Cara Menghindari Penipuan Ketika Berbelanja Online

Cara Menghindari Penipuan Ketika Berbelanja Online
fitur gambar oleh: aloe-vera-remedies

 

Keamanan dalam berbelanja online merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Dasar sistem jual beli online adalah kepercayaan, sehingga masing-masing pembeli dan penjual akan saling menjaga agar tidak terjadi sesuatu yang dapat merugikan keduanya seperti penipuan. Namun, sebaik-baiknya sistem keamanan yang diterapkan, masih banyak celah bagi para pihak yang kurang baik untuk memanfaatkannya. Berikut ini beberapa 9 poin yang dapat Anda perhatian untuk memulai transaksi online yang aman dan terhindar dari penipuan.

Googling
“[Nama website] penipu” adalah salah satu kata kunci yang bisa Anda ketik di kolom pencarian Google. Dengan begitu, akan ada beberapa link yang akan me-review website yang Anda tuju. Beberapa website verifikator (verifier) seperti polisionline.com, polisi-web.com, dan sebagainya akan muncul dan memberikan ulasan mengenai keamanan website yang Anda tuju tersebut.

tokopedia penipu - Google SearchGambar 1. Memanfaatkan Mesin Pencarian dengan Kata Kunci “[Nama Website] Penipu”

Whois & Scamadviser
Whois.net, who.is, dan whois.com adalah website yang mampu menunjukkan pemilik dari sebuah domain. Cukup masukkan nama domain website yang ingin Anda periksa, nama pemilik dan/atau nama perusahaan pemilik website tersebut akan muncul. Alamat jalan dan kotanya pun biasanya akan muncul di daftar registrar. Hal ini memungkinkan Anda untuk memeriksa secara langsung atau menelpon nomor yang juga tertera dalam daftar registrar tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi kapan website dibuat dan waktu aktif website tersebut. Makin lama aktifnya maka website tersebut reputasinya akan lebih baik.

Whois Lookup & IP _ Whois.netWhois Lookup & IP _ Whois.netGambar 2. Whois.net Salah Satu Platform untuk Memeriksa ID Pemilik Domain Web

 

Hampir sama dengan whois, scamadviser.com juga memungkinkan Anda untuk mengetahui data pemilik alamat domain dari website yang dituju. Tidak hanya itu, scamadviser juga memunculkan presentasi kemungkinan letak website berada (membaca berdasarkan IP server). Scamadviser juga memiliki data negara-negara yang rawan penipuan (meski bukan berarti website yang berada di negara tersebut semuanya tidak aman). Dengan menggunakan whois dan scamadviser, dengan begitu Anda dapat mengkombinasikan data dan menarik kesimpulan dari data tersebut.



Scamadviser.com _ check a website for risk _ check if dodgey _ website trust reviews _check website is fake or a scam
advice for lazada.co.id _ Scam check for lazada.co.id is lazada.co.id safe_Gambar 3. Scamadviser.com, Platform untuk Memeriksa Tingkatan Resiko Sebuah Website

 

Alexa.com
Alexa.com merupakan website yang memiliki reputasi internasional yang menyediakan informasi seputar pengunjung website serta rangking yang diakui. Banyaknya jumlah website yang ada di Indonesia menjadikan rangking standar aman Alexa untuk kategori lokal (Indonesia) adalah rangking 1 hingga 10.000. Apabila website yang Anda tuju ada di antara rangking tersebut, bisa jadi website tersebut aman dan terpercaya.

Alexa - Actionable Analytics for the Webmachtwatch.co.id Site OverviewAlexa Internet - Site ComparisonsGambar 4. Menganalisa Rangking Website Melalui Alexa.com

 

Domain Terpercaya (.co.id) (.id) (.com) dsb
Di Indonesia, website yang mempunyai keamanan terjamin adalah pemilik domain (.co.id) dan (.id). Karena untuk memiliki domain ini, pengguna wajib menunjukkan Akte Notaris (bila tidak ada SIUP), SIUP, Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten (bila memakai merek terkenal), serta Kartu Identitas Penerima Kuasa (KTP/ SIM/ Pasport). Selain itu berbagai ketentuan khusus juga harus ditaati. Ketentuan-ketentuan tersebut adalah:

  • Domain (.co.id) ditujukan untuk organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan swasta yang memiliki badan hukum
  • Perusahaan yang dapat mendaftarkan dalam (.co.id) harus merupakan badan hukum sah yang memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait
  • Perusahaan yang mendaftarkan dalam merek dagang harus merupakan perusahaan pemilik hak merek dagang yang bersangkutan, dan identitas yang digunakan untuk pendaftaran adalah Surat Bukti Kepemilikan Merk yang disahkan oleh Departemen Kehakiman RI.

Syarat & Ketentuan Domain ID __ IDwebhost Penyedia Domain ID MURAHGambar 5. Persyaratan Pendaftaran Domain (.co.id) oleh Salah Satu Penyedia Layanan Web

 

Selain itu, website yang memiliki domain (.com) atau domain resmi lainnya mengindikasikan bahwa perusahaan pemilik website tersebut memiliki company personality yang baik serta modal usaha yang mumpuni. Terlebih lagi, dengan adanya personal company domain, bisa dipastikan perusahaan tersebut mengerti tentang pentingnya media resmi untuk menjaring pelanggan yang lebih luas dan memberikan pelayanan terbaik melalui website yang dibangun dengan sistem terintegrasi secara total.

 

Selisih Harga Realistis
Hal yang paling bisa dilihat adalah harga barang. Biasanya untuk barang original, potongan harga maksimal adalah 50%. Lebih dari itu Anda hendaknya waspada. Ada kemungkinan barang yang dijual bukan barang terbaik (company reject) atau bahkan barang tiruan yang biasa disebut juga dengan barang KW. Sebagai contoh, apabila di pasaran harga sebuah barang 50 juta rupiah, akan sangat mencurigakan apabila barang tersebut menjadi 300 ribu rupiah saja.

Seiko 5 Sports SRP671K1 Automatic 24 Jewels 100M _ Machtwatch.co.idGambar 6. Salah Satu Tampilan Harga yang Realistis

 

Platform Publik
Online shop yang menggunakan platform publik seperti blogspot, wordpress, atau facebook cenderung lebih rentan penipuan. Karena platform tersebut gratis dan dapat dibuat oleh semua orang. Biasanya, akun-akun tersebut memiliki ciri desain visual yang tidak terlalu bagus karena hanya memburu SEO sehingga tulisan/konten-nya tidak tertata dengan rapi (dari segi ukuran, warna, dsb). Hendaknya manfaatkan forum (internet) lokal (seperti kaskus.co.id, misalnya) untuk membicarakan tentang toko online tersebut atau cari informasi melalui googling.

TOKO MEGA MURAH CELLSELAMAT DATANG TOKO ONLINE LAZADA 04Gambar 7. Website yang Berbasis Free Public Domain/Blog

 

Nomor Rekening
Nomor yang dicantumkan pada website hendaknya diperiksa terlebih dahulu apakah masuk dalam black list atau tidak. Cara pertama bisa dengan menggunakan Google atau beberapa forum internet yang tersedia seperti kaskus.co.id (go>). Beberapa contoh akun Facebook juga ada yang secara berkala update informasi seperti Penipuan Oleh Online Shop (go>) dan Status DPO (go>). Ada juga yang mengumpulkan cerita-cerita korban penipuan seperti stoppenipuan.net.

Pusat Data Informasi Penipu Online _ Stoppenipuan.comGambar 8. Rekening Bank Merupakan Salah Satu Hal yang Mempengaruhi Bentuk
Kepercayaan yang Diberikan Terhadap Konsumen

 

Desain Website
Toko online yang baik biasanya sangat memperhatikan tampilan website yang dinamis dan terintegrasi dengan baik. Memiliki info lengkap yang selalu di-update apabila ada penyesuaian. Pendaftaran (registration) untuk para pelanggan juga akan diperlukan. Hal ini selain untuk memudahkan database, juga berfungsi mengamankan pelanggan saat melakukan transaksi. Biasanya sistem pembayaran online akan bekerjasama dengan pihak-pihak dengan reputasi yang terjamin seperti PayPal dan Doku Wallet.

PULL&BEAR Indonesia Official WebsiteHugo Boss Jam Tangan Pria - Strap Stainless Steel - 1512962 _ Lazada IndonesiaGambar 9. Fashion Online Store dengan Desain Web yang Terkonsep Baik

(fbi/machtwatch)

 

check machtwatch penipu | check machtwatch whois | check machtwatch scamadviser | check machtwatch alexa

Shop Now >>