasi seperti Ghost Diving, Healthy Seas, dan Nofir pun diketahui memasok jaring ke Bracenet. Mereka melakukannya dengan mengambil jaring ghost dari dasar laut, kapal karam, atau dengan mengambil sumber jaring ikan yang sudah habis masa pakainya langsung dari tempat perikanan.

Dua Ukuran Case Oris X Bracenet Aquis Date

Oris X Bracenet Aquis Date tersedia dalam dua ukuran
Oris X Bracenet Aquis Date tersedia dalam dua ukuran

Oris X Bracenet Aquis Date dihadirkan dalam dua ukuran case berbeda. Pertama berdiameter 43,5 mm yaitu ref. 733 7730 4137 07 8 24 05PEB dan kedua 36,5 mm yaitu ref. 733 7770 4137 07 8 18 05P. Jam tangan dengan ukuran 36,5 tersebut bisa dipakai oleh wanita atau pria yang memiliki pergelangan tangan kecil.

Kedua versi Oris X Bracenet Aquis Date dibuat dari stainless steel case, memiliki ketahanan air hingga 300 meter dan menggunakan domed sapphire crystal dengan lapisan AR. Jam tangan tersebut juga dilengkapi unidirectional rotating bezel dan stainless steel bracelet dengan folding clasp. Pada versi 43,5 mm, bracelet-nya dilengkapi diving extension. 

Movement Oriz X Bracenet Aquis Date

Movement yang digunakan pada Oris X Bracenet Aquis Date
Movement yang digunakan pada Oris X Bracenet Aquis Date

Baca juga : Oris Aquis Hölstein Edition 2023 dengan Dial Ungu Menawan

Oris X Bracenet Aquis Date dibekali automatic movement Oris caliber 733 dengan base Sellita caliber SW200-1 dan memiliki power reserve 38 jam. Pada stainless steel caseback yang transparan, kamu bisa melihat movement yang digunakan pada jam tangan dan rotor berwarna merah. Date window ditempatkan pada pukul 6 dan bersifat quickset. Movement ini juga mendukung hack second hand dan hand winding. Selain itu, jarum dan indeks pada dial diisi Super-LumiNova yang membuat jam tangan bisa jelas terlihat pada kondisi gelap.

Oris X Bracenet Aquis Date bercahaya saat gelap
Oris X Bracenet Aquis Date bercahaya saat gelap

Kerja sama Oris dan Bracenet untuk membuat dial dari bahan daur ulang jaring yang mencemari perairan memperlihatkan komitmen Oris terhadap pelestarian laut dalam bentuk produksi jam tangan diver. Oris X Bracenet Aquis Date mulai tersedia pada September 2023. Semoga saja, jam tangan tersebut bisa ready di Jamtangan.com ya. So, tunggu saja kehadirannya dan pantau terus media sosial Jamtangan.com. Dapatkan juga jam tangan Oris lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
tissot prx

Tissot Rilis PRX Versi Digital, Sport Steel Watch dengan Integrated Bracelet

Next Article
Seiko Alpinist GMT

Dua Seiko Alpinist GMT Segera Hadir, Seiko Lovers Wajib Nyimak!

Related Posts
Total
0
Share