Hamilton Khaki Field H69529933 Kental Nuansa Militer Amerika Serikat

Hamilton Khaki Field H69529933

Jika berbicara mengenai military watch, Hamilton tidak bisa dilewatkan. Sebagai brand jam tangan militer yang digunakan oleh militer Amerika sejak Perang Dunia I, Hamilton memiliki tempat tersendiri di hati watch enthusiast. 

Khaki Field bukan hanya simbol keandalan dalam situasi ekstrim, tetapi juga mewakili warisan panjang Hamilton sebagai pembuat jam tangan berkualitas tinggi dengan akar Amerika yang kuat, meskipun produksi mereka saat ini berbasis di Swiss. Salah satunya Hamilton Khaki Field H69529933 .

Hamilton Khaki Field, Jam Tangan yang Memiliki Hubungan Erat dengan Militer Amerika
Hamilton Khaki Field, Jam Tangan yang Memiliki Hubungan Erat dengan Militer Amerika

Ingin tahu lebih banyak tentang Hamilton Khaki Field H69529933? Intip ulasan Minwatch di bawah ini!

Kisah Hamilton & Militer Amerika Sudah Dimulai Sejak Perang Dunia 1

Khaki Field adalah salah satu seri dari merek Hamilton yang terinspirasi dari jam tangan militer klasik yang diproduksi selama perang Vietnam, yakni Hamilton MIL-W-46374 yang spesifikasinya dipublikasikan pertama kali pada 1964 dan diproduksi pada 1968. Setelah perang Vietnam berakhir, versi B pun hadir dengan beberapa perbaikan dan diproduksi pada 1975. Sejak dahulu Hamilton sudah menyediakan jam tangan untuk militer Amerika. Pada 1914 saat perang dunia I, Hamilton membuat trench watch yang dianggap lebih praktis serta mampu menggeser penggunaan jam saku yang tengah populer saat itu.

Hamilton Khaki Field H69529933
Hamilton Khaki Field H69529933

Tidak hanya sampai di sini, Hamilton terus menjadi pemasok jam tangan militer untuk Amerika hingga Perang Dunia II. Pada tahun 1946 saat Perang Vietnam pecah, Hamilton fokus untuk membuat military watch militer Amerika bahkan sampai menutup produksinya untuk publik.

Jam Tangan yang Dulunya Digunakan di Medan Perang
Jam Tangan yang Dulunya Digunakan di Medan Perang

Hamilton bahkan memproduksi lebih dari satu juta jam tangan militer dan mendapatkan Army-Navy E Award for Excellence in War Production untuk dedikasinya ini. Di mata militer Amerika, Hamilton adalah jam tangan yang memiliki kualitas presisi yang terbaik dan tidak pernah gagal di medan perang.

Dial yang Mudah Dibaca

Hamilton Khaki Field Memiliki Dial yang Mudah Dibaca
Hamilton Khaki Field Memiliki Dial yang Mudah Dibaca

Sebagai military watch, dial yang mudah dibaca dalam segala medan adalah sebuah keharusan. Hamilton Khaki Field H69529933 memiliki keterbacaan tinggi dengan black dial matte yang kontras dengan angka yang berwarna putih.

Dial dengan Warna Kontras yang Mudah Dibaca
Dial dengan Warna Kontras yang Mudah Dibaca

Jarum penunjuknya berbentuk jarum suntik dengan tepian yang berwarna putih. Untuk mendukung keterbacaan dial saat gelap, Khaki Field memiliki lume dari material Super LumiNova pada jarum dan indeks segitiga di belakang setiap angka arab.

Lume pada Hamilton Khaki agar Dapat Dilihat Saat Gelap
Lume pada Hamilton Khaki agar Dapat Dilihat Saat Gelap

Jika pada siang hari, lume akan tampak berwarna beige atau khaki. Namun jika kondisi gelap,  Super LumiNova akan memancarkan cahaya kehijauan yang akan membantu melihat waktu.

Secara keseluruhan, tampilan dial yang dimiliki Hamilton Khaki Field ini sangat minimalis dan fungsional, selayaknya jam tangan militer pada umumnya.

Sandblasted Case

Case Hamilton Khaki yang Elegan dan Ringkas
Case Hamilton Khaki yang Elegan dan Ringkas

Hamilton Khaki Field H69529933 memiliki case yang elegan dan tipis dengan ukuran 42 mm dan ketebalan 9,9 mm. Ukuran ini sebenarnya lebih besar dari jam tangan yang digunakan saat perang Vietnam yang berukuran sekitar 34mm.

Case Sandblasted Stainless Steel yang Memiliki Tampilan Matte
Case Sandblasted Stainless Steel yang Memiliki Tampilan Matte

Case-nya terbuat dari stainless steel yang merupakan material tahan karat dan kuat. Jam ini memiliki tampilan yang matte dan dove karena adanya sandblasted coating yang melapisi permukaan stainless steel. Permukaan yang matte ini adalah salah satu ciri khas dari jam tangan militer. 

Selain menarik secara visual, proses blasted pada jam militer biasanya dimaksudkan agar jam tidak mengilap dan  tidak mencolok sehingga memudahkan proses penyamaran.

Strap Nato pada Hamilton Khaki Field 
Strap Nato pada Hamilton Khaki Field 

Khaki Field H69529933 memiliki lug standar dengan ukuran 22 mm. Strap yang digunakan pada jam ini adalah NATO Strap dengan kode strap H6007061091, dilengkapi dengan spring bar ukuran 20 mm untuk memudahkan penggunaan dan penggantian strap

Logo Hamilton pada Caseback Jam
Logo Hamilton pada Caseback Jam

Lambang H diukir pada bagian belakang casing, selain itu jam tangan ini memiliki kemampuan tahan air hingga kedalaman 50 meter, walaupun tidak dianjurkan digunakan untuk aktivitas berenang dan menyelam. Tetapi masih aman jika terkena aliran air seperti air keran atau kehujanan.

Keunggulan Movement dalam Hamilton Khaki

Hamilton Khaki H69529933 memiliki mechanical manual winding movement H-50. Sebelum menggunakan caliber H-50, saat Khaki Field Mechanical pertama kali dirilis tahun 2017 movement yang digunakan ialah ETA 2801-2, power reserve 42 jam dan beat rate 4 Hz atau berdetak sebanyak 28,800 bph.

Movement H-50 pada Jam Tangan Hamilton Khaki
Movement H-50 pada Jam Tangan Hamilton Khaki

Hamilton meng-update-nya pada tahun 2019 menggunakan movement caliber H-50 yang masih dibuat berdasarkan ETA 2801-2, tapi dengan penurunan beat rate menjadi 3 Hz atau 21,600 bph. Dengan penurunan beat rate, H69529933 memiliki cadangan daya selama 80 jam dan akurasi mencapai +- 7-15 detik per hari.

Selain itu, Hamilton Khaki Field juga sudah memiliki Nivachron yang berguna untuk mengurangi dampak medan magnet terhadap movement sehingga tetap berfungsi dengan baik dalam situasi di mana medan magnet kuat atau dekat dengan perangkat elektronik yang biasanya dapat mengganggu jam tangan mekanik.

Is Hamilton Khaki Worth to Buy?

Hamilton Khaki Field Mechanical memang memiliki sejarah panjang dan erat dengan militer Amerika. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi yang menghargai aspek sejarah dan warisan dalam jam tangan. 

Hamilton Khaki Field H69529933, Worth to Buy?
Hamilton Khaki Field H69529933, Worth to Buy?

Bagi kamu yang menyukai tampilan minimalis tetapi masih memiliki kesan maskulin, maka jam ini sangat worth to buy. Ditambah lagi dengan reputasi Hamilton dalam dunia horologi yang terkenal dengan tingkat presisi dan kualitas yang baik.

Caliber H-50 yang memiliki power reserve 80 jam sangat memudahkan kamu dalam pemakaian, karena tidak perlu terlalu sering winding untuk mengisi power dalam beberapa hari.Menurut Minwatch, sih, ini worth to buy. Bagaimana menurutmu?

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
CITIZEN PROMASTER DIVER FUJITSUBO

Citizen Fujitsubo Super-Titanium Kini Ready di Jamtangan.com

Next Article
tissot chronograph

10 Koleksi Tissot Chronograph Swiss-Made Untuk Ukur Durasi

Related Posts
Total
0
Share