Cara Mudah Mengukur Akurasi Jam Tangan

Cara Mudah Mengukur Akurasi Jam Tangan

Ada beberapa cara untuk mengukur akurasi jam tangan kesayangan Anda. Cara termudah mungkin menggunakan mesin yang dijual di pasaran. Namun meski hal tersebut dapat mengukur akurasi hampir mendekati sempurna, untuk ukuran personal cukup mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Berikut merupakan cara praktis mengukur akurasi jam tangan Anda dan bisa dilakukan tanpa biaya yang dapat membebani.

watch-checking_deviceGambar 1. Pengukuran Akurasi dengan Mesin

Anda cukup membuka situs clocktab.com atau menggunakan jam digital yang tersambung dengan internet. Jam digital ini berfungsi untuk patokan dasar pengganti jam atom.  Atur jam tangan sesuai dengan yang tertera di layar monitor hingga ke detiknya (tips: tunggulah detik jam hingga menunjuk “nol” atau tunggu detik jam digital sama dengan jarum detik jam tangan berhenti menunjuk).

IMG_20150725_131151_HDRGambar 2. Menyamakan Angka Pada Jam Tangan dan Jam Digital

Setelah jam menunjukkan angka yang sama, mulailah mencatat. Tentukan durasi waktu pencatatan yang Anda inginkan seperti 4 jam sekali atau 12 jam sekali. Sebisa mungkin tempatkan jam tangan di tempat yang sama dengan posisi yang sama untuk menjaga kestabilan akurasi jam mekanik karena posisi jam tangan dipengaruhi gravitasi yang akan berpengaruh juga pada percepatan jam tangan tersebut.

IMG_20150725_132645_HDRGambar 3. Pencatatan Selisih Detik Jam Tangan dan Jam Digital

Setelah melakukan pencatatan dengan skala durasi tertentu, Anda bisa mencobanya kembali untuk tes kedua (dengan skala durasi pencatatan yang sama). Dengan begitu, hasil yang didapatkan akan menjadi lebih aktual karena data yang dimiliki lebih banyak.

Cara membaca hasilnya adalah dengan membaca durasi pencatatan terakhir dan selisih waktu (detik). Contohnya pada Gambar 3, dicatat setiap 4 jam sekali yang pencatatannya dimulai dari pukul 9. Pencatatan pertama pukul 1 siang, kemudian yang kedua pukul 5 dan ketiga, pukul 9 malam. Total durasinya adalah 12 jam. Maka hasil akhirnya adalah dalam 12 jam, akurasinya didapatkan +2 (detik). Apabila pada tes kedua hasil akhir dari 12 jam adalah -2, maka bisa disimpulkan dalam 24 jam akurasi jam tersebut adalah +/- 2 detik. Inilah mengapa minimal pengecekan perlu dilakukan 2 kali agar hasilnya lebih akurat. (machtwatch)

Categories: Info & Tips