Dirilis Terbatas di Eropa: Seiko Prospex Speedtimer SSC937 “SeiTona”

Dirilis Terbatas di Eropa: Seiko Prospex Speedtimer SSC937 “SeiTona”
Seiko Prospex Speedtimer SSC937
Seiko Prospex Speedtimer SSC937

Di penghujung 2023, Seiko kembali memperluas lini Prospex Speedtimer dengan merilis model SSC937. Kali ini, Seiko hanya meluncurkan jam tangan ini secara terbatas untuk pasar Eropa. Tampilannya dirancang lebih fresh dengan warna biru muda yang stylish dan sedikit mengingatkan kepada Rolex Daytona blue “John Mayer”, namun jika dilihat secara seksama, warna dial terbaru ini lebih mendekati Tiffany blue. Penasaran dengan detail desain dan spesifikasinya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Seiko Prospex Speedtimer Memulai Debutnya pada Tahun 1960-an

Prospex Speedtimer merupakan salah satu seri sports watch dari Seiko yang memulai debutnya pada akhir 1960-an. Saat itu Seiko berhasil membuat jam tangan automatic chronograph pertama di dunia lewat Seiko 5 Speedtimer 6139 yang diluncurkan pada 1969.

Seiring waktu,  Seiko memperluas koleksinya dengan menggunakan automatic chronograph hingga solar chronograph. Kini, Seiko merilis versi terbaru Prospex Speedtimer SSC937 solar chronograph, namun tetap menghadirkan desain vintage yang menjadi ciri khasnya. 

Telisik Desain Terbaru Seiko Prospex Speedtimer SSC937 Lebih Dalam

Dial Seiko Prospex Speedtimer SSC937
Dial Seiko Prospex Speedtimer SSC937

Seiko Prospex Speedtimer terbaru ini dilengkapi stainless steel bezel dengan skala tachymeter. Sports watch ini memiliki case berdiameter 39 mm dan ketebalan 13,3 mm. Ukuran casing ini cocok digunakan oleh kebanyakan pergelangan tangan. Mau dipakai berenang juga aman karena dibekali water resistance 100 meter. Sementara bagian permukaannya dilindungi oleh curved sapphire crystal untuk menekankan kesan retro.

Model ini memiliki blue panda dial, dengan dial biru muda yang kontras dengan 3 subdial hitam seperti warna mata panda. Ketiga subdial tersebut memiliki fungsi berbeda, seperti detik waktu utama pada pukul 9, countdown timer 60 menit dengan power reserve indicator pada pukul 6, dan indikator 24 jam pada pukul 3.

Kemudian hands-nya didesain dengan sword-style. Terdapat marker berwarna krem pada posisi pukul 12, 3, 9, dan 9 yang dilapisi lume untuk menambah visibilitas. Adapun date window yang terletak  di antara pukul 3 dan 4, serta crown pada posisi pukul 3 yang diapit dua pusher untuk mengoperasikan chronograph

Bagian samping Seiko Prospex Speedtimer SSC937 memakai polished finish
Bagian samping Seiko Prospex Speedtimer SSC937 memakai polished finish

Lalu case-nya dipadukan dengan stainless steel oyster bracelet yang dilengkapi three-fold clasp dengan push button release. Permukaan bracelet diberi brushed finish yang serasi dengan finishing pada lug-nya, sehingga secara tampilan, SSC937 terlihat elegan namun tetap klasik. 

Dilengkapi dengan Solar Quartz Chronograph

Caseback Seiko Prospex Speedtimer SSC937
Caseback Seiko Prospex Speedtimer SSC937

Seiko Prospex Speedtimer SSC937 dibekali oleh solar-powered quartz movement caliber V192. Dalam kondisi daya penuh, movement ini dapat beroperasi hingga 6 bulan walau tanpa terkena cahaya sama sekali. Jika daya hampir habis, jarum detik waktu utama akan bergerak melompat dalam interval dua detik. Cadangan dayanya juga dapat dilihat pada indikator power reserve yang terintegrasi dengan subdial countdown 60 menit pada posisi pukul 6. Selain itu, movement ini memiliki akurasi ±15 detik per bulan.

Seiko Prospex Speedtimer SSC937 diproduksi secara limited edition khusus pasar Eropa sebanyak 3.000 unit. Hal tersebut ditunjukkan pada bagian caseback-nya yang terdapat ukiran serial number limited edition.

Exclusive box Seiko Prospex Speedtimer SSC937
Exclusive box Seiko Prospex Speedtimer SSC937

Setiap paket pembelian Seiko Prospex Speedtimer SSC937 datang dalam exclusive box.  Di dalamnya sudah dibekali extra rally leather strap berwarna coklat yang menawan. Berhubung, jam tangan ini hanya dijual di Eropa. Tapi kamu tak perlu sedih, karena kamu bisa dapatkan berbagai model Seiko Prospex Speedtimer lainnya di Jamtangan.com!  

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
ZENITH DEFY EXTREME: "BERCERMIN" DENGAN CHRONOGRAPH TERCEPAT

Zenith Defy Extreme, Chronograph Tercepat dengan Case Ala Cermin

Next Article
avi-8

5 Rekomendasi AVI-8 Chronograph Siap Bergaya Bak Pilot

Related Posts
Total
0
Share