Nostalgia dengan Dua Jam Chronograph Seiko Pertama di Dunia

Nostalgia dengan Dua Jam Chronograph Seiko Pertama di Dunia

Seiko memegang peran besar dalam sejarah jam chronograph di dunia. Inovasi brand asal Jepang ini menjadi batu loncatan yang signifikan dalam perkembangan jam chronograph. Bahkan, bisa dibilang Seiko turut menciptakan salah satu jam chronograph dengan movement otomatis pertama di dunia. 

Pada 1964 silam, Seiko merilis jam tangan chronograph pertamanya dan menjadi yang pertama pula di Jepang. Jam itu disebut Crown Cronograph. Lima tahun kemudian, yakni pada 1969, Seiko merilis Caliber 6139, salah satu jam chronograph otomatis pertama di dunia. Inovasi pada model itu sangat signifikan pada industri jam tangan karena untuk pertama kalinya column wheel dan vertical clutch digabungkan sehingga tingkat presisi stopwatch meningkat. 

Dua jam tangan chronograph legendaris dari Seiko. Dok: Seiko

Untuk memperingati milestone jam chronograph, Seiko merilis dua jam tangan limited edition yang mengajak kita nostalgia terhadap dua model historis tersebut. Satu jam tangan dari lini Prospex – Seiko Prospex SRQ029J1, sedangkan satu lainnya dari lini Presage – Seiko Presage SRQ031J1.

Dirilis secara terbatas, yakni masing-masing hanya 1000 item, dua produk itu mulai tersedia sejak Desember 2019. Keduanya sudah tersedia dengan potongan harga menarik di Jamtangan.com. Berikut fitur-fiturnya.

Seiko Prospex SRQ029J1 50th Anniversary Limited Edition

Seiko Prospex SRQ029J1. Dok: Monocrome-watches

Jam tangan ini didesain berdasarkan model legendaris Caliber 6139. Para penggemar Seiko menyebut Caliber 6139 sebagai “Panda” chrono, karena memiliki dua subdial berwarna hitam, kontras dengan warna putih pada dial. Desain yang mirip tampak pada Seiko Prospex SRQ029J1, hanya saja ada tambahan satu satu subdial berwarna putih.

Jarum model terbaru ini pun mirip dengan pendahulunya. Ujung jarum detik diberi warna oren yang menonjol di antara warna monokrom. Marker jam dan tachymeter bezel juga tampak tak berubah.

Subdial ketiga pada Seiko Prospex SRQ029J1 memang menjadi pembeda dengan Caliber 6139. Subdial tersebut menjadi penunjuk detik. Desain case juga di-update dengan sapphire crystal, polesan Zaratsu, dan lapisan anti-reflective. 

Seiko Prospex SRQ029J1 patut Anda pertimbangkan karena menggunakan caliber chronograph paling canggih saat ini, yakni 8R48, yang diciptakan pada 2014. Dengan diameter 41 mm dan ketebalan 16 mm, jam ini akan nyaman digunakan beraktivitas sehari-hari. 

Seiko Presage SRQ031J1 55th Anniversary Limited Edition

Seiko Presage SRQ031J1. Dok: Monocrome-watches

Model ini terinspirasi dari desain 1964 Crown Chrono. Namun tentunya di-update dengan detail-detail yang sesuai dengan perkembangan teknologi Seiko. 

Tampilan yang mengambil dari desain 1964 di antaranya adalah sapphire crystal yang berbentuk kotak, font angka yang terdefinisi dengan tajam pada bezel, serta case yang miring ke dalam sehingga memungkinkan jam untuk menempel rapat pada pergelangan tangan.

Detail Seiko Presage SRQ031J1. Dok: Seiko

Seiko Presage SRQ031J1 juga menggunakan movement 8R48 dengan chronograph hingga 12 jam dan power reserve mencapai 45 jam. Case dilindungi dengan sapphire crystal dan lapisan anti-reflective dan lugs dipoles dengan Zaratsu.

Bila Anda menginginkan jam chronograph limited edition di atas, silahkan kunjungi Jamtangan.com untuk mendapatkan harga terbaik. Anda juga bisa langsung mendatangi store Machtwatch yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Banyuwangi, Jember, dan Mojokerto.

Categories: Seiko, Watch Features