Seiko Ananta, Sebuah Kesempurnaan Dedikasi

Seiko Ananta, Sebuah Kesempurnaan Dedikasi

Ananta adalah lini produk Seiko yang relatif baru. Akan tetapi, akar inspirasinya berasal dari budaya dan sejarah Jepang di masa lalu. Seiko selalu berkomitmen mendedikasikan produknya untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya Jepang kepada dunia. Kata “Ananta” yang diambil dari bahasa Sansekerta mempunyai arti “tak terbatas”. Nilai filosofi dari nama Ananta menunjukan kesempurnaan dan dedikasi Seiko yang tak terbatas di dunia horology. Seiko selalu berinovasi tanpa henti menemukan hal-hal baru untuk sebuah ekspresi horology.

Seiko Ananta Design

 Gambar 1. Keindahan bagian dari Seiko Ananta yang terinspirasi dari pedang Katana.

 

Wujud dari dedikasi Seiko dalam memperkenalkan budaya Jepang, tercermin dari desain Ananta yang terinspirasi Katana. Katana adalah seni pembuatan pedang yang masih dilestarikan dari zaman Jepang kuno sampai sekarang. Pedang Katana yang sudah dikembangkan sejak 800 tahun yang lalu, merupakan simbol budaya Jepang yang bernilai tinggi dalam seni kerajinan dan inovasi, khususnya dibidang metallurgi(ilmu logam) dan engineering.

Seiko Ananta Moonphase

Gambar 2. Seiko Ananta moonphase, finishing menggunakan teknik zaratsu menghasilkan sebuah jam yang indah.

Seiko Ananta diciptakan sangat detail dan presisi, finishingnya dibuat menggunakan teknik zaratsu menghasilkan miror polished seperti pada pedang Katana. Oleh karena itu, Seiko Ananta merupakan jam tangan yang sangat sempurna finishingnya. Seiko membekali lini Ananta dengan berbagai mesin seperti mechanical dan spring drive. Produk Ananta terbaru mayoritas menggunakan mesin spring drive sehingga menjadikannya sebagai jam tangan yang sempurna baik secara kualitas finishing maupun secara teknis.

Seiko Ananta diver

Gambar 3. Seiko juga membuat Ananta versi Diver yang dibekali dengan fitur chronograph.

Seiko mengeluarkan varian Ananta dengan berbagai macam fitur seperti chronograph, GMT, bahkan moonphase. Sehingga menghasilkan varian yang cukup banyak dan bervariasi. Salah satu ciri khas Ananta adalah pada lekukan body sampingnya yang menyerupai lekukan pedang katana. Jika dilihat dari samping, lekukan pada sisi body jam,  terlihat sangat indah dan penuh dengan nilai-nilai estetika budaya Jepang. Pedang Katana  merupakan simbol tertinggi kerajinan masyarakat Jepang, oleh karena itu sangat tepat jika Seiko terinspirasi olehnya.