Review Tudor Black Bay Chrono, Vintage Desain Yang Memukau!

Review Tudor Black Bay Chrono
Review Tudor Black Bay Chrono

Tudor Black Bay Chrono hadir dalam 2 versi yaitu dengan dial berwarna putih dan hitam. Keduanya mempunyai fitur dan komplikasi yang serupa. Dengan warna Panda dan Reverse Panda, serta penempatan subdial klasik chronograph style, tidak salah kalau mengingatkan kita pada Rolex Daytona vintage. Yuk simak review Tudor Black Bay Chrono dari Minwatch!

Jam tangan Tudor merupakan sister company dari jam tangan Rolex, namun ditujukan untuk pasar yang berbeda. Meskipun Tudor dan Rolex berada dalam satu pabrik yang bersamaan, Tudor dianggap sebagai brand yang berbeda dari Rolex karena sebagai sebuah brand Tudor berdiri sendiri. Jam tangan Tudor ditujukan untuk pasar yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Rolex, tetapi menawarkan kualitas yang mirip seperti jam tangan Rolex.

Tudor merupakan brand jam tangan asal Swiss yang menawarkan jam tangan mekanik dengan gaya klasik, bernilai  dan andal. Tudor pertama kali didaftarkan sebagai sebuah brand pada tahun 1926 oleh penemu Rolex, Hans Wilsdorf. Beliau kemudian menciptakan perusahaan Montres Tudor SA pada tahun 1946, yang menawarkan jam tangan dengan kualitas Rolex namun dengan harga terjangkau.

Jam tangan Tudor pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926 oleh Hans Wilsdorf, pendiri Rolex. Ia menciptakan Tudor sebagai brand yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Rolex, tetapi tetap menawarkan craftmanship yang sama. Sejak saat itu, Tudor telah menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin memiliki jam tangan berkualitas tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satu jenis jam tangan Tudor yang paling populer adalah Tudor Black Bay. Tudor Black Bay adalah jam tangan penyelam klasik dengan ketahanan air 200m dan dilengkapi dengan fitur-fitur untuk menyelam. Jam tangan ini sangat cocok bagi kamu yang aktif.

Secara keseluruhan, jam tangan Tudor dianggap sebagai pilihan yang baik bagi kamu yang mencari jam tangan berkualitas tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau. Jam tangan ini juga cocok bagi kamu yang menyukai desain vintage.

Tudor series Submariner. Merek jam yang terkenal dengan jam tangan mekaniknya ini memiliki koleksi vintage yang populer juga, yaitu Tudor Submariner 9411 dan 9401. Untuk series 9411 punya nickname “Snowflake”, sedangkan saudaranya biasa disebut dengan “Lollipop”.

Tudor Black Bay Chrono White Dial dan Black Dial.
Tudor Black Bay Chrono White Dial dan Black Dial.
Sumber: Hodinkee.com.

Review Tudor Black Bay Chrono

Tudor Black Bay Chrono adalah jenis jam tangan yang diproduksi oleh brand Tudor, dengan desain yang sangat menonjolkan gaya vintage. Jam tangan ini memiliki diameter 41mm dan dilengkapi dengan bezel yang terbuat dari stainless steel kualitas terbaik. Bezel ini dilengkapi dengan skala tachymeter berwarna hitam mate yang memungkinkan pengguna untuk mengukur kecepatan rata-rata dalam satuan kilometer per jam. 

Tampil dengan warna seperti panda, yaitu warna putih dan hitam, membuat detailnya seperti subdial, tachy scale dan chapter ring menjadi sangat indah. Tudor Blackbay Chrono “Panda” dial ini mempunyai warna yang mirip seperti Rolex Daytona John Player Special. Namun bedanya terletak pada aksen warna monokrom yang begitu pas.

Tudor Black Bay Chrono White Dial.
Tudor Black Bay Chrono White Dial.
Sumber: Hodinkee.com.

Tudor Black Bay Chrono, hadir dengan 2 model yaitu dial berwarna putih dengan subdial hitam atau biasa disebut “Panda” dan dial berwarna  hitam dengan subdial putih atau biasa disebut “Reverse Panda”. 

Jam tangan ini memiliki jarum jam dan menit berbentuk seperti snowflake di ujungnya, sangat detail dengan warna putih dan list silver yang memperkuat tampilan jam tangan ini. Case jam tangan ini di poles dengan finishing satin, yang membuatnya begitu elegan. Bezel dengan warna hitam mate menghiasi case kedua jam tangan ini, sehingga tampak begitu kokoh bila disandingkan dengan dial berwarna putih. 

Baca juga : Parnis Pelagos, Review Dan Ulasan

Pada dial kamu bisa mengamati detail numeric yang diganti dengan icon berbentuk lingkaran berwarna putih dengan list silver – sama dengan kombinasi warna yang digunakan pada jarum penunjuk menit dan jam. Tepat di angka 12, Tudor mengganti bentuk lingkaran dengan icon segitiga terbalik yang merupakan khas jam tangan penyelam, dan di bawahnya bertanggar logo Tudor dengan tulisan “Geneve”. Hal ini menandakan bahwa jam tangan ini dibuat di Geneve, Swiss dengan menggunakan bagian-bagian jam tangan dari pabrikan jam tangan Swiss. Tudor Black Bay Chrono dilengkapi dengan 316L steel screw-down pushers pada posisi pukul dua dan empat. 

Kamu juga dapat menemukan fitur kalender yang menunjukkan tanggal di dekat penunjuk jam enam. Uniknya penunjuk jam enam tidak disertai dengan icon lingkaran seperti penunjuk angka yang lainnya. Mungkin hal ini dilakukan agar tampilan tanggal dapat terbaca dengan jelas dan lebih estetik.

Salah satu jam tangan swiss-made ini memiliki case yang terbuat dari silver dan punya diameter 39mm. Material silver ini melindungi kaliber MT5400 yang dimiliki TUDOR Black Bay Fifty-Eight 925. Salah satu jam tangan mekanik ini memiliki power reserve hingga 70 jam dengan fitur water resistant hingga 200 meter. Salah satu series dari Tudor ini dibanderol dengan harga Rp65 juta-an.

Tudor Black Bay Chrono Black Dial “Reverse Panda” digunakan oleh David Beckham.
Tudor Black Bay Chrono Black Dial “Reverse Panda” digunakan oleh David Beckham.
Sumber: Swisswatchexpo.com/

Jam tangan ini memiliki ukuran diameter 41mm dengan tebal 14,2mm dan lug-to-lug 49,9mm membuat jam tangan ini begitu gagah untuk digunakan. Untuk movementnya, Tudor Black Bay Chrono dibekali dengan movement calibre MT5813 dengan base Breitling B01 yang merupakan movement in-house dari Tudor yang merupakan hasil kerjasama dengan Breitling. 

Baca juga : Mengapa Ada Jam Tangan Left Handed?

Movement calibre MT5813 pada Tudor Black Bay Chrono dapat dikatakan begitu tangguh, terbukti dengan sertifikasi COSC Chronometer yang didapatkannya. Sertifikasi COSC (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres) adalah sertifikasi yang didapatkan melalui tes yang membuktikan tingkat akurasi kinerja kronometrik jam tangan. Tes ini merupakan pembuktian bahwa kinerja movement jam tangan Tudor  berjalan dengan akurasi movement yang harus stabil di antara -4 sampai +6 detik, sehingga layak mendapatkan sertifikasi ini. Sertifikasi COSC begitu penting bagi seluruh industri jam tangan dan seringkali digunakan pada brand Rolex. 

Tudor calibre MT5813.
Tudor calibre MT5813.
Sumber:Watchbase.com.

History Tudor: Saudara Kandung Rolex!

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Tudor Black Bay Chrono adalah chronograph-nya. Chronograph ini memungkinkan pengguna untuk mengukur waktu hingga 45 menit. Tidak seperti kebanyakan chronograph lainnya yang umumnya mengukur waktu hingga 30 menit atau 60 menit.

Tudor Black Bay Chrono dilengkapi dengan fungsi water resistant hingga 200 meter, yang menunjukan jam ini merupakan jam tangan penyelam danbisa digunakan untuk diving. Bezel dan bracelet jam tangan ini terbuat dari stainless steel 316 L yang kuat dan tahan lama. Jam tangan ini cocok digunakan untuk aktivitas diluar karena memiliki power reserve yang dapat digunakan hingga 70 jam. 

Secara keseluruhan, Tudor Black Bay Chrono adalah jam tangan yang sangat baik bagi mereka yang mencari jam tangan dengan desain vintage dan fitur chronograph. Jam tangan ini cocok digunakan untuk aktivitas luar ruangan dan olahraga air. 

Strap Tudor Black Bay Chrono.
Strap Tudor Black Bay Chrono.
Sumber: Hodinkee.com.

Pemenang Grand Prix d’Horlogerie de Genève 2022, Ajang Bergengsi Bagi Pembuat Jam Tangan

Tudor Black Bay Chrono Reverse Panda Dial Sudah Hadir di Jamtangan.com! 

Kamu bisa cek Tudor Black Bay Chrono 79360N Black Dial Stainless Steel Strap dengan dial hitam dan putih (Reverse Panda) yang memukau.

Tudor Black Bay Chrono 79360N Black Dial.
Tudor Black Bay Chrono 79360N Black Dial.
Sumber: Jamtangan.com.
  • Spec Tudor Black Bay Chrono 79360N Black Dial
  • Case diameter: 41 mm
  • Case material: Stainless steel 316L 
  • Movement: Manufacture Calibre MT5813 (COSC)
  • Warna: hitam (available) dan putih (coming soon)
  • Harga: Rp59.500.000
Baca juga : Kembalinya Diver Watch Vintage

Setelah melihat review Tudor di atas, kira-kira yang manakah koleksi Tudor Black Bay Chrono favoritmu? Jika kamu menyukai Tudor Black Bay Chrono dengan dial berwarna hitam kamu bisa dapatkan saat ini juga di Jamtangan.com. Untuk yang menyukai Tudor Black Bay Chrono dengan dial putih, tunggu kehadirannya di Jamtangan.com!

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://www.hodinkee.com/articles/tudor-black-bay-chrono-hits-its-stride-hands-on
https://fifthwrist.com/tudor-black-bay-chrono-m79360n-review/
https://watchbase.com/tudor/calibre/mt5813
https://www.tudorwatch.com/en/watches/black-bay-chrono/m79360n-0002

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Mido Ocean Star

Review Mido   Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

Next Article
Blue Steel Hands

Memahami Apa Itu Blue Steel Hands

Related Posts
Total
0
Share