Seiko 5 Sports Field GMT Pertama Dirilis

New Seiko 5 Sports Field GMT ref. SSK023 & SSK025

Di penghujung tahun 2023 ini, Seiko mengumumkan merilis seri 5 Sports Field GMT terbaru yaitu SSK023 dan SSK025 untuk pasar global serta SBSC009 hanya untuk pasar Jepang (JDM). Sebagai informasi saja, tahun 2022 lalu Seiko merilis Seiko 5 Sports SKX Style GMT, lalu pada tahun 2023 ini Seiko telah meluncurkan trio Seiko Prospex Diver dengan fitur GMT. Setelah itu dilanjutkan dengan Presage Style 60’s GMT Collection dan Alpinist GMT

Seiko 5 Sports Field GMT SSK023 (kiri), SBSC009 (tengah) dan SSK025 (kanan)
Seiko 5 Sports Field GMT SSK023 (kiri), SBSC009 (tengah) dan SSK025 (kanan)

Rilisan ini tentu saja akan memanjakan watch enthusiast yang ingin mengoleksi jam tangan Seiko field military dengan fitur GMT namun dengan harga lebih terjangkau. Sekedar diketahui, Seiko 5 Sports merupakan seri entry level dari Seiko yang dijual dengan harga terjangkau dibanding seri lainnya. Artikel kali ini hanya akan membahas tentang SSK023 dan SSK025 yang dirilis untuk pasar global. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel di bawah ini!

Desain Seiko 5 Sports Field GMT Menggunakan Model Dasar Pendahulunya

Seiko 5 Sports Field SRPG27
Seiko 5 Sports Field SRPG27

Seiko 5 Sports Field GMT terbaru ini mempertahankan desain field military yang hampir serupa dengan Seiko 5 Sports Field sebelumnya, salah satunya SRPG27. Desain ini merupakan interpretasi dari jam tangan field military era setelah perang dunia kedua yang populer seperti jam tangan Hamilton MIL-W-46374 yang digunakan militer Amerika Serikat pada era 60-an.
Komplikasi GMT yang ditambahkan pada Seiko field watch terbaru ini membuatnya cocok dipakai berpetualang ke daerah yang berbeda zona waktu. Dibanding model sebelumnya, perbedaannya tidak hanya terletak pada fitur GMT, namun ada beberapa perbedaan lain yang akan dibahas pada ulasan di bawah ini.

Bezel dengan Skala 24-Jam pada Seiko 5 Sports Field GMT

Case dan skala 24 jam pada bezel Seiko 5 Sports Field GMT SSK023
Case dan skala 24 jam pada bezel Seiko 5 Sports Field GMT SSK023

Walaupun Seiko 5 Sports Field GMT kemungkinan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, tapi jam tangan ini tetap dibuat dengan struktur kokoh dan nyaman dipakai di pergelangan tangan. Seiko 5 Sports Field GMT menggunakan stainless steel case berdiameter 39,4 mm, ketebalannya 13,6 mm, dan lug-to-lug 48 mm. Khusus model SSK025, case dan bezel-nya dilapisi black hard-coating. Untuk melindungi dial, jam tangan ini menggunakan kristal Hardlex cembung. Seiko 5 Sports Field GMT dilengkapi push-pull crown dan screw down caseback transparan. 

Seiko 5 Sports Field GMT SSK023 saat dipakai di pergelangan tangan
Seiko 5 Sports Field GMT SSK023 saat dipakai di pergelangan tangan

Jika diperhatikan dengan seksama, perbedaan mencolok Seiko 5 Sports Field GMT dan versi sebelumnya, ada pada bezel. Versi terbaru ini memakai fixed bezel dengan skala 24 jam dan diberi radial brushed finish yang mengingatkan pada bezel Rolex Explorer II. Seiko 5 Sport Field GMT memiliki ketahanan air hingga 100 meter sehingga aman terkena hujan dan dapat dipakai untuk berenang.

Dial dan Hands Seiko 5 Sports Field GMT

Dial bertekstur pada Seiko 5 Sport Field GMT SSK025
Dial bertekstur pada Seiko 5 Sport Field GMT SSK025

Seiko 5 Sport Field GMT menggunakan dial hitam bertekstur dengan permukaan matte yang tidak memantulkan cahaya. Indeks jam menggunakan angka Arab 1 – 12 yang timbul berukuran besar, sedangkan bagian dalamnya menggunakan angka Arab 13 – 24 dengan ukuran lebih kecil. Pada inner chapter ring terdapat trek menit dengan square marker yang dilapisi dot LumiBrite setiap 5 menit, sedangkan date window ditempatkan pada pukul 3. Hands berukuran besar diisi LumiBrite agar jam tangan dapat dibaca dengan jelas pada kondisi minim cahaya.

Jarum jam GMT dengan aksen warna merah pada Seiko 5 Sports Field GMT SSK023
Jarum jam GMT dengan aksen warna merah pada Seiko 5 Sports Field GMT SSK023

Jarum jam GMT pada model terbaru ini diberi aksen warna merah. Tampilannya yang mencolok sangat membantu pengguna untuk bisa membaca zona waktu kedua pada bezel dengan cepat. Di atas pukul 6 terdapat tulisan “GMT” berwarna merah dan tulisan “Automatic” yang ditulis latin. Font ini mengingatkan kita pada Seiko Diver JDM era 2000-an karena menggunakan gaya font serupa. Sedangkan di bawah pukul 12 terdapat logo “Seiko” dan logo “5” Seiko 5 Sports.

Dua Jam Tangan Seiko 5 Sports Field GMT Versi Global

Seiko 5 Sports Field GMT untuk pasar global terdiri dari dua model, yaitu SSK023 dan SSK025. Berikut tampilan dari kedua jam tangan tersebut.

1. Seiko 5 Sports Field GMT SSK023

Seiko 5 Sports Field GMT SSK023
Seiko 5 Sports Field GMT SSK023

Seiko 5 Sports Field GMT SSK023 yang dibuat dengan stainless steel memancarkan kesan vintage. Jam tangan ini dibekali 5-link stainless steel bracelet bergaya engineer dengan brushed finish dan dilengkapi folding clasp.

2. Seiko 5 Sports Field GMT SSK025

Seiko 5 Sports Field GMT SSK025
Seiko 5 Sports Field GMT SSK025

SSK025 dilengkapi black NATO-style leather strap dengan black hard coating stainless steel case dan bezel. Tampilan varian ini terlihat lebih military karena warna all black dan hour marker kehijauan. Penggunaan NATO leather strap membuat bobotnya lebih ringan yaitu 79 gram. Sebagai informasi saja, untuk versi bracelet bobotnya 147 gram.

Movement dan Komplikasi GMT pada Seiko 5 Sports Field GMT

Caseback Seiko 5 Sports Field GMT menampilkan movement yang digunakan
Caseback Seiko 5 Sports Field GMT menampilkan movement yang digunakan

Seiko 5 Sports Field GMT dibekali in-house automatic movement caliber 4R34. Movement yang rilis pada 2022 lalu ini berdetak sebanyak 21.600 vph dan memiliki power reserve 41 jam. Mekanisme GMT pada movement ini merupakan “office/caller” GMT. Mekanisme “office/caller” GMT memungkinkan pengguna dapat mengatur jarum GMT secara independen menggunakan crown ketika diputar, jarum GMT akan bergerak per 1 jam. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengatur zona waktu kedua dengan cepat.

Buat kamu yang sedang mencari field military watch dengan fitur GMT, Seiko 5 Sports Field GMT bisa dipertimbangkan. Tunggu saja kehadirannya di Jamtangan.com. Kamu juga bisa mendapatkan jam tangan Seiko 5 Sports lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
expedition automatic

5 Jam Tangan Expedition Automatic, Gas Bertualang!

Next Article
g-shock smartphone link

7 G-Shock dengan Smartphone Link Dijamin Canggih dan Efisien

Related Posts
Total
0
Share