Citizen Fujitsubo Super-Titanium Kini Ready di Jamtangan.com

CITIZEN PROMASTER DIVER FUJITSUBO

Pada tahun 2022 kemarin, Citizen meluncurkan dua model jam tangan Promaster Mechanical Diver 200M atau dikenal sebagai Citizen Fujitsubo. Kedua jam tangan tersebut dibuat dengan warna dial berbeda yaitu NB6021-68L untuk versi dial biru dan NB6021-17E untuk versi dial hitam. Kedua model ini merupakan reinterpretasi dari desain diver’s watch Citizen berusia 46 tahun yaitu Citizen 1977 Challenge Diver. 

Citizen Promaster Diver Fujitsubo
Citizen Promaster Diver Fujitsubo

Citizen Fujitsubo fokus pada update teknis dengan tetap mempertahankan desain pendahulunya. Promaster Diver Fujitsubo merupakan diver watch klasik yang  dibuat dari Super Titanium case milik Citizen yang ringan dan durable. Namun pada artikel kali ini, Minwatch hanya akan me-review jam tangan Citizen Fujitsubo dengan dial hitam yaitu NB6021-17E. Jadi, simak terus ya ulasan selengkapnya di bawah ini!

Ada Cerita Menarik Di Balik Nama Promaster Diver Fujitsubo

Citizen 1977 Challenge Diver
Citizen 1977 Challenge Diver

Kehadiran Citizen Fujitsubo menyimpan cerita menarik dari jam tangan legendaris Citizen 1977 Challenge Diver. Pada tahun 1977, seseorang kehilangan jam tangannya saat berenang di pantai Long Reef Beach, Australia. Jam tangan tersebut baru ditemukan tahun 1983, di mana sebagian besar jam tertutup barnacles atau teritip dan masih berdetak. Dalam bahasa Jepang, teritip ini diartikan sebagai “fujitsubo”. Hal ini membuktikan Citizen berhasil menciptakan jam tangan yang kokoh, andal, dan durable. Kehadiran Promaster Diver Fujitsubo ini menjadi reinterpretasi modern dari 1977 Challenge Diver. 

Tampilan Promaster Diver Fujitsubo
Tampilan Citizen Fujitsubo

Dial dan Case Citizen Promaster Diver Fujitsubo Terbuat dari Super Titanium yang Ringan

Dial Citizen Promaster Diver Fujitsubo
Dial Citizen Promaster Diver Fujitsubo

Walaupun menjadi versi modern dari Challenge Diver 1977, Citizen tetap memberi perhatian yang detail pada dial Promaster Diver Fujitsubo dengan sunburst efek yang indah. Jam tangan ini menggunakan indeks persegi yang diisi lume dan akan memancarkan cahaya hijau saat berada di tempat minim cahaya. Hal ini dapat membantu penyelam saat melakukan petualangan di bawah air. Sedangkan date window ditampilkan pada pukul 3. Lalu, bagaimana dengan case yang digunakan pada Promaster Diver Fujitsubo?

Case Citizen Promaster Diver Fujitsubo
Finishing yang menawan

Sebagai informasi saja, model pendahulunya yaitu Citizen Challenge Diver original dibuat dari case stainless steel dengan bidirectional bezel tanpa crown guard. Sedangkan Citizen Fujitsubo menggunakan case terbuat dari Super Titanium yang diberi lapisan Duratect untuk memberi perlindungan optimal pada case. Case-nya berdiameter 41 mm, lug-to-lug 48,5 mm, dan memiliki ketebalan 12,3 mm, di mana ini lebih tipis dibandingkan versi pendahulunya.

Super titanium ini dihasilkan dengan treatment pengerasan permukaan Duratect milik Citizen hingga brand ini menyebutnya sebagai material “space-age”. Treatment pengerasan ini  menghasilkan kekerasan 5x lipat lebih keras dan bobotnya 40% lebih ringan daripada stainless steel, memiliki sifat anti gores, tahan karat, berkilau lebih lama, dan hipoalergenik. Fujitsubo juga menggunakan kaca safir datar yang bagian tepinya miring.

Citizen Promaster Diver Fujitsubo bercahaya pada kondisi minim cahaya
Bercahaya pada kondisi minim cahaya

Selain melakukan update pada material case, Citizen juga tetap mempertahankan unidirectional bezel pada Fujitsubo. Jam tangan ini menggunakan glossy black bezel insert dengan skala 60 menit dan lume pip. Agar tetap sesuai dengan versi original, crown tetap didesain tanpa guard. Sedangkan elemen lain termasuk bezel, font marker dan desain jarum juga tetap dibuat mirip dengan versi pendahulunya.

Caseback Citizen Promaster Diver Fujitsubo
Bagian case back

Secara visual, desainnya cukup sama dengan Citizen Challenge Diver, namun terdapat tulisan “Titanium” pada dial dan ketahanan air sudah 200 meter standar ISO 6425. Detail lainnya ialah terdapat logo Promaster pada screw down crown dan case back.

Movement Promaster Diver Fujitsubo Dibekali Material Anti-Magnetic

Promaster Diver Fujitsubo menggunakan automatic movement caliber 9051
Promaster Diver Fujitsubo menggunakan automatic movement caliber 9051

Promaster Diver Fujitsubo dibekali automatic movement caliber 9051. Movement Citizen (Miyota) ini berdetak sebanyak 28.800 vph, memiliki power reserve 42 jam, dan akurasi +20/-10 detik per hari. Movement ini juga mendukung fitur hack second hand dan hand winding. Promaster Diver Fujitsubo ini juga menggunakan material anti-magnetic untuk balance spring dan komponen di sekitarnya. Hal ini membuat jam tangan memiliki ketahanan magnet hingga 16.000 A/m.

Meskipun konstruksi jam tangan Citizen Promaster Diver Fujitsubo kokoh, tetapi terasa nyaman saat dipakai di pergelangan tangan. Sedangkan untuk strap, jam tangan versi dial hitam NB6021-17E dilengkapi black rubber strap dengan pola emboss dan titanium pin buckle. So, kalau kamu sedang mencari jam tangan dengan konstruksi kokoh yang mengombinasikan fungsionalitas dan estetis, Citizen Promaster Diver Fujitsubo NB6021-17E dan NB6021-68L bisa dipilih. Jam tangan ini juga sudah mendarat di Jamtangan.com lho. Kamu juga masih bisa mengoleksi jam tangan Citizen Promaster lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
seiko prospex sla073j1

Siap Dijemput di Jamtangan.com: Seiko Prospex SLA073J1, Dial Terinspirasi Gua Bawah Laut

Next Article
Hamilton Khaki Field H69529933

Hamilton Khaki Field H69529933 Kental Nuansa Militer Amerika Serikat

Related Posts
Total
0
Share