Anniversary ke-100 Trademark Seiko, Rilis Presage Kintaro Hattori SPB441

seiko Presage Kintaro Hattori SPB441
Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441
Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441

Tepat tahun 2024 mendatang, ditandai sebagai anniversary ke-100 jam tangan pertama dengan trademark “Seiko” pada dial yang memulai debutnya pada 1924 silam. Untuk merayakan tonggak sejarah itu, Seiko meluncurkan Presage Kintaro Hattori SPB441 yang terinspirasi dari desain pendahulunya. Kali ini, Seiko masih menghadirkan unsur vintage pada jam tangan edisi spesialnya namun tetap hadir dalam nuansa yang lebih modern.

Penasaran dengan detail desain dan spesifikasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Terinspirasi dari Jam Pertama Seiko di Tahun 1924

Jam tangan pertama Seiko pada tahun 1924
Jam tangan pertama Seiko pada tahun 1924

Pada September 1923, Jepang dilanda gempa bumi besar berkekuatan besar hingga 7,9 skala richter. Hampir seluruh bangunan di wilayah tersebut hancur, termasuk pabrik Seikosha milik Kintaro Hattori. Namun ia tidak mudah menyerah, setahun kemudian Kintaro Hattori mengganti nama perusahaannya Seikosha menjadi Seiko, dan memproduksi jam tangan dengan nama Seiko untuk pertama kalinya. 

Nah, tahun 2024 mendatang, ditandai sebagai peringatan ke-100 tahun peristiwa penting ini. Seiko memulai perayaannya dengan merilis Presage Kintaro Hattori SPB441 dalam edisi terbatas. Sesuai namanya, Seiko kembali menghadirkan desain jam tangan pertama dengan nama Seiko yang dirancang oleh Kintaro Hattori satu abad lalu. Kali ini, desainnya dirancang agar lebih modern dan memiliki konstruksi yang lebih tangguh. 

Telisik Desain Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441 Lebih Dekat

Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441 Lebih Dekat
Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441 Lebih Dekat

Secara desain, Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441 tampak mirip seperti pendahulunya. Mulai dari bagian dial yang memiliki warna putih enamel yang dirancang oleh master craftsman Mitsuru Yokosawa, lengkap dengan angka Breguet, hands berwarna biru, serta 24 hours subdial posisi pukul 6 yang persis seperti model pendahulunya. Adapun tulisan Seiko di bawah posisi pukul 12, yang menggunakan font sama seperti model pada tahun 1924. 

Meskipun begitu, terdapat pula beberapa unsur perbedaan, seperti ukuran case yang lebih besar. Pendahulunya memiliki case berukuran 24 mm, lalu pada re-creation ini dibuat menjadi 35 mm yang merupakan ukuran kebanyakan dress watch saat ini. 

Selain itu, bagian wire lugs diganti dengan konstruksi yang lebih kokoh. Sementara strap hitamnya terbuat dari kulit yang telah tersertifikasi Leather Working Group (LWG). Artinya, setiap leather strap diproduksi secara bertanggung jawab dan sustainable tanpa mencemari lingkungan. 

Spesifikasi dan Movement Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441

Spesifikasi Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441
Spesifikasi Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441

Jam tangan ini memiliki case berdiameter 35 mm dengan ketebalan 12,3 mm, yang tahan air hingga 50 meter sehingga tahan saat terkena hujan ringan dan percikan air. Lalu case-nya dilindungi oleh crystal safir bergaya box shape dengan lapisan anti-reflektif di bawahnya. Adapun crown pada posisi pukul 3 dengan ukiran “S”, yang merupakan merek dagang yang didaftarkan Kintaro pada 1990 silam sebagai logo Seikosha.

Bagian caseback Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441
Bagian caseback Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441

Untuk movement-nya, jam tangan ini digerakkan oleh movement terbaru yaitu Caliber 6R5H yang memiliki 24 jewels, dapat berdetak sebanyak 21.600vph, serta memiliki cadangan daya hingga 72 jam. Movement ini juga memiliki akurasi waktu sekitar +25 dan -15 detik per hari. Lalu movement tersebut dilindungi oleh screw down stainless steel caseback. 

Pada bagian caseback-nya, terdapat ukiran “S” serta motto Kintaro Hattori yang bertuliskan “One step ahead of the rest” yang tercetak di bagian atasnya. Untuk menunjukan ekslusifitasnya, adapun ukiran 0001/1000 yang menunjukkan bahwa jam tangan ini hanya diproduksi sebanyak 1.000 unit di dunia. 

Box spesial Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441
Box spesial Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441

Jam tangan ini dikemas dalam box ekslusif yang dilengkapi dengan pin badge berwarna emas dengan logo “S”. 

Kabarnya, Seiko Presage Kintaro Hattori SPB441 akan mulai dirilis pada Januari 2024 mendatang. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya! Kamu juga dapat cek koleksi Seiko lainnya di sini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko, Casio & Citizen

Rekomendasi Seiko, Casio, & Citizen Harga Mulai 5-10 Juta

Next Article
GARMIN PERKENALKAN DESCENT MK3 & G1 SOLAR OCEAN EDITION

Garmin Perkenalkan Descent MK3 & G1 Solar Ocean Edition

Related Posts
Total
0
Share