Jam yang Dipakai Jeff Bezos ke Luar Angkasa Ternyata Bisa Kamu ‘Beli’!

Jam yang Dipakai Jeff Bezos ke Luar Angkasa Ternyata Bisa Kamu ‘Beli’!

20 Juli 2021 mungkin menjadi salah satu hari bersejarah bagi orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. Pendiri perusahaan raksasa Amazon ini sukses melakukan perjalanan ke luar angkasa dalam sebuah misi bernama Blue Origin Mission NS-16. Terlepas dari sejarah baru di dunia astronomi, Jamtangan.com juga ingin mengulik perjalanan Bezos dari sisi dunia horology. Menggunakan Omega Speedmaster Moonwatch Chronometer Ref. 310.30.42.50.01.001, siapa sangka kalau jam tangan yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa ini ternyata cukup ‘mainstream’ dan bahkan bisa ‘dibeli’ siapa saja. Penasaran seperti apa jam yang menemani space-journey Bezos? Yuk, intip lebih dalam! 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Merek Jam Pria Murah yang Terkenal dengan Desain Mewah

Sekilas Tentang Blue Origin Mission NS-16

Jam Omega Speedmaster Moonwatch Chronometer yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa
Image: Hodinkee.

Misi perjalanan Jeff Bezos ke luar angkasa ini dilakukan tepat pada pukul 9.15 pagi waktu lokal di tanggal 20 Juli 2021. Ada total empat orang yang ikut dalam penerbangan, yakni Jeff, sang adik Mark Bezos, mantan trainee NASA Wally Funk, dan seorang pemuda berumur 18 tahun bernama Oliver Daemen. Menariknya, Blue Origin Mission NS-16 sama sekali bukan merupakan misi dari NASA, melainkan proyek yang dijalankan oleh Jeff Bezos sendiri. Bahkan, spacecraft yang ditumpangi Bezos dan keempat awak sepenuhnya otomatis dan menggunakan sistem computer-piloted. Perjalanan ini dilakukan hingga mencapai area yang disebut Karman Line, alias wilayah perbatasan awal atmosfer bumi dan angkasa luar. 

Jeff Bezos ke Luar Angkasa Ditemani Custom Omega Speedmaster

Jam Omega Speedmaster Moonwatch Chronometer yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa
Image: BBC

Dilihat dari dunia horology, yang menarik dari perjalanan Jeff Bezos ke luar angkasa tentu adalah jam tangan yang digunakan. Dalam Misi Blue Origin, Jeff dan ketiga awak lain kompak memakai jam tangan custom Omega Speedmaster Moonwatch Chronometer Ref. 310.30.42.50.01.001. Hal ini tentu tidak mengejutkan, mengingat Omega Speedmaster adalah seri jam yang sudah mendapat sertifikasi resmi dari NASA sebagai jam yang sudah memenuhi standar penerbangan luar angkasa. 

Karena dibuat secara custom, jam tangan Omega Speedmaster yang digunakan Jeff Bezos dan kawan-kawan dirancang dengan velcro-strap berwarna abu-abu lengkap dengan logo Blue Origin (nama misi) tercetak di bagian pangkal strap. Tak hanya itu, pada bagian case back juga ditambahkan ukiran masing-masing nama pemakai, nomor penerbangan, dan satu lagi logo feather dari Blue Origin. 

Baca Juga: 5 Jam Tangan Wanita Mewah dengan Harga di Bawah Rp1 Juta

Kalau Jam Tangan Custom, Kenapa Disebut ‘Mainstream’? 

Jam Omega Speedmaster Moonwatch Chronometer yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa
Jam yang dipakai Jeff Bezos (kiri) & Omega Speedmaster Co-Axial (kanan).

Jam tangan yang digunakan Jeff Bezos ke luar angkasa memang adalah custom-watch. Tapi, jam ini bisa dikatakan cukup ‘mainstream’ karena penambahan detail khususnya yang tergolong sedikit untuk ukuran jam tangan custom (hanya di bagian strap dan case back). Apalagi untuk orang ‘seistimewa’ Jeff Bezos, tentu banyak watch-lovers menanti-nantikan detail custom yang lebih spesial dan megah. Mungkin dengan penambahan ceramic bezel atau logo blue origin di dalam dial yang menunjukkan effort lebih besar? 

Karena detail kustomnya yang minimal ini pula, Omega Speedmaster yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa juga jadi tampak tak terlalu jauh berbeda dengan Omega Speedmaster Moonwatch Professional Co-Axial Master yang bisa dibeli siapa saja di pasaran. Selain perbedaan strap, jam yang diperjualbelikan bebas & jam kustom milik Bezos ini memiliki fitur yang hampir sama persis. Sama-sama dibekali movement Calibre 3861 dan juga sama-sama didesain dengan hesalite crystal yang mewah dan tangguh. Jadi, kalau kamu ingin memiliki jam yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa, beli saja Omega Speedmaster Professional Co-Axial Master. Kapan lagi kan bisa ‘kembaran’ sama orang terkaya di dunia? 

Sambil Nabung Beli Omega Speedmaster, Yuk Lihat-Lihat Koleksi Jam Mewah di Jamtangan.com!

Categories: Info & Tips, News