James Cameron Pernah Pakai Seiko, Intip Detailnya di Sini

by Hanif Jun 26, 2023 5 min read

Melihat sejarah kapal Titanic yang  sangat ikonis, membuat  beberapa orang rela menyelam hingga kedalaman 12.500 kaki atau setara 3.810 meter untuk menyaksikan bangkai kapal Titanic. Segala hal soal Titanic selalu jadi hal yang menarik bagi penggemarnya, termasuk jam tangan yang sempat digunakan oleh James Cameron, yaitu Seiko H588 “Arnie”. 

Penasaran dengan jam tangan yang sempat digunakan oleh sutradara film paling ikonis sepanjang masa ini? Yuk, simak review lengkapnya berikut ini!

Baca juga : Seiko Prospex Alpinist: Jam Tangan Jagoan Para Penjelajah Dari Masa Ke Masa

Pandangan James Cameron Soal Tragedi Kapal Selam Wisata Titanic

Komentar James Cameron soal kapal selam wisata Titanic
Komentar James Cameron soal kapal selam wisata Titanic

Setelah tragedi hilangnya kapal selam wisata Titanic, James Cameron selaku sutradara film Titanic (1997) buka suara. Sejak awal dibangun, Cameron sudah merasa curiga dengan penerapan teknologi yang digunakan oleh OceanGate Expedition. Bahkan, ia sendiri tidak mau naik ke kapal selam tersebut. Alasan utamanya karena Cameron ragu dengan bahan pembuatan Titan yang terbuat dari bahan serat karbon dan titanium. 

Sebelumnya, di tahun 2012 Cameron pernah menggunakan teknologi berbeda untuk ekspedisi kapal selam Deepsea Challenger yang membawanya ke kedalaman 25.800 kaki. Sementara bangkai kapal Titanic sendiri diketahui berada di kedalaman 12.500 kaki. Cameron sendiri sudah 33 kali bolak-balik mengunjungi bangkat kapal Titanic tersebut saat riset pembuatan film Titanic, sehingga sudah lebih berpengalaman dalam ekspedisi tersebut. 

Namun, saat kapal selam wisata Titan dinyatakan kehilangan navigasi dan komunikasi, ia menduga adanya sebuah ledakan. Kemudian sehari setelahnya, kapal selam tersebut ditemukan dalam keadaan hancur berkeping-keping akibat ledakan dahsyat yang menewaskan seluruh penumpangnya, sesuai dengan perkiraan Cameron. 

Sutradara Titanic (1997) James Cameron, Pernah Menggunakan Seiko H588 “Arnie”

James Cameron menggunakan Seiko H588 “Arnie”
James Cameron menggunakan Seiko H588 “Arnie”

James Cameron sempat menggunakan jam tangan ana-digi divers dari Seiko yang terkenal dengan sebutan “Arnie”. Dulu, sutradara film Titanic ini pernah memakai Seiko H588 “Arnie” dalam kesehariannya. Seiko H588 “Arnie” merupakan jam tangan diver ana-digi pertama dari Seiko yang memulai debutnya pada tahun 1982.

Jam tangan ini punya image yang kuat dan sporty sehingga cocok digunakan dalam situasi apapun, termasuk kesibukan Cameron sebagai sutradara yang harus siap menghadapi berbagai kondisi tak terduga di lokasi syuting. Adapun julukan nama “Arnie” dalam jam tangan ini berasal dari nama panggilan atau nickname Arnold Schwarzenegger, yang seringkali menggunakan Seiko H558-5009 dalam film Commando (1985) dan Predator (1987). Sehingga jam tangan ini mendapat julukan “Arnie”. 

Baca juga : Punya Ketahanan Gak Main-Main, Seiko Prospex Ini Selalu Jadi Idaman Pecinta Jam Tangan

Review Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1, Versi Modern dari Jam Tangan James Cameron 

Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1
Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1

Setelah memperkenalkan Seiko H588 “Arnie” di tahun 1982 lalu, Seiko kemudian membuat versi modernnya yaitu Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1 pada tahun 2019. Ini dapat jadi alternatif bagi penggemar James Cameron yang ingin kembaran jam tangan, namun dalam model yang lebih modern. 

Seiko Prospex SNJ025P1 “Arnie” merupakan jam tangan ana-digi yang punya kombinasi layar digital dengan tampilan analog untuk penunjuk waktu. Dive watch ini punya case berdiameter 47,8 mm, dengan ketebalan 14,4 mm, dan lug-to-lug 51,3 mm. Meskipun punya ukuran yang cukup besar, tapi saat digunakan proporsinya pas di pergelangan tangan. Beratnya juga ringan, berkat silicone strap hitam selebar 22 mm yang lembut. 

Masih mengikuti desain pendahulunya, SNJ025P1 juga punya warna all-black yang maskulin dengan stainless steel case berwarna senada yang durable. Adapun bezel yang dapat diputar searah dengan skala 60 menit, dan dilengkapi dengan luminous pip yang dapat bercahaya pada posisi pukul 12. Selain itu, sebagai dive watch jam tangan ini juga tahan air hingga 200 meter, sementara versi sebelumnya tahan air hingga 150 meter. 

Sementara untuk movement-nya, SNJ025P1 didukung oleh Solar Quartz movement dengan Calibre H851 yang memadukan tampilan waktu digital dan analog. Sementara energi surya yang dihasilkan dapat menghasilkan energi untuk baterai. Movement ini juga merupakan peningkatan dari pendahulunya, yang disempurnakan dengan fitur solar power, battery check system, dan zona waktu. 

Baca juga : Selalu Menggoda Iman: Daftar Seiko Prospex Terbaru Rilisan 2023

Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1
Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1

Meskipun punya LCD display yang cukup kecil di bagian atas, namun jam tangan ini tetap punya visibility yang baik ditambah adanya dukungan backlight. Tak hanya itu, untuk menambah visibility, SNJ025P1 juga dilengkapi dengan Lumibrite pada display analog yang terdapat pada bagian hands dan marker yang memudahkan penglihatan di tempat minim cahaya. 

Baca juga : Pecah Telor Movement GMT Baru! Seiko Prospex Diver’s Pertama Dengan Automatic Movement GMT

Jam Tangan Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1 Sudah Hadir di Jamtangan.com!

Itulah review Seiko Prospex Arnie Reissues SNJ025P1, versi modern dari Seiko H588 “Arnie” yang digunakan oleh sutradara film Titanic, James Cameron. Tertarik untuk mengoleksinya? Dive watch yang tangguh ini sudah hadir di Jamtangan.com dengan dibanderol dengan harga terbaik, yaitu seharga Rp4,1 jutaan. Kamu juga dapat cek jam tangan Seiko Arnie lainnya di sini.  

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more