Sejarah Jam Tangan Rusia: Dari Perang Dunia II hingga Dibawa ke Luar Angkasa

by Hanif Jul 30, 2023 11 min read

Pabrik Jam Tangan Rusia Era Uni Soviet

Jam tangan Rusia pada era Uni Soviet untuk Red Army.
Jam tangan Rusia pada era Uni Soviet untuk Red Army.

Bisa dikatakan terlambat, karena saat itu industri jam tangan Amerika dan Eropa sudah memproduksi jam sejak tahun 1800-an, sementara pabrik jam tangan pertama dan kedua di Moskow, Rusia (saat itu masih Uni Soviet) baru beroperasi sekitar tahun 1930. Joseph Stalin memiliki andil dalam pendiriannya.

Pabrik jam tangan Moskow pertama dan kedua dikembangkan sebagai bagian dari rencana 5 tahun pertama Uni Soviet. Butuh waktu 3 tahun sejak resolusi disahkan pada tahun 1927 agar pabrik bisa beroperasi. Pabrik lalu menjadi produktif, dan membuat jam kokpit untuk pilot, stopwatch, jam saku, dan jam tangan. Pabrik tersebut memproduksi jam tangan untuk pegawai pemerintah, termasuk tentara. Pabrik tersebut dilengkapi oleh alat-alat yang diakuisisi dari Dueber-Hampden, sebuah perusahaan jam tangan Amerika. Jam pertama yang diproduksi oleh pabrik jam tangan Moskow di rilis di gedung Revolution Theatre pada sebuah upacara seremonial di tahun 1930. 

Pada tahun 1940, pabrik jam Moskow pertama telah memproduksi 2,7 juta jam saku dan jam tangan. Namun pada tahun 1941 saat Uni Soviet diinvasi, alat-alat pabrik jam tangan Moskow dievakuasi ke kota Zlatoust. Pabrik di kota Zlatoust diberi nama “Factory 845”. Pada tahun 1943, peralatan pabrik kembali dibawa ke Moskow. Setelah kesuksesan misi Yuri Gagarin, pada 1964 pabrik ini berganti nama menjadi “Poljot”.

Pabrik jam tangan Moskow
Pabrik jam tangan Moskow pertama (pada tahun 1964 berganti nama menjadi Poljot)

Pabrik jam tangan selanjutnya yang dibuka yaitu pabrik jam tangan Moskow kedua yang sempat dievakuasi ke Chistopol pada 1941. Setelah dievakuasi, pabrik tersebut diberi nama “Factory 835” yang memproduksi jam tangan Tipe-1 (atau K-43). Pabrik Chistopol ini akhirnya berganti nama menjadi Vostok dan menjadi merek jam tangan Vostok yang populer hingga saat ini. Sementara pabrik jam tangan Moskow kedua menjadi pabrik jam tangan Slava.

Selain kedua pabrik diatas, ada sebuah pabrik tua yang didirikan kasiar Rusia, Peter I atau Peter The Great pada 1721 di Saint Petersburg untuk memproduksi kerajinan batu mulia, pabrik ini bernama Petrodvorets. Namun pada awal 40an, pabrik ini hancur oleh serangan Jerman. Pada 1944 Joseph Stalin menghidupkan lagi pabrik ini dan difungsikan untuk membuat jam tangan. Pada 1945 pabrik ini memproduksi jam tangan Pobeda dan Zvezda. 

Pobeda sendiri merupakan merek yang digagas oleh Stalin dan juga diproduksi oleh pabrik jam Uni Soviet lainnya pada saat itu seperti pabrik jam tangan pertama dan kedua di Moskow, pabrik Chistopol dll. Pada 1961 pabrik ini memproduksi jam tangan dengan nama merek Raketa untuk menghormati Yuri Gagarin.

Nah itu adalah kisah singkat tentang pabrik jam tangan Rusia. Pabrik-pabrik tersebut dalam perkembangannya memproduksi beberapa brand. Untuk kamu yang sudah penasaran, yuk Minwatch ajak kamu kenalan lebih lanjut dengan beberapa brand jam tangan Rusia.

#1 Jam Tangan Rusia: Sturmanskie

Jam tangan Sturmanskie Gagarin modern dengan strap merah.
Jam tangan Sturmanskie Gagarin modern dengan strap merah.

Jam tangan Sturmanskie pertama kali diproduksi untuk tentara Soviet pada 1949 hingga 1950-an di pabrik jam tangan Moskow pertama. Era ini adalah era di mana Uni Soviet memulai babak baru di bidang kosmonautika. Sejak saat itu, Soviet menjadi pemimpin global yang diakui secara universal dalam ilmu roket, dan kosmonautika. 

Sturmanskie tipe 1 yang di produksi tahun 1949.
Sturmanskie tipe 1 yang di produksi tahun 1949.

Kembali pada tahun 1949, Sturmanskie menjadi jam tangan resmi yang dikeluarkan untuk Angkatan Udara Uni Soviet. Jam tangan ini didesain khusus untuk pilot militer dan astronot. “Sturmanskie” dalam bahasa Rusia berarti navigator atau pilot. Jam tangan ini hanya tersedia untuk Angkatan Udara, dan tidak untuk masyarakat umum. Sturmanskie memiliki kualitas produk yang tinggi dengan akurasi, keandalan, dan daya tahan yang luar biasa. 

Satu momen terkenal dalam sejarah jam tangan Sturmanskie adalah ketika Yuri Gagarin, astronot pertama yang berhasil mencapai luar angkasa pada 12 April 1961, mengenakan jam tangan Sturmanskie saat meluncurkan misi Vostok 1. Hal ini membuat jam tangan ini semakin terkenal di seluruh dunia. 

Sejak saat itu, Sturmanskie telah mengalami berbagai perkembangan dan variasi model yang lebih modern, dilengkapi dengan fitur yang lebih baik seperti chronograph, ketahanan air, dan sebagainya.  

Yuri Gagarin.
Yuri Gagarin.

Pada 12 April 1961 menandai peristiwa terpenting dalam sejarah umat manusia, yaitu peluncuran pesawat ruang angkasa berawak pertama, Vostok, dari pusat ruang angkasa Baikonur. Kosmonot pertama di dunia, yaitu pilot Soviet yang bernama Yuri Gagarin menghabiskan 108 menit di orbit dan membuat lingkaran penuh mengelilingi Bumi. Terobosan ini menjadi tonggak sejarah baru dalam sejarah dunia, dan Sturmanskie menjadi jam pertama di dunia yang mencapai luar angkasa.

Sejak April 1961, jam tangan Sturmanskie telah digunakan dalam misi antariksa berawak oleh astronot Rusia. Pembuatan dan rancangan jam tangan ini tidak main-main, karena dalam proses pengembangannya melibatkan ahli kendali misi dan Roscosmos. Tidak hanya itu, pembuatan Sturmanskie juga melibatkan para kosmonot. Sejak 1964 karena pabrik jam pertama di Moskow berubah nama menjadi Poljot, maka merek-merek yang diproduksi di pabrik tersebut menjadi bagian dari satu bendera dengan nama Poljot yang artinya penerbangan. Sampai tahun 1983, jam tangan buatan Poljot hanya dibuat untuk kalangan militer, astronot dan penerbang namun pada 1983 Sturmanskie melalui Poljot mulai dijual untuk publik.

Jam tangan Sturmanskie
Jam tangan Sturmanskie yang digunakan Yuri Gagarin di museum Cosmonaut Training Center.

Karena Poljot (pabrik jam tangan Moskow pertama) sempat mengalami kebangkrutan, dan akhirnya diakuisisi oleh Volmax yang didirikan bekas karyawan Poljot. Volmax lalu menghidupkan merek Sturmanskie kembali, jadi saat ini jam tangan Sturmanskie modern diproduksi oleh Volmax di lokasi pabrik jam tangan Moskow pertama (Poljot).

Volmax juga menggunakan nama-nama yang berbau dunia kosmonot, menghidupkan merek-merek lama dan dijadikan nama seri dari koleksi Sturmanskie, diantaranya adalah “Gagarin” yang didedikasikan sebagai jam tangan pertama yang mencapai luar angkasa dibawa Yuri Gagarin, koleksi “Open Space” yang dibuat untuk mengingatkan akan manusia pertama yang keluar angkasa, koleksi flagship bernama “Strela”, koleksi versi chronograph “Open Space”, koleksi “Okean” yang merupakan jam tangan chronograph dengan movement legendaris Poljot yaitu 3133, koleksi “Sputlink” yaitu jam tangan yang dibuat sebagai penghargaan untuk peluncuran satelit Bumi buatan pertama pada tahun 1957, koleksi “Arktika” yang merupakan jam tangan yang bisa digunakan di kutub. Selain itu ada koleksi yang di dedikasikan juga untuk pencapaian Rusia di luar angkasa seperti koleksi “Luna 25”, “Mars” dan “Mars Lady”.

Jam Tangan Rusia: Poljot

Perjalanan Poljot tidak bisa lepas dari sejarah pabrik jam tangan Moskow pertama. Berawal pada tahun 1959. Saat itu lahir jam tangan Strela yang menggunakan movement chronograph 3017. Movement ini dibuat berdasarkan movement Venus caliber 150/152 dari Swiss dan menjadi movement chronograph buatan Rusia era Uni Soviet pertama. Strela sendiri cukup populer karena digunakan kosmonot Alexey Arkhipovich Leonov ketika menjadi manusia yang berjalan di luar angkasa untuk pertama kali di dunia. Tak lama setelah Strela 3017 lahir, pada tahun 1960 lahirlah jam tangan dengan brand Poljot melalui koleksi dengan movement 2414. Saat itu Poljot merupakan satu di antara banyak merek jam yang diproduksi oleh pabrik jam Moskow pertama, perlu diketahui saat itu ada banyak brand yang diproduksi yaitu Antarktida, Kirovskie, Kosmos, Mayak, Moskva, Orbita, Pobeda, Poljus, Rodina, Signal, Sportivnie, Sputnik, Stolichnie, Strela, Sturmanskie, serta Vympel. Namun karena di antara merek-merek tersebut, Poljot paling populer. Pada 1964 pabrik jam tangan pertama Moskow berganti nama menjadi pabrik Poljot dan seluruh brand yang diproduksi pabrik jam Moskow pertama dilebur jadi satu di bawah bendera satu brand saja yaitu Poljot (Полёт) yang berarti penerbangan.

Sejak saat itu Poljot menjadi terkenal di seluruh dunia dan movement legendaris yang terkenal ialah manual winding chronograph caliber 3133. Movement ini dibuat setelah Poljot mengakuisisi alat-alat produksi milik Valjoux (produsen movement mechanical chronograph asal Swiss) pada tahun 1974. Setelah itu Poljot memproduksi jam tangan chronograph mereka pada 1976 bernama “Ocean” yang menggunakan caliber 3133 dan digunakan oleh angkatan laut Uni Soviet.

Poljot.
Poljot.

Namun Poljot menghadapi krisis. Sekitar akhir tahun 2000-an pabrik jam tangan Moskow pertama yang sejak 60-an bernama Poljot, tidak dapat bertahan menghadapi persaingan pasar dan berhenti produksi. Sehingga pabrik diakuisisi oleh mantan karyawan Poljot. Kemudian karyawan tersebut memulai sebuah perusahaan bernama Volmax, yang kembali membuat dan menghidupkan kembali merek jam tangan yang pernah diproduksi pabrik jam tangan Moskow pertama (Poljot), diantaranya adalah “Sturmanskie”, “Buran” dan “Aviator.” 

Jam Tangan Rusia: Vostok

Vostok hadir pada Perang Dunia II di Uni Soviet melalui pabrik jam Moskow kedua yang dievakuasi ke kota Chistopol ketika tentara Jerman menginvasi Rusia pada tahun 1941. Pabrik tersebut terpaksa mengalihkan fokus dari produksi jam tangan ke produksi bahan amunisi untuk perang.

Pabrik jam tangan Chistopol
Pabrik jam tangan Chistopol

Pada tahun 1942 pabrik di Chistopol diberi sebutan “Factory 835” oleh Pemerintah Uni Soviet. Nama pabrik tersebut digunakan sejak produksi jam tangan Tipe-1 (K-43). Begitu tentara Jerman diusir dari Moskow, pabrik jam kedua Moskow di evakuasi kembali ke lokasi aslinya di Moskow. Namun, setelah pemindahan ke Moskow, pabrik di Chistopol terus beroperasi untuk membuat bahan amunisi karena perang masih berlangsung. Setelah perang dunia berakhir, pabrik di Chistopol kembali memproduksi jam tangan dan alat-alat navigasi militer. Sementara pabrik jam tangan kedua di Moskow menjadi pabrik jam tangan Slava.

Vostok Komandirskie.
Vostok Komandirskie.

Pabrik ini juga sempat memproduksi jam Pobeda pada tahun 1949-1950 dan pada tahun 1950-an, Factory 835 memproduksi jam tangan “Mir”, “Saturnus”, dan “Sputnik”. Pada tahun 1962 Factory 835 mulai memproduksi jam tangan dengan nama “Vostok” untuk menghormati penerbangan luar angkasa Yuri Gagarin. Akhirnya Vostok menjadi sangat populer sehingga nama pabrik secara resmi diubah menjadi Vostok pada tahun 1969 dan hanya memproduksi merek Vostok. Jam tangan Vostok diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pada kondisi medan perang yang keras. Ketangguhan serta kehandalan jam tangan Vostok membuatnya sangat dihargai oleh tentara dan pejuang.

Vostok menghadirkan koleksi jam tangannya yang populer yaitu Vostok Amphibia yang merupakan dive watch dengan ketahanan air 200 meter, dan ada juga Vostok Komandirskie yang merupakan jam tangan militer tahan banting dan unik. Vostok diketahui menjadi pemasok resmi kementerian pertahanan Uni Soviet. Jam tangan yang diproduksi untuk kementerian pertahanan memiliki tulisan “Заказ МО СССР” yang artinya dipesan untuk kementerian pertahanan Uni Soviet. Hingga saat ini, jam tangan Vostok yang memiliki tulisan “Заказ МО СССР” menjadi incaran kolektor.

Jam tangan Vostok Amphibia.
Jam tangan Vostok Amphibia.

Pada Agustus 2003, perusahaan Koliz Laikrodžiai dari Lithuania dan pabrik jam Chistopol Vostok (Rusia) menandatangani perjanjian untuk menciptakan merek baru yang lebih modern. Merek tersebut bernama Vostok Europe, yang diproduksi di Lithuania namun menggunakan movement yang diproduksi eksklusif oleh Runim Co. yang merupakan divisi dari pabrik jam tangan Chistopol milik Vostok. Namun berdasarkan perjanjian, pada 2014 impor movement dari Rusia dihentikan, sehingga Vostok Europe mulai menggunakan movement dari produsen negara lain seperti Jepang. Sementara pabrik Chistopol sampai sekarang masih memproduksi jam tangan Vostok dengan movement buatan mereka sendiri. Sehingga saat ini terdapat 2 brand dengan nama Vostok, yaitu Vostok buatan pabrik Chistopol dari Rusia dan Vostok Europe dari Lithuania.

Jam Tangan Rusia: Raketa

Pada tahun 1961 pabrik Petrodvorets yang sudah berdiri sejak 1721, memproduksi jam tangan dengan nama Raketa yang artinya roket. Jam tangan ini dibuat untuk menghormati Yuri Gagarin yang berhasil mencapai luar angkasa pada misi Vostok-1. Jam tangan ini dibanderol harga yang mirip dengan merek-merek mewah Swiss, mulai dari kualitas hingga tingkat presisi. Bahkan seiring waktu, kualitas jam tangan Raketa telah meningkat pesat sejak tahun 1960-an.

Raketa merupakan merek jam tangan yang mampu memproduksi jam tangan sepenuhnya (in-house), termasuk movement, hairspring, dan escapement. Perusahaan induknya, pabrik jam tangan Petrodvorets, mulai memasok beberapa merek jam tangan Swiss yang mengalami kesulitan memperoleh movement ETA Swiss. Petrodvorets juga membuka sekolah watchmaking untuk melahirkan ahli-ahli Horologi baru.

Jam tangan Raketa
Jam tangan Raketa

Pada tahun 2009, pabrik jam tangan Petrodvorets mempekerjakan tiga ahli pembuat jam tangan dari Swiss untuk membantu pabrik menyesuaikan produknya dengan standar modern. Para pembuat jam ini sebelumnya pernah bekerja untuk Rolex, Breguet, dan Hautlence.

Pada tahun 2011, Pabrik Jam Tangan Petrodvorets mengumumkan bahwa supermodel Natalia Vodianova melibatkan diri untuk merancang model jam tangan baru. Model Vodianova didasarkan pada desain Raketa vintage dari tahun 1974. Sebagian dari penjualan “Raketa by Vodianova” ini disumbangkan ke Yayasan Naked Heart Vodianova.

Raketa by Vodianova.
Raketa by Vodianova.

Pada tahun 2012, Jean-Claude Quenet, mantan direktur departemen escapement Rolex dan produksi di Franck Muller, bergabung dengan pabrik Petrodvorets. Pada 2013 Pangeran Rostislav Rostislavovich Romanov menjadi penasihat departemen kreatif pabrik dan anggota dewan direksi. Dia menciptakan desain jam tangan khusus baru untuk memperingati 400 tahun Dinasti Romanov. Raketa sendiri saat ini dikenal sebagai merek jam tangan mewah dari Rusia.

Jam Tangan Dengan Desain Terinspirasi Sejarah Rusia Era Uni Soviet 

Jam tangan Rusia sangat sulit dicari di pasaran Indonesia karena metode distribusinya berbeda dengan merek-merek Swiss atau Jepang. Namun jangan khawatir, karena ada merek CCCP yang tersedia di Jamtangan.com. Sejarah jam tangan Rusia pada era Uni Soviet menjadi inspirasi desain koleksi jam tangan CCCP. Brand ini merupakan micro brand di bawah naungan Dartmouth Brands Ltd yang berakar di Inggris. Kamu bisa menemukan estetika, sejarah, pengetahuan, dan gaya militer Uni Soviet lewat desainnya. Selain itu banyak koleksinya menggunakan movement buatan Rusia, tepatnya Slava movement. Berikut rekomendasinya:

1. CCCP Mig-21 CP-7101-11 Limited Edition

CCCP Mig-21 CP-7101-11 Limited Edition.
CCCP Mig-21 CP-7101-11 Limited Edition.

2. CCCP Naval Kondor CP-7095-44

CCCP Naval Kondor CP-7095-44.
CCCP Naval Kondor CP-7095-44.

3. CCCP Naval Barrakuda CP-7094-33

CCCP Naval Barrakuda CP-7094-33.
CCCP Naval Barrakuda CP-7094-33.

4. CCCP Sputnik 2 CP-7026-0D

CCCP Sputnik 2 CP-7026-0D.
CCCP Sputnik 2 CP-7026-0D.

5. CCCP Naval Kiev CP-7069-22

CCCP Naval Kiev CP-7069-22.
CCCP Naval Kiev CP-7069-22.

Itu dia kisah jam tangan Rusia sejak era Uni Soviet yang melegenda dan menarik untuk kita telisik kisahnya lebih jauh. Kamu bisa cek koleksi  CCCP lainnya di sini, dan dapatkan jam tangan kesukaan kamu sekarang! Beli jam tangan di Jamtangan.com, #pastiOri dan terpercaya!

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more