Seiko Prospex Monster, Segarang Monster

Seiko Prospex Monster, Segarang Monster

Seiko Prospex  untuk pasar global telah dilaunching oleh Seiko, beberapa jam baru pun diluncurkan oleh Seiko, salah satunya Seiko Prospex Monster. Seiko Monster baru ini, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Seiko Monster non Prospex. Namun Seiko memberikan warna dan nuansa baru pada Monster Prospex. Monster kali ini hadir dengan dua warna yaitu black PVD dengan aksen gold dan black PVD dengan blue bezel. Marker pada Seiko Monster terbaru ini, masih menggunakan model gigi taring seperti seri Monster sebelumnya. Namun pada kristal, Monster Prospex ini sudah menggunakan kristal Safir anti gores.

DSC01330

Gambar 1. Seiko Prospex Monster dengan bezel biru dan PVD case, terlihat sangat gagah.

Yang cukup berbeda dari Seiko Monster terbaru ini, terdapat logo X pada dialnya. Logo “X” adalah logo dari Seiko Prospex. Tentu saja perubahan minor ini cukup membuat Seiko Monster naik kasta menjadi jam tangan yang sejajar dengan Seiko Sumo dan jam Prospex diver lainnya. Seiko Prospex Monster ini cukup terlihat gagah, karena kombinasinya yang menggunakan warna PVD dengan kombinasi lainnya. Warna hitam pada jam mengesankan jam ini cukup gagah namun tetap mewah. Monster untk lini Prospex global ini masih menggunakan mesin 4R35, sama seperti saudara tuanya.

Seiko Prospex Monster JDM

Selain dua Monster untuk pasar global, Seiko juga meluncurkan Seiko Monster Prospex untuk pasar JDM (Japan Domestic Market). Karena sifatnya yang JDM, maka Monster kali ini mengalami banyak perubahan, salah satunya ialah dengan menggunakan movement 6R15 yang mempunyai akurasi +-25-15 detik per hari. Movement 6R15 sebelumnya merupakan movement untuk Seiko Sumo dan mechanical JDM. Imbas dari pemakaian movement 6R15 ini, ialah tidak terdapat day window pada Monster JDM ini. Namun dengan tidak adanya day window, dial pada Monster JDM ini terlihat lebih bersih dan sederhana. Pada date window juga terdapat luv atau kaca pembesar pada kristal jam. Sehingga menambah legibilitas dari pembacaan date.

user29921_pic81766_1413565374

Gambar 2. Seiko Prospex Monster JDM, dengan orange dial dan black dial menggunakan movement 6R15.

Pada Monster JDM ini, juga terdapat perubahan lain yang cukup signifikan, yaitu pada marker. Marker pada jam ini tidak lagi menggunakan desain seperti gigi taring. Namun menggunakan desain trapesium. Desain gigi taring hanya dipertahankan pada marker angka 12 saja. Pada hands dan crown tidak ada perubahan. Bracelet juga masih menggunakan desain Monster sebelumnya. Secara keseluruhan, Monster JDM ini merupakan gabungan dari old monster dan new monster, dibalut dengan movement 6R15 dan logo “X” Prospex pada dialnya. Monster JDM ini tersedia dengan dua warna dial yaitu black dan orange. Baik Monster Prospex global maupun JDM, dua-duanya merupakan jam tangan dengan desain ikonik, yaitu desain Monster. Dengan spesifikasi standar ISO diver 200m, kedua model Monster terbaru dari Seiko ini, cukup layak dikoleksi bagi para pecinta Seiko Monster.

Categories: Seiko