Jam Mekanikal Tidak Harus Mahal

Jam Mekanikal Tidak Harus Mahal
Seiko 5 SNK809K2

Seiko 5 SNK809K2

Stereotipe tidaklah selalu benar. Banyak yang berpendapat dengan jumlah komponen dan kerumitan produksi yang lebih tinggi, jam mekanikal relatif lebih mahal dibandingkan jam tangan quartz. Layaknya Henry Ford yang saat itu meluncurkan Model T agar lebih banyak masyarakat dapat memiliki mobil, sistem produksi saat ini memungkinkan kita untuk memiliki jam tangan mekanikal dengan harga yang terjangkau dengan quality control yang terjaga dengan baik. Tentu tidak ada yang salah dengan memilih jam tangan quartz yang juga mempunyai keunggulan sendiri. Namun bagi mereka yang dengan berbagai alasan cenderung lebih tertarik terhadap jam tangan mekanikal, baru memulai koleksinya atau baru coba-coba, bahkan mereka yang menginginkan jam mekanikal yang lebih murah untuk kegiatan sehari-hari, terdapat berbagai pilihan jam mekanikal yang dapat menjadi pilihan. Sebagai gambaran, contoh-contoh yang akan ditunjukkan mempunyai harga berkisar satu juta rupiah bahkan lebih rendah.

Orient Symphony FER27002B0

Orient Symphony FER27002B0

Jika membahas jam mekanikal dengan harga terjangkau tak akan lepas dari pembahasan mengenai Seiko 5. Seiko 5 sendiri merupakan line-up yang sudah eksis sejak lama diawali dengan munculnya Sportsmatic 5. Seiko 5 dulu diciptakan untuk menyasar segmen kawula muda pada dekade 60-an. Oleh karena itulah, dalam berbagai aspek Seiko 5 dibuat agar cocok dengan mereka yang muda, tidak hanya dari 5 karakteristik khas Seiko 5 (automatic winding, day/date display, water resistance, crown yang berada pada posisi jam 4, serta case & bracelet yang kokoh), namun juga segi desain (terutama tipe Sport) dan harga yang terjangkau yang dapat tercapai karena produksi yang sepenuhnya in-house. Bukan tanpa sebab Seiko 5 mampu bertahan lebih dari setengah abad, dan hanya Grand Seiko yang merupakan line-up Seiko yang lebih tua dari Seiko 5.

Selain Seiko, Orient juga merupakan produsen jam tangan mekanikal yang terjangkau. Anak perusahaan Seiko yang berjalan secara independen ini juga mempunyai sejarah cukup panjang dalam produksi jam mekanikal dengan harga yang tetap terjangkau. Seperti halnya Seiko, faktor produksi yang sepenuhnya in-house

Alexandre Christie ACF-3028-MABSSBA

Alexandre Christie ACF-3028-MABSSBA

berkontribusi terhadap penekanan biaya produksi yang menyebabkan harganya tetap terjangkau tanpa mengorbankan kualitas. Dress watch Orient banyak direkomendasikan sebagai pilihan dress watch on budget dari berbagai forum dan portal jam tangan dunia. Salah satu contohnya adalah Orient Symphony yang termasuk salah satu model dari Orient yang paling digemari.

Di samping kedua merek tersebut tentu ada berbagai pilihan yang menarik, seperti Alexandre Christie yang juga mempunyai model jam mekanikal dengan tampilan yang memukau dan berbagai model lainnya. Dengan berbagai ragam pilihan yang tersedia, anda tidak perlu khawatir jika anda ingin mencari jam tangan mekanikal yang tidak menjebol kantung anda.

 

 

DJO/jamtangan.com