Inilah Ketangguhan G-Shock GW-3000B Gravitymaster, Pilot’s Watch Anti Gravitasi dengan Tough Solar

G-Shock GW-3000B Gravitymaster

G-Shock GW-3000B pertama kali dirilis pada tahun 2010 dan masuk dalam jajaran Gravitymaster. Casio mengembangkan lini Gravitymaster sebagai respons untuk memenuhi kebutuhan pilot atau penerbang yang ingin memakai jam tangan akurat, tangguh, dan praktis. Kehadiran jam tangan analog GW-3000B Gravitymaster ini pun mendapat sambutan hangat. Hal ini karena GW-3000B dapat diandalkan, dibuat dengan struktur case kokoh, telah dibekali fitur Tough Solar, dan memiliki ketahanan gravitasi sentrifugal yang baik.

G-Shock Gravitymaster GW-3000B
G-Shock Gravitymaster GW-3000B

Nah di kesempatan kali ini, Minwatch akan mengulas secara lebih lengkap tentang G-Shock Gravitymaster GW-3000B. So, kalau kamu sedang mencari jam tangan tangguh, praktis, dan akurat, baca terus artikel di bawah ini sampai tuntas ya!

Struktur Case yang Kokoh dan Chunky pada GW-3000B

Struktur case GW-3000B yang kokoh
Struktur case GW-3000B yang kokoh

G-Shock GW-3000B dibuat dari case resin berdiameter 49,8 mm, ketebalan 15,5 mm, menggunakan stainless steel bezel, dan memiliki ketahanan air hingga 200 meter. Penggunaan resin case membuat jam tangan ini memiliki bobot ringan yaitu 74 gram saja. Mengingat ukuran case yang relatif besar, jam tangan ini pun terlihat chunky saat dipakai di pergelangan tangan kecil. GW-3000 juga didesain dengan struktur tahan goncangan dan case dibuat berongga untuk melindungi modul dari guncangan eksternal. 

Bezel dengan struktur unik serta bantalan di dalam modul juga digunakan sebagai pelindung modul saat jam tangan terkena guncangan atau terjatuh. Sedangkan penggunaan mineral crystal berbentuk kubah dengan black IP pada GW-3000B membuat jam tangan lebih mudah dibaca dan memberi efek dial terlihat lebih besar.

Ketahanan Gravitasi Sentrifugal hingga 12G pada G-Shock GW-3000B

GW-3000B yang kokoh
GW-3000B lulus uji ketahanan gravitasi sentrifugal

Hal yang menarik dari GW-3000B adalah jam tangan ini telah lolos tes ketahanan gravitasi sentrifugal. Sebagai informasi, jarum jam yang bergerak di lingkungan gravitasi sentrifugal kuat cenderung berputar-putar karena terasa berat untuk bergerak dan ini dapat menyebabkan kerusakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Casio pun mencari solusi dengan menghitung keseimbangan berat masing-masing jarum secara presisi dan mengaturnya secara optimal. 

Hasilnya, gerakan jarum menjadi stabil, bahkan saat berada di lingkungan dengan tarikan gravitasi sentrifugal yang kuat. Jadi, tidak mengherankan kalau G-Shock GW-3000B cocok dipakai oleh pilot atau penerbang yang membutuhkan jam tangan dengan kemampuan bisa menahan gravitasi sentrifugal hingga 12G. 

Dial pada G-Shock GW-3000B

Dial G-Shock GW-3000B
Dial G-Shock GW-3000B

G-Shock GW-3000B memiliki tiga subdial dengan indikator jam/menit pada posisi pukul 3, sedangkan indikator 24-jam ada pada posisi pukul 6. Pada pukul 9 juga terdapat indikator retrograde yang letaknya lebih rendah dengan 1/100 detik stopwatch hingga 24 menit. Subdial pada posisi pukul 9 juga menunjukan hari dalam seminggu dan pada posisi pukul 4.30 terdapat date window dengan background hitam dan angka berwarna putih.

GW-3000B bersinar terang pada kondisi gelap
GW-3000B bersinar terang pada kondisi gelap

Pemilihan background hitam pada dial, teks berwarna putih, serta indeks dan jarum berwarna oranye membuat tampilan jam tangan terlihat kontras. Indeks dan jarum GW-3000B juga diisi Superluminova agar jam tangan mudah dibaca lebih lama dan lebih terang pada kondisi gelap. Sayangnya, GW-3000B tidak memiliki fungsi countdown dan LED illumination, tetapi kamu masih bisa mengandalkan lume yang diterapkan pada indeks dan jarum.

Fitur Tough Solar pada G-Shock GW-3000B

Fitur Tough Solar pada GW-3000B
Fitur Tough Solar pada GW-3000B

G-Shock GW-3000B dibekali dengan berbagai fitur, mulai dari world time 29 kota di dunia dengan fungsi pengaturan summer time + UTC yang ditampilkan pada outer ring. Selain itu juga terdapat fitur stopwatch, daily alarm, dan kalender otomatis. Jam tangan ini menggunakan quartz movement dan dibekali Tough Solar dengan power reserve hingga 5 bulan walaupun tanpa terpapar cahaya.

Strap pada GW-3000B
Strap pada GW-3000B

Saat daya terisi penuh, GW-3000B dapat bertahan selama hampir dua tahun dan display dial akan mati secara otomatis untuk menghemat daya pada kondisi gelap. Selain itu, GW-3000B juga mampu melakukan kalibrasi dengan jam atom melalui gelombang radio di lima negara (Jepang, Cina, jerman, Amerika Utara, dan Inggris).

Penggunaan material case yang ringan, kemampuan untuk menahan gravitasi sentrifugal, dan fitur Tough Solar membuat G-Shock Gravitymaster GW-3000B cocok dipakai oleh pilot, penerbang, dan watch enthusiast yang ingin memakai jam tangan kokoh, presisi, dan tangguh. Tertarik untuk mengoleksinya? Segera dapatkan jam tangan GW-3000B hanya di Jamtangan.com. Kamu juga bisa menemukan jam tangan Casio lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
timex giorgio galli 2 automatic

Giorgio Galli 2 Automatic: Swiss-Made Pertama Timex dalam 4 Dekade

Next Article
jam tangan pilot automatic

Deretan 7 Jam Tangan Pilot Automatic Mulai dari 2 Jutaan

Related Posts
Total
0
Share