Punya 24 Komplikasi, Inilah Jam Tangan Paling Rumit Di Dunia

Punya 24 Komplikasi, Inilah Jam Tangan Paling Rumit Di Dunia

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang Vacheron Constantin, brand arloji mewah yang langganan menciptakan jam tangan paling rumit di dunia. 

Ya, Vacheron Constantin adalah salah satu produsen jam tangan tertua di dunia, yang konsisten membuat jam tangan mewah Swiss-made sejak 1755. Jam ciptaannya dipakai para pesohor dunia seperti Donald Trump, Queen Elizabeth II, Napoléon Bonaparte, Putri Dian, Harry S. Truman,  hingga Wright bersaudara.

Salah satu buatan Vacheron Constantin yang populer adalah pocket watch dengan nomor Referensi 57260. Rilis pada 2016 untuk menandai ulang tahun brand yang ke-260, jam itu ditahbiskan sebagai jam paling rumit di dunia. Model itu memiliki 57 komplikasi, 2.826 bagian, 31 jarum jam, dan butuh 8 tahun untuk menyusunnya. Keren!

Vacheron Constantin nomor referensi 57260 . Foto: monochrome-watches

Nah, pada 2020 ini Vacheron Constantin merilis koleksi baru yang kabarnya lebih rumit dari Referensi 57260. Jam tangan itu dinamai Les Cabinotiers Tempo. Vacheron Constantin menyebut koleksi baru tersebut merupakan jam tangan paling rumit yang pernah mereka produksi. 

Artinya, Les Cabinotiers Tempo bisa dibilang lebih rumit daripada pocket watch Referensi 57260. Seperti apa spesifikasinya?

Jam tangan ini ditenagai dengan Caliber 2756, movement baru yang diproduksi sendiri oleh Vacheron Constantin. Caliber tersebut dapat mengelola 24 komplikasi pada dial yang dapat dibalik. Ada 1.163 bagian komponen pada caliber tersebut.

Dial sisi depan Les Cabinotiers Tempo. Foto: Vacheron Constantin

Dial sisi depan menampilkan chronograph dan pengukurannya, serta perpetual calendar (dua subdial bawah). Sedangkan dial sisi belakang, didedikasikan untuk fungsi astronomi, indikator solar time, equation of time, waktu sunset dan sunrise, durasi siang dan malam hari, usia serta moon phase. Tak hanya itu, Les Cabinotiers Tempo juga dilengkapi dengan tourbillon regulator yang memiliki minute repeater (terdapat pada tengah case).

Yang lebih menarik lagi,  komplikasi moon phase pada Les Cabinotiers Tempo memiliki tingkat presisi yang sangat tinggi. Usia dan fase bulan ditunjukkan pada subdial bawah di dial sisi belakang. Saking presisinya, moon phase ini hanya memerlukan satu kali koreksi setiap 1000 tahun. 

Dial sisi belakang Les Cabinotiers Tempo. Foto: Vacheron Constantin

Caliber 2756 memiliki kapasitas power reserve hingga 65 jam. Sedangkan bila chronograph diaktifkan terus, power reserve dapat bertahan hingga 40 jam. 

Kenapa dial-nya bisa punya dua sisi yang fungsional? Sebab jam ini dilengkapi dengan sistem strap yang memungkinkan pengguna membalik dial jam tangannya. 

Dengan komplikasi sebanyak itu, tak heran bila jam tangan ini menyandang gelar the most complicated watch. Les Cabinotiers Tempo cuma ada satu di dunia dan dikerjakan di workshop khusus. 

Caliber 2756. Foto: Vacheron Constantin

Tertarik untuk memiliki brand jam tangan yang dipakai Ratu Elizabeth II? Kalau kocek kamu belum cukup untuk membeli Vacheron Constantin, kamu bisa lebih down to earth dengan melihat koleksi Jamtangan.com. Koleksi dengan komplikasi yang kamu perlukan pasti ada dan dibanderol dengan harga terbaik. 

Categories: News