Duo Seiko 5 Sports Stealth Series Bergaya ala Mata-Mata

Seiko 5 Sports Field & Flieger "Stealth Series"

Pada tahun 2021 lalu, Seiko meluncurkan seri 5 Sports dengan desain Field dan Flieger. Seri tersebut dihadirkan dalam estetika military classic dan beberapa sentuhan outdoor. Dan di tahun 2022, Seiko kembali menambah koleksi Field dan Flieger dengan tema Stealth yang berarti mata-mata. Ada dua model jam tangan dalam edisi tersebut yaitu SRPJ09K1 dengan berjenis “Field Watch” dan SRPJ11K1 dengan berjenis “Flieger Type B Watch”. 

Seiko 5 Sports Stealth Series
Seiko 5 Sports Stealth Series

Karena duo ini Stealth edition, maka memakai warna all black, dalam dunia militer, warna hitam identik dengan alat-alat yang dipakai untuk kegiatan pengintaian atau mata-mata. Seiko SRPJ09K1 dan SRPJ11K1 dianggap memiliki tampilan dan spesifikasi ideal untuk personel militer atau petualang saat melakukan aktivitas outdoor. Penasaran dengan spesifikasinya? Yuk simak ulasan selengkapnya tentang Seiko 5 Sports Field & Flieger “Stealth Series” dalam artikel di bawah ini!

Sejarah Singkat Seiko Sports 5

Seiko Sportsmatic 5 (1963)
Seiko Sportsmatic 5 (1963)

Sebelum menyandang nama Seiko Sports 5, koleksi ini diberi nama Sportsmatic 5 yang diluncurkan tahun 1963. Koleksi tersebut dibanderol dengan harga yang affordable, memiliki kualitas yang andal, versatile, tangguh dan cukup sukses di pasaran. Meskipun telah berganti nama menjadi Seiko 5 Sports pada tahun 1968, jajaran tersebut tetap menjadi flagship Seiko hingga sekarang. Ada lima fitur kunci dari Seiko 5 Sports yaitu automatic movement, memiliki date dan day window, water resistance, crown ditampilkan pada pukul 4, serta menggunakan case dan bracelet yang durable

Dengan berjalannya waktu, jam tangan Seiko 5 Sports baru terus bermunculan. Saat ini terdapat koleksi SKX Style, Field, Flieger, dan GMT. Khusus untuk koleksi Field, tampilan jam tangannya terinspirasi dari militer dan mengingatkan kita pada style “trench watch”. Yaitu jam tangan jam tangan militer klasik era perang dunia, sedangkan koleksi Flieger merupakan jam pilot klasik tentara Jerman pada perang dunia II.

Spesifikasi Seiko 5 Sports Stealth Series

Case Seiko 5 Sports Stealth SRPJ09K1
Case Seiko 5 Sports Stealth SRPJ09K1

Kedua Seiko 5 Sports Stealth Series menggunakan stainless steel case dengan black hard coating agar jam tangan makin tahan terhadap goresan. Case-nya berdiameter 39,4, ketebalannya 13,1, dan lug-to-lug 48 mm. Dengan dimensi tersebut, Seiko 5 Sports Stealth Series dianggap friendly untuk sebagian pergelangan tangan. Kedua jam tangan dibekali fixed bezel hitam yang smooth. Untuk melindungi dial, SRPJ09K1 dan SRPJ11K1 menggunakan Hardlex crystal cembung. Pada pukul 3 terdapat crown berukuran besar dan mudah dioperasikan.

 Caseback Seiko 5 Sports Stealth
 Caseback Seiko 5 Sports Stealth

Seiko 5 Sports Stealth dibekali automatic movement caliber 4R36, sama seperti seri 5 Sports lainnya. Movement ini memiliki power reserve 41 jam dan berdetak sebanyak 21.600 vph. Kamu dapat melihat tampilan movement melalui caseback dengan rotor yang dihiasi logo Seiko 5 Sports. Dengan ketahanan air hingga 100 meter, kamu dapat menggunakan Seiko 5 Sports Stealth untuk berenang. 

Dua Model Jam Tangan Seiko 5 Sports Stealth Series

Walaupun terlihat sama, tetapi jika diperhatikan lebih seksama SRPJ09K1 dan SRPJ11K1 memiliki beberapa perbedaan. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Seiko 5 Sports “Field” SRPJ09K1 

Jam tangan Seiko SRPJ09K1 menggunakan dial hitam matte yang smooth. Trek menit di inner ring ditampilkan dalam bentuk strip, sedangkan marker berbentuk persegi, kecuali pada pukul 12 yang berbentuk segitiga. Indeks jam menggunakan angka Arab 1 – 12 berukuran besar dan skala 13-24 jam menjorok ke tengah memiliki ukuran lebih kecil yang menjadi desain khas field military watch klasik.

Jarum SRPJ09K1 diisi lume
Jarum SRPJ09K1 diisi lume

SRPJ09K1 menggunakan jarum bergaya pedang. Jarum detiknya memiliki ujung panah berwarna putih. Semua elemen pada dial akan tampak berwarna hitam di siang hari, tetapi akan bercahaya pada kondisi gelap karena hands-nya diisi LumiBrite. SRPJ09K1 dilengkapi steel bracelet yang diberi lapisan hitam dan 3-fold clasp. 

Black bracelet Seiko SRPJ09K1
Black bracelet Seiko SRPJ09K1

2. Seiko 5 Sports SRPJ11K1 

Seiko 5 Sports SRPJ11K1 dihadirkan dengan tampilan utilitarian yang mengingatkan kita pada layout jam tangan pilot Jerman yaitu Flieger Type-B dari era Perang Dunia II. Terdapat indeks utama yang memakai angka arab dan menunjukan menit, sedangkan indeks penunjuk jam melingkar di bawahnya. Penggunaan indeks seperti ini merupakan ciri desain Flieger Type B.  Pada pukul 12 terdapat marker segitiga menghadap ke atas sebagai ciri khas desain Flieger dan di bawahnya ada logo “Seiko dan logo 5 Sports” berwarna putih. Sedangkan di atas pukul 6 terdapat tulisan “Automatic”. Jarum jam dan menit bergaya jarum suntik, sedangkan jarum detik bergaya lollipop.  Untuk strap, SRPJ11K1 dilengkapi black canvas strap bergaya NATO dengan buckle hitam.  

Black strap SRPJ09K1
Black strap SRPJ09K1

Day-date window SRPJ09K1 dan SRPJ11K1 ditampilkan pada pukul 3 dengan background hitam serta angka dan huruf berwarna putih sehingga mudah dibaca. 

Tertarik mengoleksi Seiko 5 Sports Stealth Series dengan tampilan full-black? Segera kunjungi website/aplikasi Jamtangan.com karena kedua jam tangan tersebut sudah siap kamu jemput di sana! Kamu juga bisa mendapatkan jam tangan Seiko 5 Sports lainnya di sini!

Total
0
Shares
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
G-Shock Sci-Fi World Series Siap Diserbu di Jamtangan.com

G-Shock Sci-Fi World Series Siap Diserbu di Jamtangan.com

Next Article
seiko tuna

7 Seiko Tuna Termurah di Bawah 6 Juta, Wajib Punya!

Related Posts
Total
0
Share