Zenith Defy Extreme, Chronograph Tercepat dengan Case Ala Cermin

ZENITH DEFY EXTREME: "BERCERMIN" DENGAN CHRONOGRAPH TERCEPAT

Dalam beberapa tahun terakhir ini, dial kamuflase sedang populer di dunia horologi. Watchmaker brand asal Swiss, Zenith, pun tidak mau ketinggalan. Dan akhir tahun 2023 ini, Zenith merilis jam tangan kamuflase dengan konsep ekstrim yang beda dengan lainnya yaitu Defy Extreme Mirror. Zenith memutuskan untuk melakukan berbagai perubahan secara radikal pada Defy Extreme dengan memoles permukaan sehingga memiliki efek cermin yang reflektif. 

Zenith Defy Extreme Mirror

Bisa dikatakan jika Zenith Defy Extreme Mirror merupakan versi paling berani dari Model Defy Extreme El Primero 21 1/100th chronograph yang memiliki performa tinggi dan bersinergi dengan komponen lain. Ingin tahu detail lainnya? Yuk, simak bocoran lebih lengkap bersama Minwatch dalam artikel di bawah ini!

Sekilas Tentang Koleksi Zenith Defy Extreme

Zenith Defy Extreme (2021)

Koleksi Zenith Defy Extreme yang dirilis pada tahun 2021 merupakan pendahulu dari Defy Extreme Mirror terbaru. Saat itu, Zenith Defy Extreme diluncurkan dengan material baru yang ketahanannya telah diuji coba dan jam tangan tersebut dibekali  hi-beat automatic chronograph movement, dimana mekanisme fungsi waktu berdetak dengan frekuensi 5Hz (36.000 bph) dan mekanisme fungsi chronograph 1/100 bergerak dalam frekuensi 50 Hz atau sekitar 360.000 bph. Artinya gerakan jarum detik sentral chronograph-nya berdetak sebanyak 100 beat dalam 1 detik. Ini membuatnya menjadi jam tangan mechanical chronograph dengan pergerakan jarum detik chronograph paling cepat yang ada di dunia.

Sedangkan Zenith Defy Extreme Mirror yang baru diluncurkan ini tetap memakai movement yang sama dengan pendahulunya namun kali ini dikombinasikan case, dial dan bracelet yang diberi mirror polished finish secara ekstrim sehingga bisa memiliki efek kamuflase layaknya cermin. Efek kamuflase dalam pembuatan jam tangan ini tampak mengesankan karena dapat memantulkan semua cahaya dan warna yang datang sehingga jam tangan seolah tampak seperti bunglon yang berkamuflase.

Case Besar pada Zenith Defy Extreme Mirror

Case Zenith Defy Extreme Mirror
Case Zenith Defy Extreme Mirror

Beberapa waktu terakhir ini, banyak watchmaker brand yang merilis jam tangan dengan ukuran case lebih kecil atau di bawah 40 mm. Berbeda dengan Zenith yang merilis Defy Extreme Mirror dengan ukuran case relatif besar. Jam tangan terbaru ini dibuat dari stainless steel case berdiameter 45 mm dan dengan bezel dodekagonal (segi dua belas). 

Zenith Defy Extreme Mirror mampu mencerminkan lingkungan sekitar
Zenith Defy Extreme Mirror mampu mencerminkan lingkungan sekitar

Defy Extreme Mirror menggunakan integrated steel bracelet dengan mirror polished finish secara menyeluruh. Finishing seperti ini mampu menciptakan permukaan steel menyerupai chrome finish sehingga mampu mencerminkan lingkungan sekitar tanpa distorsi. Dan jika dilihat sekilas pun, tampilan Defy Extreme Mirror terlihat seperti cermin. Untuk ketahanan air, Zenith Defy Extreme Mirror memiliki water resistant 200 meter sehingga dapat digunakan untuk berenang, bahkan snorkeling

Dial Semi Skeleton pada Zenith Defy Extreme Mirror 

Dial Zenith Defy Extreme Mirror 
Dial Zenith Defy Extreme Mirror 

Zenith Defy Extreme Mirror menggunakan dial semi skeleton dengan multi-layer. Dial-nya memakai kristal safir dengan metallic mirrored finish yang tembus cahaya sekaligus reflektif. Agar mudah dibaca, skala chronograph 1/100 detik pada chapter ring dibuat menggunakan warna silver dan diberi marker hitam seperti pada ketiga subdial-nya. 

Pelat rhodium digunakan pada marker dan seluruh hands. Subdial pada pukul 3 adalah indikator chronograph 30 menit, subdial pada pukul 6 adalah indikator chronograph 60 menit, dan subdial pada pukul 9 adalah detik utama. Indeks marker dan seluruh hands dilapisi Super-LumiNova agar jam tangan memiliki visibilitas baik pada kondisi gelap. 

Di bawah pukul 12 terdapat logo bintang Zenith yang ikonis dan terdapat indikator power reserve. Jarum sentral chronograph diberi desain bintang pada pangkalnya yang juga berfungsi sebagai penyeimbang. 

Movement dan Strap Zenith Defy Extreme Mirror

Movement pada Zenith Defy Extreme Mirror
Movement pada Zenith Defy Extreme Mirror

Zenith Defy Extreme Mirror dibekali automatic movement caliber El Primero 9004. Jarum detik waktu utama pada movement ini berdetak sebanyak 36.000 bph (5 Hz) dan jarum sentral chronograph berdetak sebanyak 360.000 bph (50 Hz). Movement ini memiliki rotor besar berbentuk bintang dengan warna metalik keperakan yang terlihat serasi dengan case dan dial

Tiga versi bracelet dan strap Zenith Defy Extreme Mirror
Tiga versi bracelet dan strap Zenith Defy Extreme Mirror

Meskipun efek cermin pada metal bracelet tampak spektakuler, tetapi Defy Extreme Mirror juga dibekali dua strap tambahan. Ini cukup masuk akal, mengingat bracelet yang diberi mirror-polished finish mudah tergores dan tampak mencolok. Opsi strap pertama terbuat dari black rubber dan kedua menggunakan Velcro strap. Baik bracelet maupun strap tambahan dibekali sistem quick-change untuk mempermudah pergantian strap.

Siap-siap merogoh kocek yang dalam jika berencana bawa pulang jam tangan ini, karena dibanderol harga EUR28.000 atau sekitar Rp475 jutaan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena masih ada banyak model jam tangan keren dari brand lainnya yang bisa kamu koleksi dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
michael kors wanita

Anggun dan Feminin dengan 7 Jam Tangan Michael Kors Wanita

Next Article
Dirilis Terbatas di Eropa: Seiko Prospex Speedtimer SSC937 “SeiTona”

Dirilis Terbatas di Eropa: Seiko Prospex Speedtimer SSC937 “SeiTona”

Related Posts
Total
0
Share