20 Smartwatch Terbaik 2021 (Harga & Fitur)

20 Smartwatch Terbaik 2021 (Harga & Fitur)

Kaya akan teknologi dan bisa mempermudah kehidupan sehari-hari, membuat smartwatch menjadi salah satu wearable device paling dicari. Masalahnya, dengan semakin banyaknya pilihan di pasaran, menemukan smartwatch terbaik bisa menjadi tantangan tersendiri. Kalau kamu berencana membeli smartwatch tapi masih maju mundur karena takut salah pilih padahal sudah membayar mahal, yuk coba pertimbangkan rekomendasi smartwatch terbaik 2021 dari Jamtangan.com ini. Kami sudah menyiapkan rangkuman fitur unggulan, kelemahan, hingga harga, kamu tinggal pilih dan tentukan sendiri sesuai budget dan preferensi! 

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2021 Paling Banyak Dicari 

Di antara banyaknya model dan seri smartwatch di pasaran, ada beberapa yang paling populer dan banyak dipilih orang di tahun 2021. Kalau kamu termasuk tipe orang yang suka memakai produk yang sudah mendapat kepercayaan banyak orang, bisa banget mempertimbangkan beberapa smartwatch berikut ini:

1. Apple Watch Series 6

Gambar Apple Watch Series 6 warna biru
Apple Watch Series 6 warna biru jadi salah satu smartwatch terbaik 2021.

What’s Best from the Watch:

  • Health-tracker lengkap (Sp02 sampai ECG)
  • Pilihan warna case yang colorful 
  • Faster charging 
  • Swim-proof 
  • Always-on display 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Hanya kompatibel untuk iOS
  • Akan segera rilis Series 7

Rekomendasi smartwatch terbaik 2021 yang pertama sekaligus paling diburu tahun ini adalah Apple Watch Series 6. Sebagai seri Apple Watch paling baru (Series 7 baru akan rilis tanggal 15 Oktober 2021), Apple Watch Series 6 punya semua hal yang dibutuhkan dari sebuah smartwatch. Dari segi health tracker misalnya, series 6 adalah Apple Watch pertama yang dibekali aplikasi electrocardiogram (ECG) dan pengukur oksigen dalam darah (Sp02). Dengan sistem operasi WatchOS7, smartwatch ini juga sudah dibekali fitur sleep tracker. 

Selain dari fitur kesehatan, alasan lain Apple Watch Series 6 jadi salah satu smartwatch terbaik 2021 adalah karena teknologinya juga mengalami improvement. Jam ini sudah dibekali kemampuan fast-charging sehingga bisa terisi penuh hanya dalam waktu 90 menit. Buatmu yang suka tampil stylish, Apple Watch Series 6 juga punya pilihan warna paling beragam dibanding seri-seri terdahulu. Hanya saja, dengan segera hadirnya Series 7, smartwatch ini mungkin akan perlahan ‘terlupakan’ buat mereka yang selalu up to date dengan rilisan teranyar.

2. Samsung Galaxy Watch 4 

Ilustrasi gambar Samsung Galaxy Watch 4
Samsung Galaxy Watch 4 jadi salah satu smartwatch terpopuler 2021. 

What’s Best from the Watch:

  • Desain slim dan compact 
  • Bisa digunakan untuk semua OS Android
  • 3-in-1 health sensor 
  • Di-improve dengan software Wear OS

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Daya tahan baterai kurang konsisten 

Bukan pengguna iOS tapi juga ingin memiliki smartwatch yang tak kalah canggih? Jatuhkan saja pilihanmu pada rekomendasi smartwatch terbaik 2021 selanjutnya yakni Samsung Galaxy Watch 4. Smartwatch ini sudah dilengkapi 3-in-1 health sensor, sehingga bisa memiliki fitur pengukur detak jantung, ECG, hingga bisa membaca body composition. Dari segi teknologi, smartwatch ini juga sudah mengalami improvement karena menjadi Samsung Galaxy Watch pertama yang dirancang menggunakan software Wear OS 3. 

Keunggulan lain tentu karena sifatnya yang lebih universal, karena bisa dihubungkan pada semua perangkat smaprtphone Android (tidak harus Samsung). Meski begitu, perlu diingat bahwa beberapa fitur tetap bersifat eksklusif dan hanya bisa digunakan oleh pengguna smartphone Samsung. Tapi, jika kamu memutuskan membeli Samsung Galaxy Watch 4, bersiap-siaplah untuk sering melakukan charging karena daya tahan baterainya banyak dikeluhkan kurang konsisten. 

3. Fitbit Sense 

Fitbit Sense banyak dipuji sebagai smartwatch terbaik dari brand ini. 

What’s Best from the Watch:

  • Kompatibel untuk iOS & Android
  • Daya tahan baterai kuat
  • Desain atraktif & compact
  • Health feature yang komprehensif

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Exercise mode terbatas 

Berbicara tentang smartwatch terbaik 2021 dari segi health dan fitness tracker, kita tidak boleh melupakan brand Fitbit. Dan di antara beberapa lini Fitbit, seri Sense bisa dibilang menjadi salah satu yang paling recommended. Tidak hanya dilengkapi ECG sensor atau fitur pengukur kadar oksigen dalam darah (Sp02), Fitbit Sense bahkan sudah punya fitur-fitur kesehatan yang advance dan jarang dimiliki smartwatch ‘sembarangan’ seperti pengukur temperatur kulit dan electrodermal activity. 

Asyiknya lagi, berbeda dari dua rekomendasi sebelumnya, Fitbit Sense bisa kompatibel dipasangkan pada smartphone berbasis iOS maupun Android. Menggunakan smartwatch ini untuk beraktivitas juga tak mengkhawatirkan, karena sudah dibekali daya tahan baterai sangat panjang yakni mencapai 6 hari. Tapi, jika dibandingkan beberapa smartwatch lain yang bisa dilengkapi hingga 80 exercise mode, Fitbit Sense hanya memiliki 20 mode olahraga yang berbeda. 

4. Apple Watch SE

Tampilan Apple Watch SE warna orange
Apple Watch SE menawarkan keunggulan harga lebih affordable. 

What’s Best from the Watch:

  • Harga Lebih Terjangkau 
  • Fitur Mirip Apple Watch Series 6 
  • Layar Lebar 
  • Desain everlasting 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Belum Dilengkapi Sensor ECG & Sp02
  • Belum Dilengkapi Always-On Display 

Apple Watch SE bisa dibilang merupakan versi lebih ‘affordable’ dari Apple Watch Series 6. Smartwatch ini dirilis sebagai versi hybrid dari Series 5, yang kini sudah discontinued. Dari segi teknologi, Apple Watch SE sebenarnya dibekali kemampuan sangat mirip dengan Series 6, hanya saja dikurangi beberapa fitur unggulan. 

Kalau kamu bingung memilih antara Apple Watch SE dan Series 6, maka tanyakan pada dirimu. Apakah kamu membutuhkan always-on-display, sensor ECG, dan sensor oksigen dalam darah (Sp02)? Jika tidak, maka Apple Watch SE sudah sangat cukup untuk dipilih. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, Apple Watch SE juga punya daya tahan baterai lebih kuat dibandingkan Series 6. 

5. Fitbit Versa 3

Tampilan Fitbit Versa 3 warna hitam
Fitbit Versa 3 sering disebut alternatif terbaik dari Apple Watch.

What’s Best from the Watch:

  • Daya Tahan Baterai Panjang 
  • Custom Training Programs
  • Fitur Sleep Analysis Terbaik
  • Kompatibel pada iOS maupun Android
  • Harga Lebih Terjangkau Dibanding Fitbit Sense

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Hanya Bisa Menggunakan 1 Voice Assistant 

Rekomendasi smartwatch terbaik 2021 selanjutnya sering disebut sebagai ‘alternatif terbaik’ dari Apple Watch. Yes, apalagi kalau bukan Fitbit Versa 3. Kalau Apple Watch punya seri SE sebagai versi affordable dari Series 6, maka Fitbit Versa 3 merupakan versi lebih terjangkau dari Fitbit Sense. Masih sama seperti Fitbit Sense, Versa 3 punya daya tahan baterai sangat kuat hingga 6 hari serta kompatibel dipasangkan pada smartphone Android maupun iOS. Namun, Fitbit Sense punya kemampuan lebih baik dari segi sleep analysis. So, buat kamu yang membutuhkan smartwatch untuk memantau kualitas tidur, sangat disarankan memilih Fitbit Versa 3. 

Teknologinya juga terbilang advance, karena sudah di-upgrade dengan on-board GPS. Bahkan ketika kamu meninggalkan smartphone di rumah, Fitbit Versa 3 tetap bisa memantau lokasimu. Fitbit Versa 3 juga sudah bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan memungkinkanmu berbicara pada voice assistant, walaupun hanya terbatas satu voice assistant pada satu waktu. 

6. Suunto 9 Baro Titanium 

Suunto 9 Baro Titanium warna hitam
Suunto 9 Baro Titanium cocok dipilih atlet dan penggemar olahraga. 

What’s Best from the Watch:

  • 7 Hari GPS Tracking 
  • 80 Sport Mode
  • Daya Tahan Baterai Mencapai 7 Hari 
  • Material Titanium yang Ringan

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Harga Cukup Tinggi 

Suunto 9 Baro Titanium bisa jadi merupakan salah satu yang termahal di daftar rekomendasi smartwatch terbaik 2021 ini. Bahkan, harganya jauh lebih mahal dibandingkan the popular Apple Watch Series 6. Tapi, kalau kamu benar-benar membutuhkan smartwatch untuk olahraga, harga yang dibayar akan sangat setimpal. Suunto 9 Baro Titanium memang sangat direkomendasikan untuk atlet dan penggiat olahraga, karena health feature-nya yang lengkap. 

Salah satu keunggulan paling menonjol, adalah fitur GPS tracking yang bisa digunakan hingga 7 hari berturut-turut, sehingga cocok digunakan saat beraktivitas outdoor. Daya tahan baterai Suunto 9 Baro Titanium juga bisa mencapai 7 hari, serta memiliki hingga 80 sports mode. Artinya, smartwatch ini bisa diset menyesuaikan lebih dari 80 jenis exercise (mulai dari lari, bersepeda, berenang, dll). Dibandingkan smartwatch lain yang umumnya hanya dibekali water resistant 50 meter, Suunto 9 Baro Titanium punya water resistant hingga 100 meter. 

7. Samsung Galaxy Watch Active 2 

Orang memakai Samsung Galaxy Watch Active 2 di pergelangan tangan
Samsung Galaxy Watch Active 2 adalah salah satu smartwatch Android terbaik. 

What’s Best from the Watch:

  • Super AMOLED Touch Screen
  • Harga Terjangkau 
  • Desain Compact 
  • Offline Spotify Storage 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Mode Olahraga Terbatas
  • Hanya Kompatibel pada Android

Dari segi waktu perilisan, Samsung Galaxy Watch Active  2 yang dirilis tahun 2019 memang mungkin terlihat kurang ‘up to date’. Tapi nyatanya, banyak orang masih mencari jam ini membuktikan bahwa Galaxy Watch Active 2 layak masuk daftar rekomendasi smartwatch terbaik 2021. Untuk harga yang sangat terjangkau dibandingkan seri-seri Samsung Watch generasi sesudahnya, smartwatch ini sudah dilengkapi modern feature yang cukup komplet mulai dari sensor ECG sampai  fall detection. Samsung Galaxy Watch Active 2 juga sudah bisa digunakan untuk menerima pesan, panggilan, notifikasi, hingga menawarkan Spotify Support.

8. Amazfit Bip S 

Foto editorial Amazfit Bip S
Amazfit Bip S adalah smartwatch dengan harga sangat terjangkau. 

What’s Best from the Watch:

  • Harga Terjangkau 
  • Kompatibel untuk iOS & Android
  • Built-in GPS Tracking 
  • Health Feature Komplet 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Case Material Plastik
  • Layar Kurang Responsif 

Kalau pertimbangan utamamu memilih smartwatch adalah masalah harga, maka bisa banget melirik Amazfit Bip S. Sampai saat ini, Bip S masih menjadi salah satu smartwatch terbaik 2021 paling populer, mengingat harganya berkisar di angka Rp900 ribuan saja. Dengan harga yang sangat affordable, semua kebutuhan basic smartwatch sudah bisa ditemukan. Mulai dari heart rate sensor, always-on display, sampai built-in GPS tracking. Dengan kelengkapan fitur serupa, brand smartwatch lain bisa membanderol harga jauh lebih tinggi. 

Tapi, kamu yang ingin memiliki Amazfit Bip S harus siap ‘merelakan’ unsur estetika, karena smartwatch ini dirancang dengan plastic case yang tentu kurang appealing jika dibandingkan dengan smartwatch pada umumnya. Selain itu, kecerahan dan responsivitas layarnya juga masih perlu dikembangkan. Namun, dengan harganya yang sangat terjangkau, kelemahan-kelemahan tersebut masih bisa dimaklumi dan tertutupi oleh keunggulannya. 

9. Garmin Venu SQ 

Foto editorial Garmin Venu SQ
Garmin Venu SQ hadir dalam banyak variasi pilihan warna. 

What’s Best from the Watch:

  • Sleep Analysis & Stress Tracker
  • Banyak Mode Olahraga
  • Health Feature Sangat Lengkap 
  • Built-in GPS 
  • Kompatibel untuk iOS & Android
  • Harga Terjangkau

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Layar Kurang Lebar 

Kalau kamu mencari smartwatch benar-benar karena fitur olahraganya, Garmin Venu SQ jadi salah satu rekomendasi smartwatch terbaik 2021 yang layak dipertimbangkan. Dengan harga Rp3 jutaan aja, smartwatch ini sudah dilengkapi mode olahraga yang sangat variatif mulai dari running, swimming, hiking, cycling, rowing, climbing, dan masih banyak lagi. Itu artinya, setting smartwatch bisa kamu sesuaikan dengan jenis olahraga yang sedang kamu lakukan. 

Dengan harganya yang hanya setengah dari Apple Watch Series, Garmin Venu SQ bahkan juga sudah dilengkapi fitur pengukur kadar oksigen dalam darah (Sp02). Buat kamu yang bermasalah dengan tidur, smartwatch ini juga mempunyai fitur sleep analysis dan stress tracker terbaik di kelasnya. Sangat recommended buat kamu yang mencari smartwatch ekonomis tapi punya kualitas brand besar dari Garmin. 

10. Garmin Forerunner 945 

Orang memakai Garmin Forerunner 945  saat berolahraga
Garmin Forerunner 945 direkomendasikan untuk pelari. 

What’s Best from the Watch:

  • Perlindungan Layar Gorilla Glass 
  • Daya Tahan Baterai Kuat (14 Hari)
  • Penyimpanan lebih dari 1000 Lagu 
  • Mode Olahraga Variatif 
  • Kompatibel untuk iOS & Android

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Harga Tinggi 

Last but not least, ada Garmin Forerunner 945 sebagai rekomendasi smartwatch terbaik 2021 sekaligus paling banyak diburu tahun ini. Harga smartwatch ini memang lebih tinggi dibandingkan beberapa smartwatch lain di daftar ini (meskipun masih di bawah Suunto 9 Baro Titanium). Sesuai namanya, smartwatch ini diberi nama seri ‘Forerunner’ karena didesain menyesuaikan kebutuhan para penggiat olahraga lari. 

Beberapa fitur spesial yang disematkan misalnya peta full-color, kapasitas penyimpanan lebih dari 1.000 lagu, daya tahan baterai hingga 2 minggu, sampai layar 1,2 inch yang sangat jelas digunakan bahkan saat kamu berlari. Meski didesain untuk olahraga lari, mode olahraga yang disematkan tetap beragam. Sama seperti seri Garmin kebanyakan, smartwatch ini bisa diset untuk mode running, golfing, cycling, dan banyak lagi mode olahraga lainnya. 

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2021 di Jamtangan.com 

Kalau sebelumnya adalah rekomendasi smartwatch terbaik 2021 yang paling populer dan banyak dicari orang, kali ini jamtangan.com juga akan memberikan rekomendasi yang mungkin sedikit ‘antimainstream’,  tapi nggak kalah terbaik dan menjanjikan. Yuk simak 10 rekomendasi smartwatch terbaik di Jamtangan.com yang menjadi buruan the real watch-lovers. Tentu aja, kami sudah menyiapkan rekomendasi dari berbagai brand dan range harga, sehingga bisa kamu pilih sendiri sesuai kebutuhan. 

1. Skmei 1316AG 

Skmei 1316AG Black Digital Dial Green Army Polyurethane Strap.
Skmei 1316AG Black Digital Dial Green Army Polyurethane Strap.

What’s Best from the Watch:

  • Harga Sangat Terjangkau 
  • Basic Health Feature Komplet
  • Kompatibel untuk iOS & Android 
  • Notifikasi Pesan & Panggilan 
  • Shutter Remote Kamera  

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Health Feature Tergolong Basic 

Keunggulan paling utama dari rekomendasi smartwatch terbaik 2021 ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Kalau kamu ingin mencari smartwatch murah tapi dengan kualitas terjamin, SKMEI adalah pertimbangan paling tepat. Salah satu seri yang Jamtangan.com rekomendasikan adalah SKMEI 1316AG. 

Dengan harga cuma Rp230 ribuan, smartwatch ini sudah bisa terkoneksi dengan smartphone baik itu sistem operasi Android maupun iOS. Alhasil, kamu bisa memantau aktivitas sehari-hari mulai dari pedometer (jumlah langkah) sampai kalori yang terbakar secara mudah. Selain itu, smartwatch ini juga sudah bisa menampilkan notifikasi pesan atau telepon masuk dari handphone. Bahkan, SKMEI 1316AG juga bisa dijadikan shutter remote kamera handphone. Sangat lengkap bukan mengingat harganya yang sangat terjangkau? 

2. Timex iConnect TW5M31800 

Timex iConnect TW5M31800 Digital Dial Beige Resin Strap
Timex iConnect TW5M31800 Digital Dial Beige Resin Strap

What’s Best from the Watch:

  • Harga Terjangkau 
  • Basic Health Feature Komplet
  • Kompatibel untuk iOS & Android 
  • Built-in Speaker  

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Water Resistant Hanya 30 Meter

iConnect adalah lini jam tangan Timex yang khusus difokuskan pada produksi smartwatch. Dengan nama besar Timex sebagai brand lifestyle ternama asal Amerika, kualitas smartwatch di bawah bendera iConnect tentu juga tak perlu diragukan. Dan Timex iConnect TW5M31800  adalah salah satu rekomendasi smartwatch terbaik 2021 paling menjanjikan kalau kamu mencari harga di bawah 1 juta. Sebab, dengan harga Rp900 ribuan aja, smartwatch ini sudah dibekali fitur komplet.

Semua fitur dasar yang kamu butuhkan pada sebuah smartwatch lengkap tersedia. Mulai dari penampil notifikasi pesan & email di handphone, optical heart rate, sleep monitoring, sampai activity tracker untuk menghitung jumlah langkah dan kalori. Tak hanya itu, Timex iConnect TW5M31800 juga bisa digunakan untuk melakukan atau menerima telepon, karena sudah dilengkapi built-in speaker. 

3. Fossil Sport Smartwatch FTW4033 


Fossil Sport Smartwatch FTW4033 Men Digital Dial Red Rubber Strap.

Fossil Sport Smartwatch FTW4033 Men Digital Dial Red Rubber Strap.

What’s Best from the Watch:

  • Desain Simpel & Compact
  • Reputasi Brand Fossil 
  • Health Feature Komplet 
  • Notifikasi Panggilan & Pesan
  • Swimproof 
  • Kompatibel untuk iOS & Android

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Smartwatch Fossil Masih Jarang 

Rekomendasi smartwatch terbaik 2021 selanjutnya datang dari brand yang mungkin nggak kamu duga. Yep, dikenal identik dengan variasi fashion watch-nya, Fossil ternyata juga punya koleksi smartwatch yang nggak kalah menjanjikan. Salah satunya adalah Fossil Sport Smartwatch FTW4033 ini. 

Selain perpaduan kualitas presisi Fossil dengan desain sporty ala smartwatch yang unik, jam ini juga punya fitur olahraga sangat lengkap. Heart rate tracking, GPS, accelerometer, hingga gyroscope sensor komplet tersedia untuk memantau progress olahragamu. Bahkan, meski memiliki banyak komponen teknologi, jam ini sudah dilabeli swimproof. Untuk mempermudah lifestyle sehari-hari, Fossil FTW4033 juga sudah dilengkapi bluetooth, Google Pay, pengontrol musik, penampil notifikasi handphone (pesan, panggilan, email, hingga socmed). 

4. Alexandre Christie AC S001 MF LBRBA Hybrid Smartwatch 

Alexandre Christie AC S001 MF LBRBA Hybrid Smartwatch Men Black Dial Black Leather Strap.
Alexandre Christie AC S001 MF LBRBA Hybrid Smartwatch Men Black Dial Black Leather Strap.

What’s Best from the Watch:

  • Desain Fashionable ala Dress-Watch
  • Jam Analog Pertama dengan Fitur Smartwatch
  • Reputasi Brand Baik di Industri Horologi
  • Basic Health Feature Komplet
  • Kompatibel untuk iOS & Android

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Water Resistant Hanya 30 Meter
  • Material Kurang Cocok untuk Olahraga Berat

Alexandre Christie ternyata juga nggak melulu identik dengan daily-watch. Melalui lini AC Smart Hybrid S001 yang dirilis pada 2020, Alexandre Christie akhirnya ikut meramaikan persaingan di pasar smartwatch. Salah satu yang paling unik dari jam pintar keluaran AC, tentu adalah perpaduan desain stylish ala jam fashion dengan fitur canggih ala smartwatch. Sebagai jam analog pertama yang mengadaptasi fitur smartwatch, AC Hybrid Smartwatch dirancang dengan stainless steel dan leather strap layaknya fashion-watch, alih-alih bahan rubber yang banyak digunakan pada smartwatch lain. 

Meski begitu, untuk urusan kecanggihan fitur smartwatch, Alexandre Christie AC S001 MF LBRBA layak diperhitungkan. Salah satu rekomendasi smartwatch terbaik 2021 versi Jamtangan.com ini sudah dibekali goal tracking untuk membantumu mengatur sendiri target olahraga yang ingin dicapai. Sementara untuk kecanggihan lifestyle, AC S001 bisa digunakan mengontrol musik dari handphone, mengambil foto, sampai bisa membunyikan handphone-mu kalau suatu waktu kamu lupa meletakkannya. 

5. Garmin 010-02293-66 Instinct Solar 

Garmin 010-02293-66 Instinct Solar Sunburst Digital Dial Yellow Rubber Strap
Garmin 010-02293-66 Instinct Solar Sunburst Digital Dial Yellow Rubber Strap

What’s Best from the Watch:

  • Ketangguhan Standar Militer AS810G
  • Variasi Mode Olahraga Lengkap
  • Sensor GPS, GLONASS, GALILEO
  • Harga Terjangkau untuk Garmin 
  • Kompatibel untuk iOS & Android
  • Water Resistant 100 Meter

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Ukuran Kurang Compact 

Nggak cuma punya desain sporty dan sophisticated, rekomendasi smartwatch terbaik 2021 berikutnya ini punya fitur super komplet untuk memaksimalkan kegiatan olahragamu. Yes, seri Garmin Instinct Solar merupakan salah satu model yang sudah dibekali aplikasi olahraga, dan bisa di-setting sesuai jenis workout yang kamu lakukan. Mulai dari fitur berenang, lari, mendaki, mendayung, bersepeda, dan banyak lagi pilihan mode olahraga lainnya. 

Jam tangan Garmin ini semakin recommended buat dipertimbangkan, karena dirancang dengan ketangguhan berstandar militer AS810G sehingga punya durability mengesankan. Nggak usah khawatir rusak saat memakainya berpetualang di medan ekstrem! Selain fitur ‘standar’ berupa heart rate tracker dan stress tracker, Garmin Instinct Solar juga sudah dilengkapi sensor GPS, GLONASS, dan GALILEO, membuatnya sempurna digunakan bertualang di alam terbuka.Oh ya, untuk lini smartwatch dari Garmin, seri 010-02293-66 ini termasuk punya harga tergolong terjangkau. 

6. Fossil Charter FTW7014 Hybrid Smartwatch

Fossil Charter FTW7014 Hybrid Smartwatch Silver Dial Rose Gold Mesh Strap
Fossil Charter FTW7014 Hybrid Smartwatch Silver Dial Rose Gold Mesh Strap

What’s Best from the Watch:

  • Desain Fashionable 
  • Reputasi Brand Fossil 
  • Fitur Notifikasi (Pesan, Telepon, Socmed, dll)
  • Kompatibel untuk iOS & Android 
  • Basic Health Feature Komplet 
  • Daya Tahan Baterai Hingga 3 Minggu

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Water Resistant Hanya 30 Meter
  • Material Kurang Cocok untuk Olahraga Berat 

Fossil Charter FTW7014 Hybrid Smartwatch adalah salah satu lini smartwatch terbaru dari Fossil yang juga layak masuk rekomendasi smartwatch terbaik 2021. Berbeda dari Fossil FTW4033 yang memang mengadaptasi desain sporty khas smartwatch lengkap dengan rubber band-nya, Fossil Charter justru mempertahankan desain fashion-watch ala Fossil, namun dengan tambahan teknologi smartwatch di dalamnya. 

Meski kurang cocok digunakan untuk extreme sport karena hanya dibekali water resistant 30 meter dan punya material stainless steel yang kurang ‘durable’, smartwatch terbaik ini tetap patut dipertimbangkan karena punya banyak fitur yang menunjang kebutuhan sehari-hari di eta modern ini. Untuk olahraga, basic health feature-nya sudah cukup komplet karena dilengkapi activity tracker, optical heart rate, dan accelerometer. Sementara untuk daily life, Fossil Charter FTW7014 bisa dipasangkan dengan smartphone berbasis iOS maupun Android untuk menerima notifikasi pesan, panggilan, email, hingga mengontrol musik. 

7. Garmin 010-01987-80 Fenix 5S Plus 

Garmin 010-01987-80 Fenix 5S Plus Digital Dial Beige Leather Strap
Garmin 010-01987-80 Fenix 5S Plus Digital Dial Beige Leather Strap

What’s Best from the Watch:

  • Penyimpanan Hingga 500 Lagu
  • LED Screen Lebar 
  • Variasi Mode Olahraga Lengkap 
  • Water Resistant 100 Meter
  • Training & Planning Analysis Feature
  • Kompatibel untuk iOS & Android 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Harga Tergolong Tinggi 

Next, kita beralih ke rekomendasi smartwatch terbaik 2021 selanjutnya yang lagi-lagi datang dari brand Garmin. Garmin Fenix 5S Plus sangat direkomendasikan untuk pencinta olahraga karena dilengkapi fitur multisport mode sangat lengkap seperti bersepeda, lari, renang, golf, hingga rekreasi alam terbuka. Tinggal setting jam ke mode olahraga yang kamu lakukan, maka data akurat aktivitas olahragamu bisa terekam dengan sempurna dan bisa diakses dari smartphone kesayangan. 

Dilihat dari segi desain, seri Garmin Fenix 5S Plus juga dirancang sangat helpful dengan layar berukuran 1,2 inch yang mudah dibaca di bawah sinar matahari. Semua jam tangan Garmin original seri Fenix 5S Plus juga sudah dilengkapi fitur pemetaan dan navigasi bawaan yang akan sangat bermanfaat saat kamu mengeksplor medan asing. Jangan lupa manfaatkan juga fitur musik yang bisa menyimpan sampai 500 lagu biar olahragamu makin asyik!

8. Garmin 010-02159-8H Fenix 6S 

Garmin 010-02159-8H Fenix 6S Rose Gold-Tone Digital Dial Heathered Black Nylon Strap
Garmin 010-02159-8H Fenix 6S Rose Gold-Tone Digital Dial Heathered Black Nylon Strap

What’s Best from the Watch:

  • Fitur Pulse Ox2
  • Round Trip Routing 
  • Fitur Multi GNSS 
  • Water Resistant 100 Meter
  • Kompatibel untuk iOS & Android 
  • Desain Mewah & Compact 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Harga Tergolong Tinggi 

Kalau kamu punya budget lebih untuk membeli jam tangan Garmin, tidak ada salahnya melirik seri di atas Fenix 5S, yakni Garmin Fenix 6S. Di luar fitur ‘dasar’ yang serupa dengan Fenix 5S, seri satu ini masih dibekali banyak fitur olahraga lain yang jauh lebih advance dan canggih. Salah satunya, adalah kehadiran fitur Pulse Ox2 yang memungkinkan jam tangan ini mampu mengukur saturasi oksigen dalam darah. Berolahraga pun jadi lebih aman karena kamu bisa memperkirakan limit tubuhmu sendiri. 

Khusus untuk pencinta olahraga luar ruangan, jam tangan Garmin original Fenix 6S juga punya banyak fitur super helpful. Sebut saja pengarahan belokan demi belokan, round trip routing untuk memandumu menciptakan track olahraga terbaik, sampai dukungan multi-GNSS yang dapat mengakses beberapa sistem satelit navigasi global. Harga smartwatch terbaik 2021 ini memang cukup tinggi, tapi dijamin terbayarkan dengan semua kecanggihannya! 

9. Garmin 010-02132-71 Descent Mk2i Titanium Carbon 

Garmin 010-02132-71 Descent Mk2i Titanium Carbon DLC Grey Digital Dial Black Rubber Strap
Garmin 010-02132-71 Descent Mk2i Titanium Carbon DLC Grey Digital Dial Black Rubber Strap

What’s Best from the Watch:

  • Best for Diving 
  • Performance Metrics
  • 32 GB Memory 
  • Pulse Ox Sensor 
  • Multi-GNSS Sensor 
  • Kompatibel untuk iOS & Android 

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Harga Tergolong Tinggi 

Kalau kamu masih mencari rekomendasi smartwatch terbaik 2021 yang jauh lebih advance lagi dari segi teknologi, maka seri Garmin Descent Mk2i bisa jadi jawaban. Sebenarnya, jam ini populer dikenal sebagai salah satu diver smartwatch, karena sudah dibekali diving feature yang jarang dimiliki smartwatch lainnya. 

Beberapa fitur unggulan untuk mendukung aktivitas olahraga pun ikut tersemat, seperti performance metrics yang bisa membantumu meningkatkan intensitas workout disesuaikan dengan suhu, saran pemulihan, dsb. Health feature bawaannya juga super komplet, mulai dari profil aktivitas untuk lari, bersepeda, mendayung, sampai ski. Masih sama dengan seri Fenix 6S, Garmin Descent Mk2i juga dilengkapi pulse ox sensor, turn by turn navigation, round-trip routing, dan multi-GNSS sensor. Harga tinggi terbayarkan dengan teknologi canggih! 

10. Suunto SS019016000 DX

Suunto SS019016000 DX Digital Dial Black Elastomer Straps
Suunto SS019016000 DX Digital Dial Black Elastomer Straps

What’s Best from the Watch:

  • Material Ion Plated Titanium
  • Best for Diving 
  • Water Resistant 200 Meter
  • Kompatibel untuk iOS & Android

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Harga Tergolong Tinggi 

Menutup rekomendasi smartwatch terbaik 2021 di Jamtangan.com ini, ada Suunto SS019016000 DX yang juga dikenal sebagai salah satu smartwatch andalan untuk aktivitas diving. Bagaimana tidak, jam pintar ini sudah dibekali fitur water resistant hingga 200 meter, dan merupakan salah satu ketahanan air terbaik yang pernah ada pada sebuah smartwatch. Dengan dive alarms dan notifications yang dimiliki, aktivitas menyelam menjadi jauh lebih aman karena kamu bisa memperhitungkan dan menghindari terjadinya dekompresi. 

Untuk olahraga di darat pun Suunto SS019016000 DX tak kalah andal. Smartwatch ini dilengkapi activity tracker yang advance lengkap dengan berbagai mode olahraganya. Smartwatch terbaik ini makin layak dimasukan list buruan buatmu yang memiliki budget lebih, karena material case-nya dirancang dari material ion plated titanium yang sangat ringan. Sangat sempurna untuk dijadikan teman berolahraga! 

Jadi, rekomendasi smartwatch terbaik 2021 mana yang paling sesuai dengan kantong dan preferensimu? Mana pun yang kamu mau, semua yang ada di daftar ini sudah terbukti banyak digandrungi karena kecanggihan fiturnya, kok. Bedanya, kalau kamu membeli smartwatch di Jamtangan.com, ada banyak promo dan harga terbaik menanti lengkap dengan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. 

Yuk, Lihat Koleksi Smartwatch Lainnya di Jamtangan.com di Sini! 

Categories: Editor's Choices