Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E

Tangguhnya Citizen Promaster Diver NB6004-08E, “Orca Whale” dari Super Titanium

Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E
Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E. Sumber: Watchtime

Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E merupakan diver’s watch dari Citizen yang memulai debutnya pada 2021 lalu. Sesuai namanya, jam tangan ini dirancang menggunakan material Super Titanium pada case dan bezel-nya. NB6004-08E jadi diver’s watch yang dapat diandalkan berkat konstruksinya yang kokoh, punya desain ergonomis, dan spesifikasi yang tangguh di bawah air. 

Seperti apa detailnya? Yuk, simak review Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E selengkapnya berikut ini! 

Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E, Evolusi Dive Watch dari Citizen yang Tangguh

Citizen merupakan watchmaker asal Jepang pertama yang merilis jam tangan waterproof pada 1959. Lalu Citizen memulai debut diver’s watch pertamanya dalam lini Aqualand pada 1980-an, yang menjadi jam tangan dengan pengukur kedalaman digital pertama di dunia.

Kemudian di tahun 2021, Citizen melanjutkan evolusi diver’s watch-nya dengan memperkenalkan Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E. Jam tangan ini dirancang dengan material Super-Titanium seperti model Professional Diver 1300 m rilisan awal tahun 1980-an yang ikonis pada masanya. Namun, NB6004-08E hadir dengan desain yang lebih fresh, modern, dan punya sejumlah peningkatan.

Hadir dengan Material Super Titanium yang Ringan

Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E
Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E. Sumber: watchesbysjx

Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E memiliki case berdiameter 46 mm dan ketebalan 15,3 mm yang terintegrasi dengan urethane strap berwarna hitam. Saat melihat desainnya yang chunky, kamu mungkin mengira bebannya akan berat, namun jam tangan ini terbuat dari material Super-Titanium.

Super-Titanium merupakan material yang dikembangkan Citizen yang mempunyai kekerasan sekitar 1000 vickers, dan diklaim 6x lebih keras dari titanium biasa atau stainless steel. Sehingga, tak hanya lebih ringan saat digunakan tetapi juga material ini dapat melindungi jam tangan dari goresan sehari-hari. 

Kemudian, penggunaan Super Titanium ini diterapkan menggunakan teknologi pengerasan permukaan yang disebut Duratech, yang membuat jam tangan lebih kuat, tahan korosi, serta bersifat hipoalergenik. Sehingga, jam tangan ini akan lebih nyaman digunakan di pergelangan tangan terutama saat menyelam karena ukurannya yang ringan dan tidak akan menimbulkan rasa gatal. 

Sementara strap-nya menggunakan urethane strap berwarna hitam dengan buckle berukuran besar sehingga lebih kuat ‘memeluk’ pergelangan tangan 

Punya Bezel dengan Pola Trapezoid

Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E
Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E. Sumber: Watchtime

NB6004-08E memiliki case-nya yang unik dengan tampilan industrial yang kokoh. Adapun bagian bezel yang jadi highlight jam tangan ini karena memiliki pola piramida yang berundak berwarna abu-abu hitam yang stylish. Bezel-nya didesain dengan pola trapezoid atau trapesium yang bertekstur yang dapat diputar searah. Hal tersebut mempermudah penyelam untuk memutar bezel dan melacak waktu di bawah air dengan akurat.

Sementara dial-nya memiliki warna dan pola yang senada dengan bezel-nya. Terdapat pula date window dan crown pada posisi pukul 3. Lalu dial-nya dilindungi oleh kristal safir cembung dengan lapisan anti-reflektif yang membuat jam tangan ini lebih mudah dibaca serta memberikan tampilan dial yang lebih besar.

NB6004-08E dilengkapi lume untuk visibilitas di bawah air
Dilengkapi lume untuk visibilitas di bawah air. Sumber: Watchtime

Sebagai dive watch, NB6004-08E sudah sudah sesuai dengan standar ISO 6425 yang ditandai dengan penggunaan label “Diver’s 200M” pada dial, tidak memakai kata water resistant. Untuk menambah visibilitas saat menyelam, tangan ini dilengkapi lapisan lume pada hands dan indeksnya. 

Movement Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E

Bagian caseback Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E 
Bagian caseback Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E 

Jam tangan ini digerakan oleh automatic movement Caliber 9051 yang berdetak dengan frekuensi 28.800 vph, memiliki 24 jewel, cadangan daya hingga 42 jam, serta memiliki akurasi sekitar -10 hingga +20 detik per hari. Selain itu, movement ini dirancang menggunakan bahan anti-magnetik untuk balance spring dan komponen di sekitarnya, yang sudah berstandar ISO 764 dan tahan terhadap medan magnet hingga 4.800 A/m. 

Dapatkan Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E di Jamtangan.com!

Itulah ulasan seputar Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E, diver’s watch tangguh dari Citizen yang hadir dengan material Super Titanium yang ringan. Tertarik untuk mengoleksinya? Kamu bisa dapatkan Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E di Jamtangan.com dengan harga Rp13,2 jutaan.

Untuk kamu mendambakan dive watch yang kuat, desain yang gagah, dan ringan saat digunakan terutama saat menyelam, NB6004-08E layak untuk dipertimbangkan. Angkut langsung di Jamtangan.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan pilot automatic

Deretan 7 Jam Tangan Pilot Automatic Mulai dari 2 Jutaan

Next Article
jam tangan analog digital

Berani Petakilan Pakai 7 Jam Tangan Analog Digital Outdoor Ini

Related Posts
Total
0
Share