SPB151J1 dan SPB153J1, Seiko Captain Willard Versi Modern! 

Seiko Captain Willard
Seiko Captain Willard

Sudah lazim bagi jam tangan Seiko hadir dengan julukan-julukan yang membuat produknya menempel di ingatan para penggemarnya. Seperti salah satu koleksinya yaitu Seiko Captain Willard yang menjadi salah satu jam yang berkesan. Julukan tersebut didapat karena jam tangan tersebut sempat muncul di salah satu film lawas tahun 1979. Pada 2020 lalu, Seiko kembali menghadirkan Seiko Captain Willard terkini lewat line Prospex yang pastinya akan menarik perhatian kamu. Penasaran dengan koleksi Seiko Captain Willard? Simak terus ulasan Minwatch berikut ini.

Sejarah Seiko Captain Willard

Julukan Seiko Captain Willard berawal dari film “Apocalypse Now” yang hadir pada tahun 1979. Pada saat itu Captain Willard diperankan oleh Martin Sheen terlihat memakai jam tangan Seiko 6105-8110. Nah dari situlah, Captain Willard langsung menjadi nama julukan untuk jam tangan ini. 

Martin Sheen berperan sebagai Captain Willard pada film Apocalypse Now (1979) menggunakan Seiko 6105.
Martin Sheen berperan sebagai Captain Willard pada film Apocalypse Now (1979) menggunakan Seiko 6105.

Pada 2020 lalu Seiko kembali menghadirkan interpretasi modern dari jam tangan Seiko 6105-8110 Captain Willard tersebut. Jam tangan ini tetap mempertahankan tampilan model aslinya, namun dengan sentuhan yang baru. Seiko Captain Willard terkini yang hadir lewat Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 dan Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 . Berikut adalah spesifikasi dari kedua model tersebut.

Seiko 6105-8110 Captain Willard.
Seiko 6105-8110 Captain Willard.

Review Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 

1. Case, Bezel & Crown

Case Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1.
Case Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1.

Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 hadir dengan diameter case 42,7 mm, dengan cushion case yang melengkung pada keempat sisinya. Walaupun terlihat cukup besar, cushion case tersebut justru menambah efek ramping pada jam tangan ini karena memiliki lug to lug pendek. Untuk ketebalannya berada di 13,2 mm dengan ukuran case lug 20 mm. 

Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 hadir dengan unidirectional rotating bezel yang dapat diputar satu arah. Case jam tangan ini begitu kokoh, cukup menonjol membungkus hampir seluruh tampilan termasuk crown. Case juga dilengkapi super hard coating untuk ketahanan lebih baik terhadap goresan.

2. Dial

Dial Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1.
Dial Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1.

Dial Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 tampak klasik dengan mempertahankan bentuk lingkaran yang tradisional. Dial-nya hadir dengan warna hitam yang tampak kontras dengan indeksnya yang berwarna putih. Hal ini memberikan tingkat keterbacaan yang baik bagi jam tangan ini. Pada posisi angka 3, kamu dapat menemukan window date yang akan berganti otomatis setiap harinya.

Lalu, jarumnya hadir dengan model baton / stick hands dengan ujung yang tumpul yang sudah dilapisi LumiBrite, sementara pada ujung jarum detik terdapat 2 kolom dengan salah satu kolom diisi LumiBrite dan kolom lainnya berwarna merah hal ini membantu visibilitas dalam kondisi terang maupun gelap. Tidak hanya pada hands, LumiBrite ada juga pada indeks dan bezel. Keindahan dial ini dilindungi dengan sapphire crystal yang melengkung, dengan lapisan anti reflektif pada permukaannya.

3. Movement

Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 ditenagai dengan automatic movement calibre 6R35. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 beat per jam, dengan frekuensi 3 Hz , dan memiliki akurasi -15 hingga +25 detik per hari. Bahkan jam tangan ini juga sudah dibekali dengan power reserve yang cukup lama, yaitu selama 70 jam dan magnetic resistance 4,800A/m.

4. Water Resistance

Untuk ketahanan airnya, Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 memiliki water resistant 200m dan masuk ke dalam kategori diver watch dengan standar ISO 6425. 

5. Bracelet

Bracelet  Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1.
Bracelet  Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1.

Pesona Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 semakin kuat dengan kehadiran stainless steel bracelet yang mengikat di pergelangan tangan. Jam tangan ini hadir dengan president bracelet yang solid dan dilengkapi folding clasp, micro adjustment serta diving extension.

6. Tampilan di Pergelangan Tangan

Tidak usah khawatir dengan kehadiran cushion case yang seakan membuatnya tampak lebih besar. Karena lug to lug yang pendek justru membuat case jam tangan ini melekat begitu sempurna di pergelangan tanganmu! 

Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 merupakan model yang paling mirip dengan Seiko 6105-8110 lawas yang dipakai tokoh Captain Willard. Agar semakin mirip, kamu bisa mengganti strap-nya dengan waffle rubber strap berukuran 20 mm.

Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 melekat di pergelangan tangan dengan sempurna.
Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 melekat di pergelangan tangan dengan sempurna.

Review Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 

1. Case, Bezel, dan Crown

Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.
Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.

Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 merupakan versi yang sedikit berbeda dari SPB151J1. Perbedaan utama yang paling mudah dilihat adalah pada warna dial dan bezel, yaitu Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 hadir dengan warna hijau matcha, sedangkan SPB151J1 dengan warna hitam.

Case-nya sama-sama hadir dengan cushion case yang membuatnya ideal menopang dial berbentuk lingkaran. Hadir dengan ukuran case yang serupa yaitu 42,7 mm, case-nya sudah dilapisi dengan lapisan super hard coating, yang membuat jam tangan ini semakin kuat terhadap goresan.

Bezel-nya hadir dengan unidirectional rotating bezel yang dapat diputar searah, dengan 120 klik. Kamu juga dapat menemukan indikator skala 60 menit dengan perpaduan bar dan stick yang berada di atas bezel hijau matcha.

Di sisi kanan, kamu dapat menemukan crown yang memiliki alur, yang akan memudahkan kamu dalam mengoperasikannya. Crown-nya dilindungi dengan crown guard yang menjaganya tetap aman dari benturan keras atau guncangan.

2. Dial

Dial Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.
Dial Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.

Bila dibandingkan dengan versi Captain Willard yang terdahulu, mungkin versi Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1 akan tampak lebih mirip karena memiliki dial hitam. Namun ternyata Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 berhasil mencuri perhatian dengan dial hijau matcha-nya yang memberikan efek gradasi. 

Dial-nya sudah dilindungi dengan kaca sapphire crystal yang memberikan keamanan ekstra terhadap goresan apa pun. Sapphire crystal ini juga sudah dilengkapi dengan lapisan anti-reflektif.

Selain itu, indeks dan hands jam tangan ini juga sudah dilapisi dengan LumiBrite untuk keterbacaan yang optimal meskipun dalam keadaan gelap atau di bawah air. Pada posisi pukul 3 kamu juga dapat menemukan window date yang akan berganti otomatis setiap harinya.

LumiBrite Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.
LumiBrite Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.

3. Movement

Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 merupakan jam tangan yang dibekali dengan automatic movement, dengan calibre 6R35. Power reverse-nya menjadi andalan, yaitu mencapai 70 jam dan berdetak sebanyak 21.600 beat per jam, dengan akurasi -15/+25 detik per hari. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan magnetic resistance 4,800A/m. 

4. Water Resistance

Sebagai jam tangan diver dengan standar ISO 6425, jam tangan ini juga memiliki water resistant hingga 200 meter.

5. Strap

Strap Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1. .
Strap Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1. .

Strap Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 hadir dengan retro-style silicone strap yang hadir dengan warna hitam. Tampilan ini memberikan kesan klasik, sporty dan maskulin. Strap ini menawarkan kenyamanan sepanjang hari baik saat kamu melakukan penyelaman ataupun saat beraktivitas di daratan.

6. Tampilan di Pergelangan Tangan

Tampilan Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 saat digunakan.
Tampilan Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 saat digunakan.

Pada pergelangan tangan, Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1 tampak nyaman, terutama dengan retro-style silicone strap/rubber strap hitam yang melekat sempurna di pergelangan tangan. Walaupun case-nya tampak cukup besar, namun ukurannya justru memberikan kesan maskulin bagi pemakainya.

Segera Dapatkan Seiko Captain Willard Prospex di Jamtangan.com:

1. Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1

    Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.

    Seiko Prospex Captain Willard SPB153J1.

    2. Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1

      Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1
      Seiko Prospex Captain Willard SPB151J1

      Dari kedua koleksi Seiko Captain Willard Prospex di atas, kira-kira yang mana jadi favoritmu? Seiko Prospex SPB151J1 dengan stainless steel strap yang elegan atau Seiko Prospex SPB153J1 dengan rubber strap yang nyaman? Untuk kamu yang sudah tidak sabar untuk menggunakannya, kamu bisa dengan mudah dapatkan di Jamtangan.com. Beli jam tangan di Jamtangan.com #PastiOri dan terpercaya.

      Total
      0
      Shares
      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

      Previous Article
      Seiko Prospex Save the Ocean Special Edition

      Seiko Manta Ray Masih Diincar di 2023? Simak Ulasannya!

      Next Article
      TAG Heuer Connected Caliber E4

      Mengenal Lebih Dekat Smartwatch Elegan TAG Heuer Connect Caliber E4

      Related Posts
      Total
      0
      Share