tips memilih jam tangan wanita untuk kado ultah

8 Tips Memilih Jam Tangan Wanita Untuk Kado Ultah

Mungkin kamu sedang bingung mencari jam tangan wanita untuk kado ultah si dia. Tidak semuanya paham untuk mencari tahu bagaimana sih cara memilih jam tangan wanita untuk kado ultah si dia. Belum lagi jam tangan tidak hanya merupakan penentu waktu semata, namun juga sebagai aksesoris pelengkap penampilan sehari-hari bagi wanita. Pastinya kamu tidak mau salah pilih untuk memberikan barang yang sifatnya longterm seperti ini kan? Salah pilih, nanti malah tidak dipakai atau dimasukin ke dalam “museum”.

Baca Juga : 9 Jam Tangan Wanita Kecil yang Simple Tapi Classy, Ramah Kantong Pula!

Untuk memastikan supaya kamu tidak salah pilih jam tangan wanita untuk kado ultah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari ukuran jam tangan, kesesuaian model jam tangan dengan kegiatan sehari-hari, kecocokannya dengan warna kulit, dan sebagainya.  

Dari banyak hal tersebut, Minwatch merangkumnya ke dalam 8 tips supaya kamu dapat lebih mudah memilih jam tangan wanita untuk kado ultah. Yuk kita simak tipsnya biar kamu gak salah pilih!

1. Cari Jam Sesuai Kebutuhan 

ilustrasi jam tangan wanita (Canva)
Sumber gambar: Canva.com

Untuk memilih jam tangan wanita, tentu saja tidak cukup bila dilihat berdasarkan modelnya saja. Namun, apabila kamu mengetahui tujuan jam tangan incaran dia, akan lebih mudah lagi bagi kamu untuk menentukan pilihan. Karena penting untuk memberikan kado jam tangan yang cocok, terutama yang sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya.Kamu dapat mulai mencari tahu jam tangan apa nih yang sedang dia butuhkan. Misalnya untuk olahraga, acara formal, fashion, atau sekedar jam tangan casual untuk sehari-hari.

Untuk wanita yang sehari-harinya menghabiskan waktu di kantor, tentu saja lebih cocok untuk diberikan jam tangan dengan desain elegan seperti dari bahan kulit atau stainless steel. Sementara untuk wanita yang menyukai olahraga danbanyak menghabiskan waktu berkegiatan di luar ruangan, bisa kamu hadiahkan smartwatch  dengan design yang sporty.

Jam Tangan Wanita Indoor :

Jam Tangan Wanita Outdoor :

2. Sesuaikan dengan warna kulit

suasana rapat/meeting (Canva)
Sumber gambar: Canva.com

Tips berikutnya adalah sesuaikan dengan warna kulitnya. Apabila memiliki warna kulit yang cerah, biasanya akan cenderung netral dan dapat dipadu padankan dengan warna jam tangan apa pun. Di sini kamu bisa memberikan jam tangan untuknya dengan beragam warna dan tidak terbatas.

Karena untuk kulit cerah biasanya cocok menggunakan warna jam tangan mulai dari warna cerah hingga gelap, Mulai dari merah, biru, dan hijau. Lalu, agar terlihat kontras dengan warna kulit yang cerah, kamu bisa pilihkan jam tangan dengan warna gelap seperti hitam, abu-abu ataupun coklat tua.

Lalu apabila kamu ingin memilihkan jam tangan untuk dia yang berkulit gelap, sebaiknya pilihkan warna netral supaya bisa serasi dengan warna kulitnya. Kamu bisa memberikan jam tangan dengan warna coklat muda, abu-abu, krem dan warna netral lainnya.

3. Sesuaikan dengan karakter

smartwatch (Canva)
Sumber gambar: Canva

Tentunya bagi setiap wanita, ulang tahun merupakan saat yang istimewa. Selain bertambah usia, semakin kuat juga karakter yang dimilikinya. Setiap karakter yang dimiliki tentu saja berkaitan juga dengan selera jam tangannya. Sehingga, memilih jam tangan wanita untuk kado ultah harus juga di sesuaikan dengan karakter si penerima hadiah tersebut.

Misal untuk wanita berkarakter pemalu atau tertutup, biasanya menyukai jam tangan dengan ukuran yang tidak besar dan tidak mencolok. Sebaliknya, untuk orang yang ceria dan supel, biasanya suka menjadi pusat perhatian. Mungkin bisa kamu pilihkan warna dasar jam tangan dengan case atau dial yang terang.

Begitu pula untuk wanita yang memiliki karakter feminin, sebaiknya diberikan jam tangan yang lebih elegan dengan warna-warna netral. Sementara untuk wanita sporty, bisa kamu pilihkan jam tangan smartwatch untuk melengkapi tampilan kasualnya sehari-hari.

Jam Tangan Wanita Feminim :

Jam Tangan Wanita Sporty :

4. Pilih Material Jam Tangan

perbandingan jam tangan warna silver dan emas (Canva)
Sumber gambar: Canva

Memilih material jam tangan yang tepat tentunya tidak kalah penting. Secara umum, material jam tangan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu stainless steel, kulit, nilon, dan rubber. Sedangkan untuk case jam tangan sendiri biasanya terbuat dari plastik, karet, dan logam antara lain seperti baja, kuningan,titanium. Ada juga yang menggunakan logam mulia seperti emas, perak, dan platina. Tentunya hal ini juga dipengaruhi dari aspek merek, mode, jenis, dan harganya. Kamu bisa memilih material jam tangan wanita untuk kado ultah sesuai preferensi outfit pasanganmu. 

5. Pertimbangkan fiturnya

ilustrasi sedang menggunakan smartwatch (Canva)
Sumber gambar : Canva

Tips lain dalam memilih jam tangan wanita untuk kado ultah adalah dengan mempertimbangkan fitur dari jam tangan tersebut. Fitur jam tangan dapat dibedakan menjadi dua macam. Yang pertama adalah fitur jam tangan yang hanya menunjukkan waktu saja, biasanya ini merupakan jam tangan analog. Lalu yang kedua adalah fitur jam tangan sport atau smartwatch yang memiliki fungsi beragam, mulai dari mengukur denyut jantung, jarak tempuh lari, kalori yang terbakar, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya fitur yang dimiliki jam tangan, ada satu fitur yang secara umum dibutuhkan, yaitu fitur water resistance. Arloji saat ini umumnya sudah memiliki fitur water resistance dengan kedalaman tertentu. Sehingga kamu dapat sesuaikan dengan kebutuhan wanita yang berulang tahun.

6. Sesuaikan case dengan ukuran pergelangan tangan

Sumber: larsseneriksen.com

Saat memberikan kado terutama jam tangan, sangat penting untuk kamu bisa memperkirakan ukuran pergelangan tangannya. Caranya cukup mudah! Kamu cukup mengamati apakah pergelangan tangannya besar atau kecil? Selain itu perhatikan juga diameter case jam tangan yang kamu berikan sebagai kado ultah.

Menurut larsseneriksen,untuk pergelangan tangan dengan ukuran 15 cm (6 inci) case jam tangan yang direkomendasikan dan nampak proporsional adalah dengan rata-rata diameter case sekitar 38 mm (1,50 inci).

Sumber: larssonjennings.com

Dengan ukuran case yang tepat, juga menjadi tolak ukur cocok atau tidaknya jam tangan untuk wanita. Untuk tangan yang kecil dapat menggunakan diameter case yang lebih kecil dengan ukuran diameter 26mm atau 34mm. Sedangkan untuk ukuran pergelangan tangan yang lebih besar dapat menggunakan jam tangan dengan ukuran 40mm agar dapat terlihat semakin outstanding dan berani.

Apabila kamu tidak dapat melakukan pengukuran secara langsung, kamu dapat mempergunakan acuan ukuran gambar ini untuk memperkirakan besar kecilnya tangan dengan diameter case yang akan kamu belikan untuknya.

Baca juga: 3 Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri dengan Alat-Alat di Rumah

7. Cari tahu brand kesukaannya

Ilustrasi seseorang mengenakan jam tangan (Canva)
Sumber gambar : Canva

Bagi beberapa wanita, brand merupakan hal yang sangat penting. Ada baiknya, kamu mulai mencari tahu brand kesukaannya, mungkin dengan mengajak ngobrol dan menanyakannya secara langsung, bertanya pada temannya, atau bisa juga dengan memberikan jam tangan dengan brand yang memang sudah terkenal dan jelas kualitasnya.

Selain akan memberikan pengaruh pada penampilannya, jam tangan dengan brand yang terpercaya tentunya akan menjadi sebuah kado yang awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hindarilah membeli jam tangan dari tempat yang kurang terpercaya, karena originalitas produk kurang terjamin. Sebaiknya beli di tempat yang hanya menjual jam tangan #PastiOri seperti Jamtangan.com karena semua produknya dijamin ori dan bergaransi.

8. Sesuaikan dengan budget

Selanjutnya hal paling penting dalam memilih jam tangan wanita untuk kado ultah adalah budget yang sesuai. Sebaiknya, sebelum menentukan ingin membeli jam tangan yang seperti apa, ada baiknya menentukan terlebih dahulu berapa nominal budget yang ingin dialokasikan untuk kado ultah ini. 

Jangan lupa untuk tetapkan harga sesuai kemampuan kita ya. Karena jam tangan harganya sangat beragam mulai dari ratusan ribu rupiah bahkan hingga ratusan juta rupiah untuk jam ternama. Jangan khawatir, di Jamtangan.com tersedia banyak pilihan jam tangan wanita untuk kado ultah dari berbagai range budget. Tinggal disesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cek Koleksi Jam Tangan Wanita di Machtwatch

Kamu juga bisa mencari koleksi jam tangan wanita lainnya di Machtwatch tentunya akan sangat memudahkan kamu dalam mencari yang sesuai dengan 8 tips diatas!

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

  • https://larseneriksen.com/blogs/chronicle/watch-size-guide-how-to-choose-the-right-watch-size
  • https://www.larssonjennings.com/blogs/studio/which-watch-size-is-yours
Total
0
Shares
Previous Article
casio-oak-ga-b2100

Casio GA-B2100, CasiOak Terbaru yang Siap Lengkapi Koleksimu!

Next Article
Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli

7 Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli

Related Posts