Pecah Rekor! Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC Hadir Sebagai Jam Tangan Tertipis di Dunia 2024

Pada 2022 lalu Richard Mille (RM) mengalahkan Bulgari Octo Finissimo Ultra dengan ketebalan 1,8 mm yang baru dirilis sebagai jam tangan tertipis di dunia dengan selisih ketebalan hanya 0,05 mm. Sehingga sejak Juli 2022, Richard Mille RM01 Ferrari dengan ketebalan 1,75 mm memegang rekor tersebut. Namun hal itu berubah saat ini. Kenapa berubah? Karena Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC baru saja hadir dan lebih tipis dari sebelumnya. Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC terbaru memiliki ketebalan 1,7 mm, sehingga mengalahkan RM dengan selisih 0,05 mm. Seperti apa beritanya? simak tulisan di bawah.

Mengalahkan Richard Mille Sebagai Jam Tangan Tertipis di Dunia 2024

Tak mau kalah dengan RM yang ketika memecahkan rekor pada 2022 lalu, menghadirkan inovasi melalui arsitekturnya, Bulgari juga melakukan hal yang sama dengan menyematkan  movement yang bergerak pada frekuensi 4 Hz namun sesuai standar Chronometer (COSC) pada jam tangan terbarunya. Hal ini menyebabkan Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC terbaru selain menjadi jam tangan tertipis di dunia, namun juga pada saat bersamaan menjadi jam tangan standar Chronometer tertipis di dunia yang pernah dibuat. Menurut kami, ini adalah dua rekor tersendiri. Selain itu, selain tipis, performa jam tangan ini juga bisa diandalkan karena akurasinya menjadi -4 hingga +6 detik per hari.

Hal ini tidak mengherankan, karena pencapaian rekor telah menjadi langganan Bulgari ketika merilis jam tangan Octo Finissimo sejak generasi pertamanya. Jam tangan ini juga menjadi sebuah koleksi yang menjadi incaran kolektor seluruh dunia dan menjadikannya sejajar sebagai jam tangan sport dengan integrated bracelet mewah seperti Audemars Piguet Royal Oak Patek Philippe.

Tidak peduli seberapa pentingnya pemecahan rekor ini bagi anda, anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa Bulgari melalui Octo Finissimo pernah mencatatkan rekor sebagai jam tangan dengan tourbillon, minute repeater, self winding, chronograph GMT, chronograph tourbillon, dan perpetual calendar tertipis. Untuk membuatnya lebih tipis 0,1 mm dari Octo Finissimo Ultra 2022, Bulgari membuat ulang kristal safirnya sehingga Bulgari dapat mengalahkan rekor Richard Mille yang pernah menggeser rekornya selama beberapa saat.

Tipis Namun Material Berkualitas Tinggi

Jam tangan ini tidak seringan yang dibayangkan, hal ini dikarenakan caseback dibuat dari logam keras tahan panas tungsten carbide yang juga digunakan sebagai pelat utama mesin jam. Tungster carbide memiliki kekerasan sekitar 2000 – 2700 Hv dan titik leleh di 2870 °C sehingga bisa dibayangkan betapa kuatnya material ini. Konstruksi dengan menjadikan caseback sebagai pelat movement, membuat jam tangan ini sangat tipis. Bagian lain dari case terbuat dari titanium atau varian lainnya terbuat platinum. Case jam tangan Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC memiliki diameter 40 mm sehingga akan terasa lebar di pergelangan tangan apalagi ditambah bracelet yang serasi, membuatnya terasa kokoh.

Profil case-nya hanya setebal kartu kredit, termasuk kedua lug, jadi jika di total tebalnya kira-kira setebal dua kartu kredit atau 1,7 mm. Pada penutup barel mainspring, terdapat matriks data mini di bagian belakang. Data ini menyediakan semua data yang berkaitan dengan jam tangan dan informasi tentang Bulgari.

Pada caseback terdapat 2 kenop bergerigi yang menggantikan fungsi crown. Fungsi kedua kenop ini ialah sebagai pengaturan waktu dan untuk melakukan manual winding. Kenop yang lebih besar digunakan untuk melakukan manual winding hingga cadangan daya 50 jam pada manual winding movement caliber BVL 180 menjadi penuh. Sedangkan kenop yang lebih kecil digunakan untuk mengatur waktu. Pada bracelet-nya terdapat folding clasp dengan rongga sehingga pengaitnya bisa terlipat ke dalam rongga ini. Hal ini membuat bagian bawah clasp tidak terlihat tebal.

Jam tangan Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC tersedia dalam edisi terbatas yang terdiri dari 20 buah versi titanium (ref. 104081) dan 20 buah versi platinum (ref. 103832). Jam tangan Bulgari Octo Finissimo Ultra COSC dihargai $529.000 USD (Rp 8,4 miliar) dalam versi titanium dan $546.000 USD (Rp 8,6 miliar) dalam platinum. Tentu saja harganya sangatlah mahal karena pembuatannya juga cukup rumit dan jam tangan ini tergolong mewah. Yuk cek koleksi luxury watch lainnya di JAMTANGAN.COM.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Casio Baby-G untuk Gaya Lebaran yang Menawan

5 Casio Baby-G untuk Gaya Lebaran yang Menawan

Next Article
jam tangan runner

Deretan Jam Tangan Pelari untuk Para Runner Sejati

Related Posts
Total
0
Share