Ragam Koleksi Jam Tangan Ir. Soekarno Dari Rolex Sampai Seiko

dari rolex hingga seiko koleksi jam tangan presiden pertama RI Soekarno

Bulan Agustus ditandai sebagai bulan di mana lahirnya Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketika berbicara tentang kemerdekaan, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas sang proklamator, Ir. Soekarno. Ternyata, presiden pertama Indonesia ini merupakan seorang pecinta jam tangan mewah, loh! 

Mengutip dari berbagai sumber, Presiden Soekarno diketahui mengoleksi beberapa jam tangan mewah seperti Rolex, Patek Philippe, Girard Perregaux, HMT Sitison, Omega, Longines, Hamilton, hingga Seiko. Seperti apa kisahnya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Soekarno dan Jam Tangan Kecintaannya

Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Chou En Lai, di Kairo, 1965. Sumber: historia.id 
Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Chou En Lai, di Kairo, 1965. Sumber: historia.id 

Berdasarkan penuturan anak pertama Soekarno dan Fatmawati, Guntur Soekarnoputra, sedari muda, Soekarno adalah seseorang yang tepat waktu. Kemanapun ia pergi selalu menggunakan jam tangan. Mulanya, Soekarno tidak pilih-pilih merek jam tangan yang digunakannya. Selagi akurasi waktunya tepat dan rancangannya ‘lumayan’, pasti akan digunakannya. Apalagi, saat itu cukup sulit mencari barang-barang mewah di Indonesia akibat blokade ketat oleh Belanda. 

Kemudian pada suatu ketika, jam tangan yang digunakan Soekarno tak sengaja terlempar saat ia sedang berbicara dalam sebuah rapat di tahun 1950-an. Pidatonya terhenti sejenak, panitia lalu tergopoh-gopoh mengambil jam tangan tersebut dan memberikannya kembali kepada Soekarno. Setelah jam tangan itu masuk ke kantong sang proklamator, ia kembali melanjutkan pidatonya. 

Soekarno berpikir jamnya pasti hancur, tetapi setelah diperiksa ternyata jam tangannya masih berfungsi dengan baik. Karena pengalaman tersebut, Soekarno akhirnya setia pada satu merek, yakni Rolex. 

Hal tersebut diperkuat dengan penuturan dari ajudan pribadinya, Maulwi Saelan. Ia bercerita, saat Soekarno terusir dari Istana Merdeka pada 1968, tim mencatat barang-barang yang ditinggalkan oleh presiden pertama RI di Istana Merdeka. Mereka mendata setidaknya ada 13 buah jam tangan merek Rolex milik Soekarno. 

Selain Rolex, Ini Merek Jam Tangan Lainnya yang Dikoleksi Presiden Soekarno

Meskipun Soekarno begitu menyukai jam tangan merek Rolex, tetapi ia juga memiliki koleksi jam tangan dari merek lainnya. Hingga saat ini, belum diketahui tepatnya seri apa saja yang dikoleksi oleh sang proklamator. Namun melihat masa kepemimpinannya di tahun 1940-an, sepertinya ia suka dengan model-model vintage yang klasik. Berikut beberapa merek jam tangan yang dikoleksi oleh presiden Soekarno:

1. Patek Philippe

Patek Philippe The Nautilus Ref. 3700/1 yang dibuat pada 1976
Patek Philippe The Nautilus Ref. 3700/1 yang dibuat pada 1976

Pertama adalah dari Patek Philippe, watchmaker asal Swiss ini memulai debutnya pada 1839 silam. Salah satu merek jam tangan mewah ini terkenal sebagai jam tangan untuk kalangan atas yang punya desain elegan dan penggunaan material premium berkualitas tinggi. Patek Philippe juga punya tingkat ketepatan waktu yang presisi, poin inilah yang paling disukai Soekarno dalam sebuah jam tangan. 

2. Seiko

Seiko 5 Sport pertama yang dirilis pada 1968
Seiko 5 Sport pertama yang dirilis pada 1968

Berikutnya adalah Seiko, watchmaker asal Jepang yang terkenal dengan ketahanannya. Salah satu koleksi Seiko yang paling populer adalah sportwatch-nya yang tangguh di berbagai kondisi. Sebagai presiden yang mobilitasnya tinggi, tak heran jika Seiko jadi salah satu koleksi jam tangan Soekarno. Merek ini juga menawarkan tingkat presisi dan spesifikasi yang juara. 

3. Longines 

Longines Nautilus Skin Diver 6921-1 yang diperkenalkan pada 1950an
Longines Nautilus Skin Diver 6921-1 yang diperkenalkan pada 1950an

Adapun Longines, yang terkenal dengan koleksi luxury watch-nya serta banyak digunakan di dunia olahraga dan pilot. Bahkan, beberapa koleksinya termasuk sebagai pelopor jam tangan dengan fitur waktu untuk beberapa kompetisi berkuda. Tak heran bila Longines sempat menjadi pencatat waktu resmi di Olimpiade tahun 1952. 

Nah, itulah sejarah singkat soal kecintaan presiden pertama Indonesia terhadap jam tangan dan beberapa koleksi merek jam tangan favoritnya. Tertarik untuk mengoleksi jam tangan seperti presiden Soekarno? Kamu bisa temukan berbagai jam tangan incaranmu di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
tissot heritage 1978

Tissot Heritage 1938 Desainnya Mirip Tissot KNIL Dari Era Kemerdekaan Indonesia

Next Article
G-SHOCK GW-9500 MUDMAN

Jam Tangan G-Shock GW-9500 Mudman Segera Hadir di Jamtangan.com!

Related Posts
Total
0
Share