Review Longines Spirit Flyback dengan Dial Hitam, Pilot’s Watch untuk Taklukkan Udara

Longines Spirit Flyback

Longines merilis koleksi Spirit Flyback ref. L3.821.4.53.2 pada awal tahun 2023 kemarin dan kini sudah ready di Jamtangan.com. Longines Spirit Flyback sendiri dikenal sebagai jam tangan pilot yang telah dibekali dengan fungsi flyback. Flyback adalah fungsi dimana jarum detik chronograph yang sedang bergerak bisa langsung di reset dengan 1 tombol tanpa harus menghentikannya lebih dulu.

Longines Spirit Flyback ref. L3.821.4.53.2
Longines Spirit Flyback ref. L3.821.4.53.2

Sebenarnya, Longines Spirit Flyback dihadirkan dengan tiga versi dial yaitu warna hitam, biru, dan sandblasted anthracite dial. Namun, kali ini Minwatch hanya akan mengulas tentang Longines Spirit Flyback dengan dial hitam yaitu ref. L3.821.4.53.2. Penasaran dengan spesifikasi dan tampilannya, yuk simak ulasan selengkapnya dari Minwatch di bawah ini!

Dimensi Case Longines Spirit Flyback Proporsional dengan Detail Finishing Menawan

Case Longines Spirit Flyback
Case Longines Spirit Flyback

Longines Spirit Flyback dengan versi dial hitam dibuat dari stainless steel case berdiameter 42 mm, ketebalan 17 mm, dan menggunakan sapphire crystal dengan lapisan AR di kedua sisi. Walaupun lebih tebal daripada Spirit Zulu Time GMT 42 mm (ketebalan 13,9 mm), tetapi Longines Spirit Flyback juga memiliki ketahanan air hingga 100 meter yang didukung oleh screw-down crown, sedangkan dua pusher-nya tanpa pelindung. Dengan begitu, kamu masih bisa menggunakan jam tangan ini untuk melakukan watersports seperti berenang.

Longines Spirit Flyback saat dipakai di pergelangan tangan
Longines Spirit Flyback saat dipakai di pergelangan tangan

Selain itu, Longines Spirit Flyback juga lebih ergonomis dibandingkan Spirit Zulu Time GMT 42 mm karena jam tangan ini menggunakan lug-to-lug dengan proporsi yang lebih seimbang. Case jam tangan juga terlihat elegan karena terinspirasi dari desain vintage dengan sebagian sisi case dibuat dengan brushed finish, sedangkan pada bevel menggunakan polished finish. Untuk bezel, Longines Spirit Flyback menggunakan bi-directional time bezel dengan ceramic insert anti-gores dan terlihat serasi dengan dial. Indeks pada bezel dilengkapi Super LumiNova sehingga bisa menyala dalam gelap.

Caseback Longines Spirit Flyback
Caseback Longines Spirit Flyback

Longines Spirit Flyback juga menggunakan caseback transparan yang memperlihatkan detail movement yang digunakan pada jam tangan. Pada caseback juga terlihat rotor yang diukir dengan bola dunia berwarna kuning dan ukiran “LONGINES FLYBACK” disertai logo jam pasir bersayap untuk mewakili koleksi Longines Spirit dan nama Longines Flyback.

Longines Spirit Flyback Dibekali Dial Sunburst

Dial Longines Spirit Flyback
Dial Longines Spirit Flyback

Longines Spirit Flyback menggunakan dial hitam dengan sunburst finish untuk menampilkan tekstur halus pada garis-garis agar tampak dinamis saat dilihat di bawah cahaya. Pada dial juga terdapat nama brand “Longines” pada pukul 12 dan teks “Flyback Chronometer” dengan lima bintang pada pukul 6. Jam tangan ini memiliki dua subdial pada posisi pukul 3 sebagai indikator 30-menit countdown chronograph dan subdial pada pukul 9 sebagai detik utama. 

Subdial pada Longines Spirit Flyback
Subdial pada Longines Spirit Flyback

Longines Spirit Flyback dengan versi dial hitam menggunakan indeks angka Arab, kecuali pada pukul 3 dan 9, dengan aksen warna beige pada jarum dan angka. Dan yang menarik adalah hanya handset utama, angka Arab, dan indeks diamond yang diisi SuperLuminova dan akan bercahaya pada kondisi minim cahaya. 

Jika kamu tidak menggunakan fungsi chronograph saat melakukan penerbangan, kamu dapat menggerakan jarum chrono sentral yang disinkronkan dengan jarum detik yang berjalan. Masing-masing subdial dibuat bertekstur dan dikelilingi ring berwarna beige agar mudah dibaca sehingga membuat subdial lebih mudah dilihat. Sedangkan inner chapter ring digunakan untuk trek menit.

Strap Kulit Bergaya Klasik pada Longines Spirit Flyback

Strap Longines Spirit Flyback
Strap Longines Spirit Flyback

Untuk strap, Longines melengkapi Spirit Flyback versi dial hitam dengan mahogany brown leather strap klasik dengan deployant strap yang menampilkan jahitan berwarna putih. Strap tersebut juga dilengkapi dengan quick-release spring bar.

Movement Longines Spirit Flyback Dibekali Automatic Chronograph Chronometer dengan Column Wheel

Movement pada Longines Spirit Flyback
Movement pada Longines Spirit Flyback

Longines Spirit Flyback dibekali dengan automatic flyback chronograph movement caliber L791.4. Movement ini menggunakan column-wheel sehingga fungsi chronograph lebih presisi. Movement ini memiliki power reserve 67 jam dan dibekali anti-magnetic silicon balance spring yang menawarkan ketahanan magnet yang baik. Selain itu, movement ini telah mendapatkan sertifikasi COSC chronometer dan menawarkan akurasi +6/-4 detik per hari.

So, kalau kamu watch enthusiast yang sedang mencari jam tangan pilot dengan tampilan vintage, maka Longines Spirit Flyback adalah pilihan yang tepat. Tertarik untuk mengoleksinya? Segera dapatkan hanya di Jamtangan.com. Selain itu, kamu juga bisa memiliki koleksi jam tangan Longines lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Citizen AQ4103-16E

The Citizen AQ4103-16E dengan Dial Kertas Washi, Akurasinya ± 5 Detik per Tahun! 

Next Article
G-Shock Forgotten Future Series

Hadir Serba Silver, G-Shock Forgotten Future Series Siap Dijemput di Jamtangan.com!

Related Posts
Total
0
Share