Anniversary ke-60 Crown Chronograph, Seiko Rilis Presage Style60’s SRPK61 Limited Edition 

Seiko Presage Style60's SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition
Seiko Presage Style60’s SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition

Bagi Seiko, tahun 1964 merupakan sebuah tonggak bersejarah yang tak akan terlupakan. Hal ini karena di tahun tersebut Seiko merilis Crown Chronograph atau Seiko 5719 untuk memeriahkan Olimpiade Musim Panas 1964 yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Dan untuk merayakan anniversary ke-60 dari momen spesial tersebut, di awal tahun 2024 ini Seiko akan meluncurkan Presage Style60’s SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition.

Seiko Presage Style60's SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition
Seiko Presage Style60’s SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition

Baca juga : Anniversary ke-100 Trademark Seiko, Rilis Presage Kintaro Hattori SPB441

Jam tangan ini dirancang menggunakan case yang identik dengan desain original Crown Chronograph 1964 serta berukuran ramping dan tipis. Simak terus artikel selengkapnya di bawah ini untuk tahu lebih banyak tentang detail dan spesifikasi Seiko Presage SRPK61!

Sekilas tentang Seiko Crown Chronograph 1964

Crown Chronograph 1964
Crown Chronograph 1964

Seiko Crown Chronograph adalah jam tangan mechanical manual winding dengan fungsi stopwatch pertama di Jepang dan dianggap sebagai jam tangan inovatif yang dibuat untuk Olimpiade Tokyo 1964. Crown Chronograph merupakan jam tangan chronograph sederhana dengan monopusher. Jam tangan ini memiliki monopusher sekali tekan untuk menjalankan semua fungsi chronograph, mulai dari Start, Stop, dan Reset. Penggunaan pillar wheel pada movement Crown Chronograph memungkinkan pengoperasian stopwatch yang mudah. 

Seiko Presage Style60's SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition
Seiko Presage Style60’s SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition

Baca juga : Seiko Rilis Presage Craftsmanship Series dengan Enamel & Urushi Lacquer

Hal ini membuat Crown Chronograph dianggap sebagai jam tangan legendaris dan membuktikan kualitas Seiko dalam memproduksi sebuah jam tangan inovatif pada masa itu. Tidak hanya dari segi fungsi, tetapi juga desain estetik dan mudah dibaca. Dan untuk merayakan anniversary Crown Chronograph ke-60, Seiko merilis Presage Style60’s SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition.

Spesifikasi Seiko Presage SRPK61 Style60’s

Case Presage Style60's SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition
Case Presage Style60’s SRPK61 Crown Chronograph 60th Anniversary Limited Edition

Seiko SRPK61 menggunakan stainless steel case yang desainnya mirip versi original Crown Chronograph 1964. Case-nya berdiameter 39,5 mm, ketebalannya 12 mm, dan lug-to-lug 46,2 mm. Dimensi case ini dianggap ramah dipakai oleh sebagian pergelangan tangan karena cukup kecil diameternya. Jam tangan ini menggunakan stainless steel bracelet dengan 5-link dan dibekali folding clasp.

Seiko SRPK61 juga mewarisi desain Crown Chronograph dengan menggunakan box-shaped Hardlex glass untuk menciptakan style vintage. Jam tangan ini menggunakan insert bezel warna hitam dan skala 60 menit menggunakan font dan warna sama seperti versi original.  Pada caseback transparan terdapat tulisan “LIMITED EDITION” dengan serial number. Seiko SRPK61 memiliki ketahanan air hingga 50 meter sehingga tetap bisa berfungsi walau terkena cipratan air atau rintik hujan namun tidak disarankan untuk dipakai berenang. 

Caseback Presage SRPK61 Style60's Crown Chronograph 
 Caseback Presage SRPK61 Style60’s Crown Chronograph 

Presage Style60’s Crown Chronograph menggunakan automatic movement caliber 4R35. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bps, memiliki power reserve 41 dan akurasi -35 hingga +45 detik/hari. Movement-nya juga dihiasi gold-plated winding rotor sehingga tampak begitu kontras dengan warna silver di sekitarnya.

Dial Presage Style60’s Crown Chronograph

Dial Presage SRPK61 Style60's Crown Chronograph 
Dial Presage SRPK61 Style60’s Crown Chronograph 

Dial Seiko Presage SRPK61 dihadirkan dengan dual-tone serta memiliki tampilan istimewa dengan warna dan detail yang meniru dial warna gading dari Crown Chronograph (1964). Pada dial terdapat inner circular band warna silver yang menghubungkan penanda jam satu dan lainnya. Pada bagian luar indeks jam terdapat marker menit menggunakan angka Arab tiap 5 menit. Sedangkan pada bagian luar dalam indeks jam terdapat square marker.

Baca juga : Kepoin Seiko Presage Cocktail Time SSA343J1, Dress Watch Terinspirasi Sky Diving Cocktail 

Logo Seiko ditempatkan di bawah pukul 12, tulisan “Presage dan Automatic” di atas pukul 6, dan date window ditampilkan pada pukul 4.30. Agar mudah terbaca pada kondisi minim cahaya, jarum jam dan menit pada Seiko Presage SRPK61 diisi dengan LumiBrite.

Sebagai informasi saja, Presage Style60’s Crown Chronograph adalah jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 5.000 pieces dan akan dirilis resmi secara global pada akhir Januari 2024. Jam tangan tersebut juga memiliki 2 kode SKU berbeda. Pertama untuk pasar Jepang (JDM) dengan SKU SARY235 dan dijual sebanyak 800 pieces. Sedangkan SKU kedua adalah SRPK61 untuk pasar global dengan jumlah 4.200 pieces. Tentu saja, kedua SKU tersebut memiliki tampilan dan spesifikasi yang sama. 

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com. Dapatkan juga jam tangan Seiko Presage lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
g-shock rangeman

G-Shock Rangeman GPR-H1000 dengan Heart Rate Sensor dan GPS Dirilis!

Next Article
Citizen Promaster Skyhawk NB6045-51H

Citizen Rilis Promaster Skyhawk NB6045-51H dengan True GMT Movement

Related Posts
Total
0
Share