Seiko Monster JDM SBDC 023/25

Seiko Monster JDM SBDC 023/25

Seiko Monster SBDC 023 (orange dial) dan 25 (black dial) merupakan Seiko Prospex Diver series. Kedua jam tangan ini merupakan jam tangan JDM yang dipasarkan di Jepang saja. Seiko meluncurkan kedua jam tangan ini bertepatan dengan 50 anniversary pembuatan Seiko Diver. Seiko Monster merupakan salah satu jam tangan diver yang cukup banyak penggemarnya. Desain monster sendiri sudah mengalami beberapa perubahan. Puncaknya pada SBDC 023/25, Seiko melakukan banyak perubahan. Bisa dibilang ini lah desain Monster yang paling sempurna dan mengakomodir masukan-masukan dari para penggemarnya. Jam tangan ini mengalami perubahan pada hands, date window serta movement.

51BsBJlcooL

Gambar 1. Seiko Monster SBDC023 (orange dial) dengan logo “X” Prospex pada dial.

Seiko Monster yang sesuai standar ISO 6245, dirancang sebagai tool’s watch yang tangguh oleh Seiko. Penggunaan desain yang original namun terlihat garang, membuat Monster digemari para pecinta Seiko Diver. Bahkan di Thailand terdapat banyak kolektor Seiko Monster berbagai varian, sehingga Seiko beberapa kali membuat Monster limited edition untuk pasar Thailand. Pada Monster edisi pertama, marker dibuat berbentuk persegi panjang dengan bentuk gigi taring pada angka 12, serta terdapat day-date display. Monster edisi pertama menggunakan mesin 7s26 dan terdapat dua jenis warna dial saja (hitam dan orange)

Pada Monster edisi kedua, Seiko membuat perubahan dengan mengganti desain marker menggunakan bentuk gigi taring untuk menegaskan kesan “monster”. Namun penggunaan desain gigig taring nampaknya tidak terlalu mengakomodir permintaan penggemar. Pada monster edisi kedua, perubahan juga terdapat pada desain crown dan movement yang mengguanakan movement 4r36. Movement ini lebih complicated dari movement 7sxx karena terdapat fitur hack dan hand winding. Pada edisi kedua, Seiko mengeluarkan banyak varian warna.

SBDC025_LRG

Gambar 2. Seiko SBDC 025 yang mempunyai dial hitam. Terdapat Cyclops luv pada date window.

Pada Monster SBDC 023/25 yang merupakan edisi ketiga, Seiko melakukan banyak perubahan, salah satunya desain marker dikembalikan seperti desain marker Monster edisi pertama, namun dengan sedikit detail berbeda, yaitu bentuk trapesium, tidak berbentuk persegi panjang sehingga cukup menambah legibilitas. Selain itu, Seiko menghilangkan date display, sehingga hanya ada date display. Hal ini menambah kesan clean pada dial monster, selain itu Seiko menambahkan kaca pembesar pada date display atau cyclops. Pada movement Monster generasi ketiga ini menggunakan movement 6r15 yang digunakan di Seiko Sumo, sehingga Monster SBDC023/25 naik tingkat menjadi setara Seiko Sumo dalam lini Prospex. Overall, inilah desain Monster terbaik yang ditunggu banyak pecinta Seiko Diver.

 

Categories: Seiko