Hidden Gem Terbaru: Review Casio Edifice Slim “CasiOak”

Casio Edifice Slim EFR-S108D

Salah satu kegemaran kami ialah mengkurasi koleksi-koleksi jam tangan hidden gem terjangkau namun memiliki desain dan kualitas baik. Casio Edifice Slim EFR-S108D series yang berisikan EFR-S108D-2BVUDF (dial turquoise/Tiffany blue), EFR-S108D-3AVUDF (dial hijau) dan EFR-S108D-2AVUDF (dial biru) ini merupakan jajaran jam tangan terbaru yang baru rilis awal tahun 2024 ini sebagai pembaruan dari koleksi Edifice Slim.

Ketiga koleksi terbaru Casio Edifice Slim EFR-S108D.
Ketiga koleksi terbaru Casio Edifice Slim EFR-S108D.


Tahun-tahun sebelumnya, Casio sudah merilis versi dial hitam (EFR-S108D-1AVUDF) dan putih (EFR-S108D-7AVUDF). Pada versi terbaru, selain memiliki warna yang fresh, ketiganya juga tetap memiliki harga terjangkau dengan harga di bawah 2 jutaan namun memiliki desain yang mengesankan dan ketiga jam tangan ini secara tampilan juga terlihat melebihi harganya. Seperti apa ulasannya? Simak ulasan di bawah.

Case Tipis & Octagonal Bezel menyerupai Royal Oak

Casio Edifice Slim EFR-S108D-2AVUDF.
Casio Edifice Slim EFR-S108D-2AVUDF.

Seperti pendahulunya dan sesuai namanya, ketiga koleksi Casio Edifice Slim EFR-S108D ini memang didesain dengan case yang tipis karena hanya memiliki tebal 7,8 mm. Diameternya sendiri 40 mm dan lug-to-lug ialah 45 mm. Tentu saja dengan ukuran seperti ini hampir semua pergelangan tangan bisa memakainya. Kecuali dial berwarna turquoise yang lebih matte, dial pada 2 koleksi sisanya diberi sunburst finish sehingga terdapat efek gradasi cahaya tergantung darimana cahaya datang. Tak lupa indeks dan hands juga diberi lume yang bisa membantu visibilitas saat berada pada kondisi minim cahaya. Ketiga koleksi ini tidak hanya memiliki pilihan warna dial yang fresh, namun jika dilihat case-nya juga memiliki desain yang sangat menarik.

Case Casio Edifice Slim sangat tipis.
Case Casio Edifice Slim sangat tipis.


Koleksi ini memakai fixed bezel berbentuk oktagonal atau segi delapan yang mengingatkan pada koleksi ikonis Audemars Piguet Royal Oak karya Gerald Genta. Selain itu pada 4 sudut di bawah bezel-nya koleksi ini diberi sekrup. Tentu saja cukup berbeda dengan Royal Oak yang memiliki beberapa sekrup di atas bezel. Namun inilah letak sisi originalitas Casio dalam mendesain jam tangan ini. Finishing pada atas bezel pun dibuat dengan hairline brushed finish yang cukup rapi dan detail sedangkan pada sisi miring diberi polished finish sehingga meningkatkan kesan sporty sekaligus elegan pada jam tangan ini.

Lume yang berbendar dalam kegelapan.
Lume yang berbendar dalam kegelapan.

Case koleksi ini terbuat dari stainless steel dengan stainless steel bracelet yang terintegrasi dan terlihat serasi dengan case. Jam tangan ini memiliki ketahanan air 100 meter yang artinya sportwatch ini bisa digunakan untuk berenang dan ama jika terkena hujan ketika dipakai harian. Di atas dial, tersemat kaca safir anti gores datar yang diberi lapisan anti reflektif sehingga menjaga kaca tetap terlihat jernih karena meminimalisir pantulan bayangan. Jika kita melihat finishing pada case dan bracelet, kita bisa melihat brushed finish sangat mendominasi. Hal ini membuat ketiga jam tangan ini memiliki tampilan sportwatch yang cukup solid

Bracelet, Caseback & Movement

Casio Edifice Slim EFR-S108D-3AVUDF.
Casio Edifice Slim EFR-S108D-3AVUDF.


Jika melihat detail pada integrated bracelet-nya, ada sedikit kelemahan, yaitu sambungan antar link terlihat tidak begitu kokoh dan ketika dipakai, akan membuat lipatan bracelet pada pergelangan tangan terasa kaku dan terlihat lekukan antar link tidak melingkar secara smooth pada pergelangan tangan. Namun tentu saja hal ini bisa sedikit dimaklumi mengingat harga jam tangan ini yang termasuk terjangkau. Bracelet juga dibekali triple folding clasp dengan push button dan lubang micro adjustment yang bisa membantu menemukan ukuran ideal untuk pergelangan tangan.

Snap caseback pada Casio Edifice Slim.
Snap caseback pada Casio Edifice Slim.

Bagian caseback memakai solid snap caseback yang memiliki mekanisme membuka dengan mencongkel melalui alat khusus. Dibalik caseback tersemat in-house quartz movement buatan Casio dengan akurasi +-20 detik per bulan. Movement yang memiliki nomor modul No. 5359 ini ini dibekali baterai SR916SW dengan cadangan daya 3 tahun. Quartz movement selalu menawarkan kepraktisan bagi anda yang menyukai pemakain grab and go dan malas melakukan penyesuaian waktu secara berkala.

Value For Money & Layak Dikoleksi

Casio Edifice Slim EFR-S108D-2BVUDF dengan dial turquoise atau “Tiffany blue” yang cukup trendy.
Casio Edifice Slim EFR-S108D-2BVUDF dengan dial turquoise atau “Tiffany blue” yang cukup trendy.


Secara harga, Casio selalu membuat banyak jam tangan yang terjangkau namun dengan berbagai macam spesifikasi berkualitas. Di antara ketiga koleksi terbaru ini, yang diprediksi paling viral dan menurut kami ialah paling menarik adalah model Casio Edifice Slim EFRS108D-2BVUDF dengan warna dial turquoise atau “Tiffany blue”. Warna yang beberapa tahun terakhir viral di kalangan watch enthusiast seluruh dunia ini cocok dipakai baik oleh pria maupun wanita serta membuat anda terlihat update dengan tren fashion jam tangan terkini.

Warna dial lainnya juga cukup menarik karena memiliki tampilan yang smooth dan memiliki efek sunburst. Koleksi ini cocok untuk anda yang memiliki budget terbatas namun menginginkan jam tangan sporty yang trendy sekaligus terlihat mahal namun tetap berasal dari true watchmaker brand yaitu Casio. Dapatkan ketiga koleksi ini di Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Panerai Luminor Due PAM01424

Panerai Rilis Luminor Due PAM01424 dengan Dial Burgundy yang Elegan

Next Article
Jam Tangan Tonneau Case

Pilihan Jam Tangan Tonneau Case yang Sporty & Terjangkau

Related Posts
Total
0
Share