Menelusuri Perjalanan Mido Sebagai Merk Jam Tangan Terkenal di Dunia

jam tangan mido

Mido merupakan salah satu merk jam tangan yang terkenal di dunia berkat jam tangan  buatannya yang berkualitas. Brand asal Swiss ini sudah berdiri lebih dari 100 tahun, tepatnya sejak tahun 1918. Mido kerap kali menghadirkan koleksinya yang begitu unik dan terkonsep, seperti terinspirasi dari berbagai arsitektur terkenal dunia. 

Koleksinya antara lain seperti Multifort yang terinspirasi dari Jembatan Sydney Harbour (1934), Commander yang terinspirasi dari Eiffel Tower (1959), All Dial yang terinspirasi dari Coliseum di Roma (2002), Baroncelli yang terinspirasi dari bangunan klasik (2006) dan yang lainnya. Mido juga seringkali menjadi sponsor olahraga bergengsi kelas dunia seperti Cliff Diving yang diselenggarakan oleh Red Bull. 

Mido telah berhasil menempatkan posisinya menjadi merk jam tangan yang terkenal di dunia. Berikut adalah milestone perjalanan Mido.

Milestone Jam Tangan Mido

Georges Schaeren pendiri Mido.
Georges Schaeren pendiri Mido.

Tahun 1918: Didirikan oleh Georges Schaeren

Mido didirikan oleh Georges Schaeren seorang watchmaker asal Swiss dengan nama Mido G. Schaeren & Co. pada tanggal 11 November. Nama Mido memiliki arti dalam bahasa Spanyol “Yo mido” yang berarti “saya mengukur”. Arti nama tersebut menjadi identik dengan brand Mido yang menghadirkan jam tangan yang inovatif dengan desain yang abadi.

Tahun 1920: Menghadirkan Jam Tangan Wanita dan Terjun ke Dunia Otomotif

Pada tahun ini Mido menghadirkan jam tangan wanita yang elegan dengan enamel berwarna dan strap yang modern. Selain itu, Mido menemukan pangsa pasar yang besar dan berkembang pesat di dunia otomotif. Dengan pangsa pasar demikian, Mido membuat jam tangan Extremely. Jam tangan berbentuk radiator grills dari berbagai merek seperti Buick, Bugatti, Fiat, Ford, Excelsior atau Hispano-Suiza. 

Tahun 1930: Penemuan Aquadura Mido

Mido sukses menemukan konstruksi crown dengan seal tahan air yang dinamakan Aquadura. Penemuan ini merupakan pioner kedap air untuk bagian sistem seal crown jam tangan yang merupakan fitur yang langka pada masa itu. 

Tahun 1934: Peluncuran Mido Multifort yang Pertama

Peluncuran Mido Multifort yang Pertama.
Peluncuran Mido Multifort yang Pertama.

Peluncuran Mido Multifort yang pertama merupakan tonggak sejarah bagi jam tangan Mido, karena Mido Multifort merupakan jam tangan antimagnetik pertama dengan self-winding movement, tahan air dan tahan guncangan. Hal ini membawa Multifort jadi jam tangan Mido paling laris dari tahun 1930-an hingga 1950-an.

1939: Menghadirkan Ikon Robot dengan Nama “Robi”

Robi robot Mido.
Robi robot Mido.

Untuk pertama kalinya pada tahun 1939, Mido menggunakan robot Mido menjadi brand ambassador yang mewakili simbol kemajuan dan ketangguhan. Ikon robot hadir dengan nama “Robi” dan masih menjadi maskot Mido hingga saat ini.

1954: Memperkenalkan Sistem Powerwind Winding

Mido mengembangkan sistem Powerwind winding yang dapat meningkatkan kinerja power reserve dan kehandalannya. Sistem ini juga mengurangi komponen automatic movement menjadi lebih ringkas, yaitu dari 17 bagian menjadi 7 bagian.

1959: Menghadirkan Mido Commander Ocean Star dengan Single-shell Case

Mido memperkenalkan Commander Ocean Star yaitu jam tangan dengan single-shell atau monobloc case. Hal ini menghilangkan masalah ketahanan air pada bagian caseback. Kombinasi teknologi ini dengan sistem penyegelan crown Aquadra, membuat Mido dapat menghadirkan jam tangan yang dapat bertahan di kondisi terparah sekalipun. Saat ini single-shell atau monobloc case masih diadopsi pada seri Mido Commander.

1967: Meluncurkan Jam Tangan Automatic Terkecil untuk Wanita

Jam Tangan Automatic Terkecil untuk Wanita.
Jam Tangan Automatic Terkecil untuk Wanita.

Dalam semangat inovasi, Mido meluncurkan jam tangan automatic terkecil untuk wanita. Terobosan ini berhasil menghadirkan jam tangan terkecil yang pernah diproduksi.

1981: Juara Dunia Tenis Björn Borg Menjadi Juru Bicara Mido

Pada tahun 1981, juara dunia olahraga tenis yaitu Björn Borg menjadi juru bicara yang mewakili Mido Swiss Watches.

1996: Merilis Teknologi Baru yaitu Bodyguard dan Worldtimer 

Mido merilis 2 buah teknologi baru yaitu Bodyguard dan Worldtimer. Bodyguard merupakan asisten keamanan pribadi dengan alarm keamanan yang terintegrasi (lebih dari 100 decibel). Sedangkan Worldtimer adalah tangan analog pertama yang menunjukkan zona waktu lokal di mana saja (di seluruh dunia) dan dapat dioperasikan dengan mudah.

2000-2002: Mido Menciptakan Jam Tangan Timeless dan menghadirkan Slogan “Reflecting on Time”

Brosur"Reflecting on Time".
Brosur “Reflecting on Time”.

Pada tahun 2000 Mido menciptakan jam tangan automatic dengan desain yang Timeless. Dilanjutkan pada tahun 2002 Mido mengusung slogan “Reflecting on Time” untuk koleksi terbarunya yang terinspirasi dari bangunan bersejarah di era Romawi yaitu Colosseum di Roma. Pada koleksi ini Mido mengembangkan lini All Dial.

2006: Meluncurkan Baroncelli yang Baru

Pada tahun 2006 Mido meluncurkan Baroncelli yang pertama tepat 30 tahun lalu. Untuk memperingati hari jadi ini, Mido menghadirkan koleksi Baroncelli yang terinspirasi dari alat musik gesek. 

2008: Menghadirkan Lini Belluna

Dalam rangka perayaan ulang tahun yang ke-90, Mido menghadirkan lini baru yaitu Belluna. Koleksi ini memberikan gaya dan kualitas dengan jiwa Swiss watchmaking. Belluna terinspirasi dari bentuk arsitektur Art Deco yang timeless  dan menampilkan fitur khas untuk pria masa kini.

2012: Peluncuran Koleksi “Great Wall”

Pada tahun 2012, Mido meluncurkan koleksi “Great Wall”. Koleksi ini terinspirasi dari Great Wall of China atau Tembok Besar Tiongkok.

2014: Bermitra dengan UIA

Mido bekerjasama dengan UIA - International Union of Architects.
Mido bekerjasama dengan UIA – International Union of Architects.

Mido menjalin mitra dan bekerjasama dengan UIA – International Union of Architects. UIA merupakan federasi global asosiasi arsitek nasional dari lebih dari 124 negara dan wilayah yang berlokasi di Swiss. Keanggotaannya mencakup lebih dari 1,3 juta arsitek di seluruh dunia.

2015: Mido Watch Design Contest

Di tahun 2015, Mido mengadakan Watch Design Contest. Kontes ini memilih tiga desainer jam tangan profesional untuk bersaing dalam merancang jam tangan limited edition yang terinspirasi dari Big Ben di London. Desainer yang memenangkan tantangan ini adalah Sébastien Perret, dengan panel juri yang terdiri dari Esa Mohamed, Presiden Persatuan Arsitek Internasional, Franz Linder, Presiden Mido, dan masyarakat umum (voting online).  

2016: Baroncelli 40th Anniversary

Koleksi Baroncelli.
Koleksi Baroncelli.

Tahun 2016 merupakan Baroncelli 40th Anniversary. Mido menegaskan ambisinya untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi horologi dengan menghadirkan chronometer-certified movement dengan silicon balance-spring. Adapun komponen ini hanya digunakan dalam pembuatan jam tangan mewah, dan menjadi komponen koleksi Baroncelli.

2017: Terinspirasi dari Dunia Arsitektur

Karya Mido semakin berkembang dan terinspirasi pada dunia arsitektur, hingga menggunakan slogan “Inspired by Architecture”. Kemudian Mido meluncurkan campaign interaktif dengan tema #BeInspiredByArchitecture. Campaign ini merupakan perjalanan keliling dunia selama 12 minggu untuk menjelajahi 12 kota dan mengunjungi 60 monumen ikonik untuk memilih salah satu yang akan menginspirasi desain jam tangan yang terbaru. Dalam perjalanan tersebut, Museum Solomon R. Guggenheim di New York lah yang terpilih sebagai sumber inspirasi jam tangan yang diluncurkan pada Oktober 2017 di acara eksklusif di New York City.

2018: 100th Anniversary Menghadirkan Big Date

Mido Big Date.
Mido Big Date.

Mido merayakan ulang tahunnya yang ke 100 dengan menghadirkan koleksi Big Date. Jam tangan tersebut merupakan penghormatan kepada semangat visioner pendirinya, Georges Schaeren dan meluncurkan Commander Big Date. Sesuai namanya, koleksi ini hadir dengan large date aperture di posisi pukul 6 dan menggunakan caliber 80.

2019: Menjadi Official Performance Partner Red Bull Cliff Diving World

Pada tahun 2019, Mido menjadi Official Performance Partner Red Bull Cliff Diving World. Kompetisi cliff diving internasional merupakan kompetisi yang dapat dikatakan sangat bergengsi. Melalui koleksi akuatik Ocean Star, Mido terus berinovasi untuk mencapai kesempurnaan.

Dapatkan Rekomendasi Jam Tangan Mido 

1. Mido Ocean Star M026.830.11.041.00 Tribute 75th Anniversary Special Edition

Mido Ocean Star M026.830.11.041.00 Tribute 75th Anniversary Special Edition.
Mido Ocean Star M026.830.11.041.00 Tribute 75th Anniversary Special Edition.

2. Mido Multifort M040.407.11.047.00

Mido Multifort M040.407.11.047.00.
Mido Multifort M040.407.11.047.00.

3. Mido Commander II M016.414.11.041.00

Mido Commander II M016.414.11.041.00.
Mido Commander II M016.414.11.041.00.

4. Mido Multifort M040.407.16.040.00

Mido Multifort M040.407.16.040.00
Mido Multifort M040.407.16.040.00

Perjalanan Mido menjadi merk jam tangan terkenal di dunia begitu luar biasa. Ditambah lagi dengan perjalanan sejarah yang panjang, semakin meyakinkan bila Mido menghadirkan seni dan kualitas pada setiap produknya. Untuk kamu yang sudah penasaran mengoleksi jam tangan Mido, segera dapatkan hanya di Jamtangan.com. Beli jam tangan di Jamtangan.com #pastiOri dengan harga terbaik.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
TAG HEUER CARRERA TOURBILLON H02T DUBAI SKYLINE

TAG Heuer Carrera Tourbillon H02T Dubai Skyline Dirilis di Dubai Watch Week 2023

Next Article
TISSOT HERITAGE PETITE SECONDE

Mengulas Tissot Heritage Petite Seconde dengan Manual Winding Movement

Related Posts
Total
0
Share