Timex Hadirkan Jam Mekanikal Berdesain Retro Lewat M79 Automatic

Timex Hadirkan Jam Mekanikal Berdesain Retro Lewat M79 Automatic

Setelah sukses meluncurkan seri Q Timex modern pada Mei 2019 lalu, brand jam tangan asal Amerika Serikat, Timex, rupanya ingin segera mengenalkan inovasi terbarunya. Inovasi itu hadir dalam Timex M79 Automatic dengan referensi TW2U29500. Meski desainnya tampak familiar dan retro, isi jam tangan ini benar-benar baru.

Ya, Timex M79 Automatic memang tampak vintage karena desainnya yang terinspirasi dari desain Q Timex dari 1970-an. Bentuk case-nya khas jam tangan sport retro dan dial-nya mengingatkan kita pada jam quartz era lawas. Bedanya, Timex M79 Automatic merupakan jam mekanikal dengan automatic movement.

Timex M79 Automatic
Timex M79 Automatic. Dok: Hodinkee

Kenapa diberi nama M79? Ternyata M merupakan singkatan dari Mechanical. Sedangkan angka 79 pada titelnya menunjukkan tahun pertama kali Q Timex dirilis, yakni pada 1979. Agak aneh sebenarnya, merayakan momentum koleksi jam quartz dengan jam mekanikal. 

Lalu, apa yang spesial dari M79 Automatic?

Bicara soal penampilan, jam ini masih menggunakan strap dan case berbahan stainless steel, seperti Q Timex pendahulunya. Case-nya sedikit lebih besar dari Q Timex, yakni 40 mm. Untuk melindungi dial, digunakan kaca akrilik, yang makin menambah kesan vintage pada M79 Automatic. 

Desain dial jam tangan ini juga tak kalah menarik. Pada ujung jarum jam terdapat huruf T khas Timex. Pada bezel, digunakan paduan warna biru dan hitam, masing-masing 180 derajat. Desain jarum jam dan warna bezel ini mengingatkan kita pada Rolex GMT Master II Batman. Bedanya, Timex M79 Automatic memiliki jarum detik merah yang untuk sebagian orang, pilihan warna ini mengganggu visual.

Timex M79 Automatic
Timex M79 Automatic. Dok: Ablogtowatch

Banyak memang yang mengatakan Q Timex dan Timex M79 Automatic mirip dengan Rolex GMT Master II Batman. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa Q Timex melejit di pasaran dan selalu out of stock. Tentunya karena harganya jauh lebih murah daripada Rolex.

Isi Timex M79 Automatic adalah Japanese Miyota 8205 day/date automatic movement dengan 21 jewel. Movement itu beroperasi pada 3 Hz dengan power reserve 40 jam. Movement jam mekanikal ini bisa dilihat melalui bagian belakang jam.

Timex M79 Automatic
Caseback Timex M79 Automatic. Dok: Ablogtowatch

Meski tampak seperti jam tangan sport, nyatanya ketahanan air Timex M79 Automatic hanya sampai kedalaman 50 meter. Oleh karena itu, jam tangan ini lebih cocok untuk pemakaian sehari-hari daripada untuk diving atau olahraga lain. 

Yang paling menarik dari Timex M79 Automatic adalah harganya. Jam ini tergolong murah untuk sebuah jam mekanikal dengan desain yang begitu cantik. Harga resmi Timex M79 Automatic referensi TW2U29500 adalah USD 279.

Tertarik untuk mengoleksi Timex M79 Automatic? Tunggu kehadirannya dengan harga terbaik di Jamtangan.com

Categories: Editor's Choices