Kembalinya Sang Legenda: Seiko ‘Arnie’

Kembalinya Sang Legenda:  Seiko ‘Arnie’

Di dunia perfilman, jam tangan cukup berperan penting menjadi properti pendukung aksi sang aktor. Sudah banyak film yang mempopulerkan jam tangan yang ikonik dan identik yang mengingatkan penontonnya pada sang aktor. Kali ini blog Machtwatch akan mengulik tentang jam tangan yang sering dibicarakan di komunitas pecinta jam tangan, apalagi kalo bukan Seiko Arnie. Jika Anda penggemar Arnold Schwarzenegger dan seri filmnya, pasti sudah tak asing lagi dengan Seiko H558-5009. Bila belum mengenal Seiko H559-5009 setidaknya Anda memperhatikan jam tangan yang selalu menemani Arnold dalam beraksi, seperti di film Commando (1985) dan Predator (1987).

image source: Copyright 20th Century Fox

Yang paling ditunggu-tunggu pecintanya, di tahun 2019 Seiko menghadirkan versi remaja dari H559-5009 yakni SNJ025. Kali pertama diperkenalkan di Baselworld 2019 dan merupakan revitalisasi konsep dari Seiko H559 yang diluncurkan di tahun 1982. Tersedia dalam tiga pilihan warna yang terlihat garang jika dikenakan di segala medan. Dengan diameter 47,8mm, tebal 14,4mm, Lug to Lug 51,3mm serta silicon strap 22mm, begitu pas dipakai bahkan untuk pergelangan tangan kecil sekalipun. Tak terlihat terlalu besar namun juga tidak kecil bagi ukuran tangan besar. Masih sedikit mirip dengan versi homagenya, SNJ025 tampil dengan Tuna-style dan analog-digital dial yang dilengkapi detil berupa lug yang dipolish halus, unidirectional rotating bezel dengan elapsed time insert.

image source: hodinkee.com

Seiko Arnie berpenggerak Solar Quartz Movement dengan kaliber H851, dan memiliki beberapa fitur seperti chronograph, alarm, calendar, dan dual time. Dilindungi oleh Hardlex crystal datar sehingga menampilkan kesan yang praktis namun toolish. Meski bagi sebagian penggunanya, Seiko Arnie ini cenderung memiliki screen yang agak kecil untuk ukuran casenya yang besar.

Bagi pecintanya, Seiko Arnie layak dijuluki ‘the new vintage karena meski terlihat mirip dengan homagenya, dari segi fitur Seiko Arnie 2019 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Fitur itu antara lain, pengisian daya dengan Solar Power, Battery Check System, dan kemampuan praktis dalam setting Second Time Zone. Sehingga Anda tak perlu risau jika sedang traveling, jadi bisa menampilkan waktu lokasi asal Anda pada display analog dan waktu lokasi setempat pada display digital.

image source: hodinkee.com
image source: hodinkee.com

Secara umum, meski LCD displaynya begitu kecil namun jangan khawatir dengan keterbacaan jam tangan di kondisi yang sulit penglihatan. Terdapat lumi material pada display analog dan backlight pada LCD display yang berpendar cukup terang di kondisi minim cahaya. Desain yang diaplikasikan pada Seiko Arnie ini seakan seperti sentuhan teknologi jam tahun 80an yang dihadirkan di Seiko Diver SKX007. Namun untuk desain tata letak pada keselurahan fungsi jam tangan ini patut diacungi jempol. Memberi kesan yang easy to use tapi juga punya fitur yang cukup powerful.

Untuk pasar Indonesia, Seiko Arnie 2019 dibanderol mulai dari 4 juta-an Rupiah. Jika Anda sudah tak sabar ingin memiliki Seiko Arnie 2019, Anda bisa langsung klik Seiko Arnie di Jamtangan.com karena Jamtangan.com adalah situs online jam tangan No. 1 yang memberikan harga terbaik. Bagi yang sedang burbudget minim tak perlu berkecil hati, Anda juga bisa tengok Casio G-Shock G-Steel Line yang dibanderol mulai dari 2 juta-an Rupiah.

Categories: Editor's Choices, Seiko