Tissot T-Touch Expert Solar, Jam Para Petualang

Tissot T-Touch Expert Solar, Jam Para Petualang

TISSOT T-TOUCH EXPERT SOLAR T091.420.47.051.00Kalau Anda mengaku seorang petualang, memiliki perlengkapan yang dapat menunjang aktivitas petualangan Anda merupakan keharusan.

 

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1999, jam tangan Tissot T-Touch langsung mendapat perhatian dari khalayak ramai, baik dari para penggemar kegiatan luar ruang dan penjelajahan, maupun para technology savvy. Bagaimana tidak, ketika jam lain masih menggunakan tombol-tombol yang diletakkan di sekeliling case atau wadah, T-Touch justru memanfaatkan kaca sentuh untuk menavigasi seluruh fungsi-fungsi yang ada padanya.

 

Jangan bayangkan layar sentuh seperti yang lazim digunakan saat ini pada ponsel, sabak elektronik maupun jam pintar alias smart watch. Karena pada akhir 1990an dan memasuki milenium baru saat itu, teknologi ini benar-benar revolusioner. Apalagi harus disematkan pada bidang yang tak lebih luas dari kurang lebih diameter 40mm.

 

Teknologi revolusioner ini bahkan sangat mengangkat brand Tissot, dari sebagai pembuat jam-jam klasik sejak tahun 1853 di lembah Jura, Swiss, menjadi salah satu pembuat jam canggih papan atas dunia. Walau demikian, T-Touch seri-seri awal atau T-Touch 1 – masih memiliki banyak permasalahan yang terkait dengan pengoperasian, ketahanan baterai, dan sebagainya.

 

Banyaknya jam yang terimbas masalah tersebut membuat Tissot akhirnya mengumumkan diadakannya program replacement atau tukar tambah ke T-Touch 2 bagi para pemilik T-Touch 1 yang bermasalah. Sejak itu performa dan ketahanan jam-jam tangan T-Touch menjadi semakin baik. Buktinya, dengan formula yang serupa Tissot mengembangkan line-up jam ini untuk berbagai tujuan yang berbeda-beda dan lebih spesifik, yaitu T-Touch Trekking, Sailing-Touch, Sea-Touch, dan T-Touch Expert.

 

Fast forward ke 2016, Tissot baru-baru ini meluncurkan T-Touch Expert Solar. Seperti halnya jam seri yang sama terdahulu, jam ini tepat digunakan untuk berbagai kegiatan luar ruang, dengan 25 fungsi penting untuk bertahan di kerasnya alam. Seperti altimeter atau alat pengukur ketinggian – dengan altitude difference meter, chronograph yang dilengkapi log book, kompas, azimut, perpetual calendar, duo alarm, duo zona waktu, prakiraan cuaca lewat perhitungan tekanan udara, timer, fungsi pelayaran atau regatta function. Logam titanium anti-magnet, yang dilabur warna hitam PVD, dipilih sebagai salah satu pilihan case atau wadah dari jam ini, selain tersedia pula dengan logam stainless steel.

 

Yang membuat T-Touch Expert ini semakin menarik karena adanya fitur “Solar” yang mengacu kepada kemampuan jam ini mengisi ulang energi dari sinar matahari. Bukan hal yang baru, karena teknologi ini juga sudah dipakai oleh produsen jam lain, namun  penting karena jam ini memiliki banyak fungsi yang membutuhkan energi listrik. Dengan demikian jam ini tak perlu terlampau sering diganti baterainya sehingga sangat praktis. A.N.P

 

 

 


 

Tags: Solar, T-Touch, Tissot