Dua Seiko Alpinist GMT Segera Hadir, Seiko Lovers Wajib Nyimak!

Seiko Alpinist GMT
Seiko Alpinist GMT

Beberapa hari terakhir Minwatch melihat banyak Seiko lovers membahas kedua jam tangan Seiko Alpinist GMT ini di berbagai forum dunia maya. Akhirnya Seiko merilis secara global Alpinist GMT ini. Keduanya bukanlah GMT pertama di jajaran Alpinist. Namun, model ini merupakan Alpinist GMT mechanical automatic pertama yang diciptakan oleh Seiko. Keduanya ialah Prospex SPB377 dan SPB379. Kedua model Alpinist ini banyak menjadi pembicaraan oleh penggemar Seiko seluruh dunia. Mari simak pembahasan Minwatch tentang kedua jam tangan.

Seiko Prospex Alpinist GMT
Seiko Prospex Alpinist GMT


Minwatch sangat antusias dengan rilisan Seiko kali ini. Meskipun Seiko telah merilis Seiko Prospex Diver’s GMT versi solar dan automatic, namun Minwatch pikir, fitur GMT lebih pas dibenamkan di jam tangan outdoor seperti Alpinist. 

Baca juga : Review Seiko Baby Marinemaster GMT dengan Power Reserve 3 Hari

Koleksi Alpinist merupakan koleksi yang memiliki jiwa penjelajahan, perjalanan, dan petualangan. Oleh karena itu, sangat tepat jika fitur GMT yang identik dengan perjalanan dibenamkan di dalam Alpinist. Kali ini Seiko mendesain kedua jam tangan ini dengan rapi dan proporsional sehingga jam tangan tampak sangat outstanding.

Kilas Balik Seiko Alpinist GMT

Seiko Alpinist GMT rilisan 2003 SBCJ019 dan SBCJ021
Seiko Alpinist GMT rilisan 2003 SBCJ021 dan SBCJ019

Seperti diketahui, Alpinist versi GMT pertama yang rilis pada tahun 2003 cukup melegenda. Karena menggabungkan quartz movement, fitur GMT, perpetual calendar serta titanium case. Selain itu, tampilannya juga unik karena menempatkan skala 24 jam di sela-sela indeks marker 12 jam utama. Saat itu Seiko memproduksi tiga model reguler  yaitu SBCJ019, SBCJ021 dan SBCJ03. Serta versi edisi terbatas SSASS 500 pcs yang sangat langka dan menjadi incaran kolektor.

Seiko Prospex Alpinist SPB379
Seiko Prospex Alpinist SPB377
Seiko Prospex Alpinist SPB377
Seiko Prospex Alpinist SPB379


Lalu 20 tahun kemudian tepatnya di tahun ini (2023) Seiko kembali menghadirkan Alpinist GMT dengan desain yang fresh. Kali ini, desainer Seiko memutuskan untuk mengintegrasikan komplikasi GMT secara berbeda. Mari kita ulas dari sisi desain.

Integrasi GMT dengan Desain Menawan Pada Seiko Alpinist GMT

Jarum katedral masih dipertahankan
Jarum katedral masih dipertahankan

Baca juga : Seiko Presage 60’s Style GMT Dress Watch Elegan Tiba di Jamtangan.com

Seiko Prospex Alpinist SPB377 menggunakan dial biru dan leather strap biru, sedangkan Alpinist SPB379 menggunakan dial hitam dan leather strap hitam. Kedua model memiliki diameter 39,5 mm, memakai kaca safir dan memiliki ketahanan air 20 bar (sekitar 200 meter). Dial pada kedua koleksi ini menampilkan angka Arab pada angka 3, 6, 9, dan 12. Selain itu, yang fresh ialah skala 24 jam diintegrasikan ke dalam bezel eksternal stainless steel. Kombinasi tersebut menghasilkan jam tangan petualangan yang sangat keren!

Seiko Prospex Alpinist GMT SPB377 terlihat mewah 
SPB377 terlihat mewah 

Dengan integrasi elemen desain yang Minwatch sampaikan di atas, SPB377 dan SPB379 menghadirkan tampilan jam tangan GMT yang sangat proporsional namun kesan tool’s watch masih terasa karena menggunakan brushed finish pada bezel dan hairline finish pada bagian atas lug, sedangkan pada bagian samping case menggunakan polished finish. Kita bisa melihat jarum jam dan menit bergaya katedral khas Alpinist diintegrasikan secara sempurna dengan jarum jam GMT dengan ujung panah merah yang sudah dilengkapi LumiBrite. Jarum jam GMT menunjuk skala 24 jam pada stainless steel bezel.

Seiko Prospex Alpinist GMT SPB379
Seiko Prospex Alpinist GMT SPB379


Pada SPB379 yang memakai dial dan strap kulit hitam, kombinasi ini menciptakan kesan elegan sekaligus klasik. Pada versi dial biru, yaitu SPB377, kesan yang Minwatch lihat ialah kesan kemewahan dan semarak. Hal ini karena dial birunya memiliki efek sunburst yang cantik Jika tidak, versi ini sangat sejalan dengan SPB379 hitam. Pada kedua koleksi ini, kedua model diberi leather strap sewarna dengan dial. Strap tersebut dilengkapi single deployant clasp dengan push button.

Seiko Prospex Alpinst GMT SPB379 terlihat elegan
SPB379 terlihat elegan

Seiko juga masih mempertahankan skala kompas pada inner ring yang dapat diputar dengan cara mengoperasikan crown kedua di posisi jam 4. Sedangkan jendela tanggal ada di antara jam 4 dan 5 tanpa kaca pembesar dan memakai latar belakang sewarna dengan dial sehingga menciptakan kesan simetris pada keseluruhan dial.

Movement Office GMT dengan Power Reserve 3 Hari

Seiko In-house movement caliber 6R54
Seiko In-house movement caliber 6R54

Baca juga : 3 Seiko GMT Terbaru 2023 yang Pas Buat Traveling Ke Luar Negeri

Kedua jam tangan ini dibekali Seiko automatic movement caliber 6R54. Movement ini merupakan movement baru Seiko yang pertama kali dibenamkan pada koleksi Baby Marinemaster GMT. Movement ini berdetak 21.600 beat per jam dan memiliki cadangan daya selama 72 jam atau 3 hari. Caliber 6R54 merupakan jenis office GMT sehingga, memiliki kapasitas untuk mengatur jarum jam GMT secara independen. Fitur ini membantu kamu mengetahui zona waktu kedua di negara lain dan berguna jika kamu mempunyai janji meeting dengan kolega di luar negri.

Lume pada Seiko Prospex Alpinsit GMT
Lume pada Seiko Alpinsit GMT

Kedua koleksi ini merupakan koleksi yang dinantikan para penggemar jam tangan Seiko seluruh dunia. Minwatch prediksi kedua koleksi ini akan langsung meledak di pasaran. Info yang Minwatch dapat, jam tangan ini akan tersedia secara global pada Oktober 2023 mendatang. Untuk ketersediaan di Indonesia dan Jamtangan.com tunggu tanggal mainnya. Yuk sambil nungguin tanggal rilisnya, kamu bisa cek koleksi Seiko Prospex Alpinist lainnya di Jamtangan.com. Pantau terus sosial media Jamtangan.com biar kamu tetap update dengan beritanya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Oris x Bracenet Aquis Date

Jaring Ikan Disulap Jadi Dial Oris x Bracenet Aquis Date, Dijamin Gak Ada yang Kembar!

Next Article
jam tangan casio chronograph

10 Casio Chronograph untuk Pria Gagah, Ada yang Under Sejuta!

Related Posts
Total
0
Share