Seiko Monster, Jam Diver yang Unik Dan Ikonik

Seiko Monster, Jam Diver yang Unik Dan Ikonik

Seiko Monster merupakan nama julukan untuk salah satu varian Seiko Diver. Seiko Monster adalah jam diver yang sangat unik karena mempunyai desain yang cukup keluar dari pakem desain jam diver classic. Kenapa jam ini dinamakan Monster?, karena bentuk bezelnya yang agak kasar dan bergerigi menyerupai gigi monster. Bezel Monster bisa dikatakan salah satu desain bezel yang cukup nyeleneh. Tapi berkat desain nyelenehnya itu, Seiko Monster menjelma menjadi salah satu jam Seiko diver yang cukup digemari.

Seiko Monster

Gambar 1. Seiko Monster generasi pertama yang diproduksi sejak tahun 2000

 

Lume atau fosfor dari Seiko Monster juga terkenal sebagai yang paling terang diantara varian Seiko diver selevelnya. Seiko Monster menggunakan bracelet yang solid dan tebal, dibeberapa varian lain menggunakan rubber wave vent B22. Finishing dan build quality jam ini cukup baik, kaca Hardlex cembung menambah kesan gagah pada jam ini. Dalam beberapa review, jam ini disebut-sebut terlalu murah untuk kualitas yang ditawarkan.

DSC_0250

Gambar 2. Lume yang sangat terang pada Seiko Black Monster

Banyak kolektor yang mengoleksi lebih dari satu varian Monster. Umumnya mereka mengoleksi berbagai jenis warna dari varian Monster yang dijual dipasaran. Pada awal kemunculannya, Seiko black Monster memberikan kesan macho dan toolish, sedangkan Seiko orange  Monster memberikan kesan gahar namun tetap segar. Dial oranye yang cukup memanjakan mata, membuat orange Monster terlihat indah jika berada didalam air.

dh

Gambar 3. Seiko Monster generasi kedua, dijuluki “The Flang” karena mempunyai marker seperti gigi taring.

Varian Monster kini terdapat dua generasi. Varian pertama diproduksi pertama kali pada tahun 2000 dengan menggunakan mesin 7s26. Generasi kedua diproduksi pada tahun 2012 dengan jenis warna yang lebih banyak. Pada generasi kedua, terdapat perubahan pada bentuk marker dan bentuk crown yang lebih nyaman jika diputar. Selain itu, Monster generasi dua sudah dilengkapi mesin keluaran terbaru Seiko yaitu 4r36 yang mempunyai fitur hack (memberhentikan jarum detik dengan menarik crown) dan fitur hand winding (mengisi power reserve dengan memutar crown). Sebelumnya fitur ini hanya terdapat pada mesin 6r15 yang hanya terdapat di jenis Seiko Prospex.

Seiko+Prospex+Monster+SRP581K1+and+SRP583K1

Gambar 4. Seiko Prospex Monster yang merupakan generasi ketiga, terdapat logo “X” pada dialnya.

Pada Basel 2014, Seiko memperkenalkan Monster generasi ketiga. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Monster generasi ketiga ini masuk dalam lini Seiko Prospex dan dibenamkan mesin 6r15. Akan tetapi Monster Prospex ini, bukan jenis JDM yang hanya diproduksi di Jepang. Untuk diketahui, Seiko pada 2014 ini memang mulai memproduksi lini Prospex untuk pasar global, perbedaan Prospex JDM dan Prospex pasar internasional adalah pada logonya, dimana Prospex untuk pasar internasional hanya berlogo “X” sedangkan Prospex JDM mempunyai logo tulisan “Prospex” . Hal ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi para pecinta Seiko Monster di Indonesia tak lama lagi akan bisa menikmati Monster Prospex ini.  Seiko Monster merupakan desain original Seiko yang nyeleneh akan tetapi desain ini telah bertahan selama 14 tahun, sehingga bukan tidak mungkin, desain ini akan menjadi maskot baru Seiko Diver entry level.