Review Oris Artelier S, Dress Watch Tipis dengan Dial Minimalis

oris artelier s

Beberapa bulan yang lalu, Oris meluncurkan Artelier S yang terdiri dari dua model jam tangan dengan dial hitam (01 733 7762 4054-07 5 20 69FC) dan dial hijau (01 733 7762 4057-07 5 20 70FC). Banyak watch enthusiast yang terkejut dengan tampilan jam tangan yang dirancang begitu sederhana. Artelier S dibuat menggunakan case slim dengan polished finish dan dilengkapi leather strap yang cocok dipakai sebagai dress watch

Oris Artelier S
Oris Artelier S

Kali ini Minwatch akan mengulas lebih dalam tentang spesifikasi dan tampilan Oris Artelier S untuk kamu semua. Untuk tahu lebih dalam, yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Case dengan Polished Finish Berbentuk Pebble

Case Oris Artelier S
Case Oris Artelier S

Oris Artelier S tidak memiliki bezel dan case-nya dibuat dari stainless steel yang tipis dengan polished finish yang simple. Artelier S terbaru ini memakai case berbentuk pebble berdiameter 38 mm, ketebalannya 11 mm dan lug-to-lug 44 mm. Selain itu juga dibekali double-domed sapphire crystal dan caseback-nya dari stainless steel dengan sapphire window. Jam tangan ini memiliki water resistance hingga 30 meter.

Caseback Oris Artelier S
Caseback Oris Artelier S

Penggunaan sapphire crystal cembung di atas dial dan back case cembung membuat bentuk seperti batuan pebble sehingga pas dan nyaman saat dipakai di pergelangan tangan. Desain jam tangannya clean dan bentuknya juga friendly. Crown jam tangan bergerigi halus, memiliki ukuran yang proporsional pada case dan mudah diputar. 

Crown bergerigi pada Oris Artelier S
Crown bergerigi pada Oris Artelier S

Diameter case 38 mm dan hampir tanpa bezel membuat Oris Artelier S terkesan memiliki ukuran lebih besar saat dipakai. Sedangkan lug melengkung yang halus teksturnya juga sangat berbeda dengan lug Aquis yang tebal.

Movement Oris Artelier S

Movement Oris Artelier S
Movement Oris Artelier S

Oris Artelier S dibekali automatic movement caliber 733 (Sellita SW200 base) yang berdetak sebanyak 28.800 vph, dan memiliki power reserve 38 jam. Movement-nya juga memiliki fitur hack second hands dan hand winding. Kamu dapat melihat tampilan movement tersebut melalui sapphire caseback yang terlihat serasi dengan rotor merah khas Oris.

Dial Sederhana Oris Artelier S

Dial hijau Oris Artelier S
Dial hijau Oris Artelier S

Di bawah sapphire crystal cembung Oris Artelier S ditampilkan dial yang menurut Minwatch paling sederhana di antara model jam tangan Oris yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Sangat berbeda dengan Oris Artelier Calibre 112 yang dilengkapi dual-time dengan indikator siang-malam atau koleksi Oris lainnya seperti Aquis, Big Crown, atau Diver Sixty-Five yang dihadirkan dengan desain dial lebih kompleks.

Jarum dan indeks bercahaya pada kondisi gelap
Jarum dan indeks bercahaya pada kondisi gelap

Desain dial Oris Artelier S ini terlihat clean dan mudah dibaca dengan trek menit putih pada inner ring. Logo Oris ditampilkan di bawah pukul 12, sedangkan indeks diisi Super-LumiNova. Handset-nya dibuat dengan polished finish yang elegan sehingga terlihat lebih modern. Jarum jam dan menit mudah dibedakan dan masing-masing diisi Super-LumiNova

Bagian yang cukup unik dari Artelier S adalah tekstur sunburst dial dengan soft matte finish berwarna hijau dan hitam, di mana warna hijaunya terinspirasi dari Waldenburg Valley di Swiss. Banyak pencinta horologi yang menganggap ini merupakan eksekusi dial sunburst yang lembut dan sederhana. Tone warna hijaunya cenderung gelap, tetapi mudah dikenali. 

Dial hitam Oris Artelier S
Dial hitam Oris Artelier S

Sementara itu, pada dial hitam terkadang terlihat memiliki kilau berwarna biru yang mungkin disebabkan oleh lapisan anti reflektif pada bagian dalam sapphire crystal. Meskipun efek sunburst terkadang nyaris tak terlihat, tetapi dengan matte finish hal itu sudah dapat menambah karakter kalem dari sebuah jam tangan. 

Umumnya, dial sederhana itu membosankan, tetapi Oris Artelier S tidak demikian. Penggunaan sapphire crystal cembung dengan outer edge pada dial yang sedikit miring ke bawah membuatnya terlihat terlihat elegan secara visual. Desain tersebut juga berhasil menciptakan efek tiga dimensi yang unik pada Artelier S.

Strap Oris Artelier S

Leather strap yang digunakan pada Oris Artelier S
Leather strap yang digunakan pada Oris Artelier S

Kedua jam tangan Oris Artelier S dihadirkan dengan calfskin leather strap berukuran 20 mm yang soft dan lentur dengan folding clasp yang mudah dipasang. Strap untuk dial hitam juga berwarna hitam, sedangkan strap untuk dial hijau menggunakan brown leather strap. Dengan ukuran lug width 20 mm, kamu bisa bergonta ganti strap apapun yang seukuran.

Buat kamu yang suka sedang mencari dress watch dengan desain simple, maka Oris Artelier S ini cocok dipakai. Tunggu saja ya kehadirannya di Jamtangan.com. Tapi, kamu masih bisa menemukan jam tangan Oris lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
tissot terlaris september 2023

Kumpulan 10 Tissot Terlaris di September 2023, Wajib Masuk Wishlist!

Next Article
G-Shock x League of Legends

Kolaborasi Paling Epik, G-Shock x League of Legends Hadirkan Karakter Game

Related Posts
Total
0
Share