Mengapa Ada Jam Tangan Left Handed?

Mengapa Ada Jam Tangan Left Handed?
Nixon 48-20 Chrono P Grand Prix

Nixon 48-20 Chrono P Grand Prix

Baru-baru ini dunia horologi dihebohkan dengan berita Tudor, sebuah merek jam yang mempunyai keterkaitan erat dengan Rolex, mengeluarkan model diver mereka yaitu Pelagos, namun dengan versi left-handed alias kidal. Yang menjadi pembeda adalah posisi crown yang menjadi jam sembilan, selebihnya sama saja. Lantas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sejatinya jam tangan left-handed mempunyai posisi crown yang terbalik dibanding jam tangan pada umumnya, namun mengapa begitu?

Patut diingat bahwa saat jam tangan pertama kali muncul yang ada hanyalah movement dengan manual winding, yang artinya untuk bisa beroperasi jam tangan harus diputar pada crown-nya dulu untuk memutar kumparan mainspring yang kemudian menghasilkan tenaga untuk menggerakan jam. Belum ada automatic movement terlebih lagi quartz. Oleh karena itu, jam tangan didesain untuk dikenakan pada tangan yang kurang dominan (yang tangan kanannya lebih dominan mengenakan jam tangan di tangan kiri dan sebaliknya) agar lebih mudah baik untuk memutar mainspring setiap hari serta untuk mengubah posisi jarum jam.

Sevenfriday M2/01

Sevenfriday M2/01

Di samping itu posisi jam tangan di tangan yang tidak dominan juga dianggap agar tidak mengganggu aktivitas tangan yang lebih dominan. Para produsen jam seperti Seiko, Rolex, TAG Heuer, Zenith, dan Panerai kemudian menciptakan varian-varian jam tangan yang telah ada maupun model baru dengan crown di sebelah kiri untuk mengakomodir mereka yang mengenakan jam tangan pada tangan kanan mereka.

Namun saat ini, terlebih sejak kemunculan automatic dan quartz movement, kita tidak perlu saklek mengikuti ketentuan tersebut. Sah-sah saja untuk mengenakan jam di tangan kiri maupun kanan terlepas kidal atau tidak. Di satu sisi, beberapa kalangan seperti penyelam ada yang memakai jam tangan left handed justru di tangan kiri, beberapa alasannya adalah untuk mencegah crown menekan punggung tangan terutama pada jam tangan berdiameter besar maupun mengurangi paparan movement dari kondisi lingkungan yang ekstrem. Oleh karena itu, anda tak perlu risau untuk mengenakan jam tangan baik di tangan kanan maupun kiri, yang terpenting adalah kenyamanan anda saat mengenakan jam tangan kesayangan anda.

 

 

DJO/jamtangan.com

Tags: left handed